Sunday, August 25, 2019
Home Tips 16 Teknik SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website 2017

16 Teknik SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website 2017

-

tips-SEO-terbaik-2017-UPDATEJakarta, Selular.ID – SEO (Search Engine Optimization) ialah proses melakukan sesuatu terhadap suatu website atau situs agar dapat ditampilkan di halaman pertama dari daftar pencarian hasil mesin pencari.

Kebutuhan SEO pada era ini rupanya menjadi suatu hal yang wajib bagi para pengelola situs.Banyak para blogger maupun pengelola situs yang menginginkan situsnya berada pada urutan pertama berdasarkan hasil pencarian search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Ada beberapa pengelola yang tidak mau ambil pusing untuk menyelesaikan masalah ini, kebanyakan dari mereka menyewa jasa para pakar SEO yang memang ahli di dalam bidangnya.

Namun, bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam lagi mengenai cara meningkatkan traffic website atau blog, Anda dapat mencoba beberapa tips dan trik yang Selular berikan.

1. Daftarkan Situs Anda Pada Web Master Tools

Setiap search engine menyediakan fasilitas tools gratis yang dapat Anda gunakan untuk meng-optimisasi kebutuhan SEO pada website. Kenapa sebuah website atau blog harus di daftarkan pada Web Master Tools ? jawabannya adalah agar search engine dapat meng-index secara mudah keseluruhan isi website.

Lantas, apa saja web master tool yang dapat Andagunakan ? Anda bisa mendaftarkan di Google Web Master Tools atauBing Web Master Tools.

Sebelum mendaftar, Anda diharuskan untuk mempunyai akun Google maupun Bing terlebih dahulu. Setelah Anda mempunyai akun, Anda hanya tinggal mendaftar kemudian ikuti langkah demi langkah yang tertera pada layar monitor Anda.

2. Maksimalkan Penggunaan Internal Link

Internal link berfungsi sebagai navigasi para pembaca didalam sebuah artikel, internal link ini sejatinya akan membawa para pembaca ke halaman lain di website yang sama. Berbeda dengan backlink atau external link, yang akan membawa pembaca keluar dari website.

Tujuan dari pembuatan internal link ini ialah untuk mempermudah navigasi pengunjung, membentuk struktur website dan untuk mendistribusikan otoritas ke halaman lain.

3. Tempelkan Outbound Link

Outbound link ini kurang lebih berfungsi agar Google atau search engine lainnya memandang baik predikat situs Anda.

Dampak outbound link ini sangat bagus sekali bagi situs yang sedang berkembang. Jadi, usahakan di setiap artikel Anda bubuhi backlink dari website yang terpercaya dan memiliki predikat yang baik.

Perlu diingat, Google tidak menyukai jika konten yang Anda buat mengganggu para pembaca untuk keluar dari topik dan membawa Anda ke situs lain.
Jadi, usahakan agar tidak terlalu banyak membubuhi outbound link didalam konten, maksimal 3-5 link saja.

4. Lupakan Blog Walking atau Sejenisnya

Teknik blog walking ialah memberi komentar ke situs yang relevan terhadap situs Anda dengan menempelkan backlink ke situs Anda.

Mungkin bagi Anda yang sudah ngeblog di jaman 90an, teknik ini rupanya sangat baik dalam optimisasi SEo. Namun, sekarang teknik ini sudah mulai ditinggalkan oleh para pengelola situs atau blogger.

Cara terbaik pada era sekarang ialah meminta kepada pemilik situs yang mempunyai reputasi baik untuk menanamkan backlink kesitus Anda di dalam konten mereka.

5. Membuat Artikel Pilar

Apa itu artikel pilar ? mengapa artikel pilar ? Perlu diketahui, artikel pilar ialah artikel yang memiliki panjang lebih dari 2000 karakter. Para blogger biasanya mempunyai satu atau beberapa artikel pilar untuk menarik pemirsa ke situsnya.

Mengapa kita harus membuat artikel pilar ? Dikutip dari laman wakish.info, menulis artikel pilar yang sangat menarik tentunya akan membuat para pembaca senang, dan mereka yang senang (para pembaca) mungkin akan memberikan backlink untuk blog Anda.

Luangkan waktu dan lakukan riset untuk menulis artikel pilar, agar hasil yang didapat menarik dan mudah dipahami pembaca.

