Sunday, June 16, 2019
Home News Petinggi Huawei: RAM 4GB di Smartphone Sudah Cukup

Petinggi Huawei: RAM 4GB di Smartphone Sudah Cukup

-

Masih Unggulkan Kamera, Huawei P10 dan P10 Plus Pakai Lensa Leica DidepanJakarta, Selular.ID – Sejak tahun lalu, smartphone dengan RAM 6 GB sudah mulai terlihat. Vivo, misalnya, vendor asal Tiongkok ini telah mengeluarkan Xplay 5 Elite yang digadang sebagai smartphone pertama di dunia dengan RAM 6GB . Menyusul kemudian, tersebutlah nama lain seperti Samsung, OnePlus, Xiaomi, dan Huawei yang juga mengeluakan smartphone dengan memori RAM 6GB.

Lebih dari itu, seiring dinamika yang ada memori RAM di smartphone juga bakal meningkat, setelah 6GB bisa saja dalam waktu tak lama lagi persaingan smartphone flagship akan mengarah ke RAM 8GB.

Mengenai smartphone yang kini datang dengan memori RAM besar hingga 6GB, ada pernyataan menarik yang dikeluarkan oleh salah seorang petinggi Huawei lewat laman Weibo resmi dengan akun @HW_Lao Shi).

Menurutnya, RAM 4GB sudah cukup bagi sebuah smartphone untuk bisa berjalan secara lancar. Bukan tanpa bukti, menurut pengujian yang dilakukan disebutkan bahwa smartphone Huawei dengan RAM 4GB (yang ditandem dengan prosesor Kirin 960) bisa tampil lebih baik dari waktu ke waktu dibandingkan dengan RAM 6GB.

Kuncinya, menurut dia sebenarnya terletak dari optimalisasi sistem operasi. Sebagai contohnya adalah iOS, yang disebutnya tidak perlu RAM yang besar untuk bisa berjalan lancar.

Lebih lanjut Lao Shi pun mengatakan bahwa persaingan antar vendor untuk merilis smartphone dengan RAM terbesar diumpakan layaknya perlombaan senjata nuklir antara Amerika Serikat dan Uni Soviet di era Perang Dingin.

Meski dalam penilaiannya, smartphone dengan RAM 4GB sudah cukup mendukung performanya, pun begitu lao Shi tidak mengatakan bahwa smartphone dengan RAM 6GB adalah buruk. Bahkan, Huawei sendiri juga telah memiliki smartphone dengan RAM 6GB.

Latest