6. Pahami Keyword Density

Keyword Density berguna untuk melihat seberapa banyak focus keyword yang bersangkutan dengan artikel yang sedang Anda sedang tulis.

Jika Anda menggunakan CMS (Content Management System) WordPress, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO.

Plugin ini sangat membantu Anda untuk menentukan persentase dari Keyword Desnity. Kami biasanya menggunakan patokan Keyword Desnity ini tidak lebih dari 3%. Semakin kecil presentase yang di dapat maka semakin bagus pula keyword desnity yang digunakan. Namun sebaliknya, jika presentase yang di dapat lebih besar dari 3,5% maka akan berdampak buruk bagi artikel yang Anda muat.

7. Kecepatan Loading Website

Hal ini merupakan faktor utama yang dinilai oleh search engine seperti Google dan Bing. Mereka lebih memprioritaskan website atau blog yang mempunyai kecepatan loading page yang cepat.

Lantas, bagaimana cara mempercepat loading page website atau blog ? Cara sederhana yang Anda dapat lakukan ialah dengan mengoptimalkan ukuran gambar yang ingin di upload.

File gambar minimal yang Anda harus perhatikan ialah dibawah 45 kb, jangan pernah meng-upload foto dengan ukuran lebih dari 45 kb. Hal itu dapat membuat kinerja server terbebani, yang nantinya akan berdampak buruk bagi kecepatan load page situs Anda.

Jika Anda penasaran dengan kecepatan situs atau blog yang Anda punya, silahkan melakukan test speed di Gtmetrix. Nantinya, Gtmetrix akan memberikan hasil analisis mengenai seluruh kendala yang memperlambat website Anda.

8. Buat Jadwal Yang Konsisten

Tujuan Anda membuat blog tak lain adalah untuk sekedar sharing atau mencari penghasilan bukan? Mungkin, bagi Anda yang menggunakan sebagai mata pencarian, sangat dianjurkan untuk selalu posting artikel setiap hari.

Apalagi bagi Anda yang masih mempunyai visitor kurang dari 1000/hari. Jangan biarkan situs Anda sepi, update secara rutin minimal 2-3 artikel dalam sehari.

Hal ini akan memberikan efek positif bagi pembaca. Jadi, jika mereka ingin mencari informasi tentang tema yang ada pada blog Anda, mereka pasti akan mengunjungi situs Anda kembali.
Jadwalkan secara konsisten waktu untuk menulis, buat konten yang unik serta bermanfaat bagi para pembaca.

9. Tanya Kepada Para Pembaca

Buatlah kolom komentar atau kontak yang dapat dihubungi oleh para pembaca. Hal ini berguna untuk mendekatkan Anda kepada para pembaca.

Pembaca dapat request artikel atau memberi ide yang mungkin bisa menginspirasi Anda dalam menulis. Ibaratkan saja pembaca sebagai Raja. Jadi kita harus melayani pembaca guna mempertahankan pemirsa situs.

Trik ini memang tidak ada sangkut pautnya terhadap teknik SEO. Namun secara tidak langsung, teknik ini memungkinkan pembaca di situs Anda merekomendasikan artikel-artikel yang telah Anda muat ke pemirsa lain.

Jika pembaca mungkin sudah merekomendasikan atau share ulang artikel Anda, maka secara otomatis pengungjung blog Anda akan bertambah.

10. Gunakan Atribut Alt Tag Pada Gambar

Memberikan alt tag pada gambar sangat membantu Anda dalam meningkatkan pengunjung situs. Misal, Anda sedang membuat artikel tentang “cara meningkatkan traffic blog”. Maka, bubuhi juga digambar yang akan Anda jadikan sebagai gambar thumbnail di artikel Anda “cara meningkatkan traffic blog” sebagai atribut Alt Tag.

11. Buat Halaman Situs di Media Sosial

Media sosial sangat bagus untuk dijadikan promosi. Secara tidak langsung, Anda juga akan membuat backlink jika setiap post yang Anda tulis di share kembali di media sosial.

Buatlah fanspage di Facebook dan mulailah mengundang seluruh teman Anda untuk menyukai halaman Anda. Jika teman Anda menyukai halaman Anda, maka secara otmatis setiap post yang Anda update akan muncul di beranda ataupun dipanel pemberitahuan mereka.

Selain Facebook, Twitter juga bisa Anda gunakan sebagai media promosi walau hanya 160 karakter . Lalu Bagaimana jika artikel saya lebih dari 160 karakter? Jangan khawatir, disini Anda hanya perlu memperpendek URL yang menuju ke halaman blog Anda menggunakan alat shortener URL.

12. Buatlah Judul Yang Menarik

Jangan sesekali Anda sepelekan masalah pemilihan judul. Ya, memang terkadang agak sulit untuk menentukan jenis judul yang baik dan tentunya mengundang klik. Coba Anda bandingkan, kami akan memberi 2 contoh judul dengan tema yang sama sebagaiberikut ;
a. Teknik SEO 2017 Terbaru
b. 10 Rahasia Teknik SEO Terbaik 2017 !!

Dalam benak Anda mungkin Anda akan memilih pilihan B, benar ? Jika benar, berarti Anda sudah paham maksud kami. Selalu gunakan keyword dan kata yang unik di judul artikel.

Buatlah judul semenarik mungkin agar mengundang banyak klik. Namun, jangan sesekali Anda membuat judul yang bersifat clickbeat tapi konten yang Anda sajikan kurang bagus atau sama sekali buruk.
Hal ini akan memberikan respon yang negatif dari para pembaca, yang pada akhirnya akan memperburuk reputasi situs Anda.

13. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords

Maksud dari LSI ini hampir sama dengan related keywords atau sinonim. Jadi semisal Anda sedang membuat artikel tentang cara membuat artikel yang SEO-friendly maka sisipkan beberapa kata yang masih bersangkutan dengan tema diatas didalam konten. Contohnya search engine, backlink, google, dan lain sebagainya.

Contoh kedua, jika Anda membuat artikel dengan keyword “Review Smartphone Oppo” maka bubuhi kata-kata yang masih bersangkutan seperti handphone, harga smartphone, spesifikasi smartphone dan lain sebagainya.

Ingat, selalu utamakan kualitas artikel Anda. Jangan sampai Anda mendapat skor tinggi di pandangan mesin (bot) namun Artikel Anda sangat buruk jika dibaca oleh manusia.

14. Hindari Menggunakan Bold,Italic, Underline Secara Belebihan

Menggunakan tanda bold (garis tebal), italic (garis miring) dan underline (garis bawah) fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel Anda.

Jika didalam konten Anda terdapat banyak format tulisan seperti di atas, tentu akan merusak pengalaman pembaca. Jelas, mata pembaca akan sakit bila banyak melihat format tulisan diatas.

15. Persingkat URL dan Bubuhi Dengan Keyword Utama

Permalink yang bagus ialah memiliki kata kunci utama dan tidak terlalu panjang. Disini kami akan memberikan contoh macam-macam permalink.

A. Tema : Inilah Tips SEO Terbaik Untuk Meningkatkan Traffic Website 2017
Permalink ori : namadomain/inilah-tips-seo-terbaik-untuk-meningkatkan-traffic-website-2017
Permalink SEO : namadomain/tips-SEO-terbaik-2017
B. Tema: Spesifikasi dan Harga Smartphone Motorolla Terbaru
Permalink ori : namadomain/spesifikasi-dan-harga-smartphone-motorolla-terbaru
Permalink SEO : namadomain/harga-smartphone-motorolla-terbaru

Mungkin, masih banyak orang yang ramai menggunakan permalink yang panjang dan mengandung seluruh jenis kata kunci. Hal ini malah akan memperburuk optimisasi SEO pada situs Anda.
Mulai sekarang, cobalah untuk membuat permalink yang singkat namun mengandung satu kata kunci.

16. Perkaya Artikel Anda Dengan Media (Gambar, Video atau Infographics)

Menggunakan media berupa gambar, video ataupun infographic kedalam sebuah konten tentunya akan meningkatkan user experience ketika membaca.

Cobalah untuk menggunakan salah satu media diatas kedalam artikel Anda. Namun, media yang akan Anda sajikan tentunya harus sesuai dengan konten yang sedang Anda bahas.
Karena konten dengan gambar yang relevan lebih banyak dibaca dibanding konten dengan gambar yang tidak relevan.

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk meng-optimisasi SEO pada blog atau situs Anda.(rf)

Latest