Thursday, October 22, 2020
Home News Kaspersky Buat Sistem Operasi Anti Serangan Hacker

Kaspersky Buat Sistem Operasi Anti Serangan Hacker

-

cyber securityJakarta, Selular.ID – Pembesut software keamanan, Kaspersky, telah merancang sebuah sistem operasi yang disebut sebagai KasperskyOS. Sistem operasi ini diklaim unik lantaran dirancang bagi embedded system yang memiliki persyaratan keamanan siber sangat ketat. Adapun dari sisi desain, KasperskyOS secara signifikan mengurangi kemungkinan fungsionalitas tidak resmi dengan demikian mengurangi resiko serangan siber.

Kaspersky OS merupakan buah kerja keras dari talenta-talenta terbaik Kaspersky Lab selama 15 tahun untuk membuat sistem operasi ini.

KasperskyOS memperkenalkan sebuah lingkungan secure-by-design bagi embedded system dan perangkat IoT yang terus berkembang dan semakin sering diserang. Dalam dunia modern yang saling terkoneksi dimana perangkat IoT canggih semakin banyak digunakan oleh konsumen, dimanfaatkan dalam infrastruktur penting, serta mengontrol banyak aspek kehidupan kita sehari-hari, menyebabkan permintaan terhadap pendekatan keamanan yang kuat semakin tinggi dari sebelumnya.

Andrey Doukhvalov, Head of Future Technologies and Chief Security Architect di Kaspersky Lab, mengungkapkan gagasan di balik pembuatan KasperskyOS muncul 15 tahun yang lalu ketika sebuah tim kecil dari para ahli perusahaan membahas sebuah pendekatan yang mampu membuat fungsonalitas tidak resmi tidak memungkinkan untuk terlaksana.

“Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa desain seperti ini sangat sulit untuk diterapkan di lingkungan dari sistem operasi yang konvensional dan standar. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan memilih untuk membangun OS sendiri yang mengikuti aturan pembangunan yang aman dan banyak dianut, tetapi juga memperkenalkan berbagai fitur unik, sehingga tidak hanya mengamankan, tetapi juga relatif mudah untuk diterapkan dalam aplikasi dimana perlindungan paling dibutuhkan,” lanjutnya.

Sementara Andrey Nikishin, Head of Future Technologies Business Development, berujar tidak ada istilah 100% aman, tetapi untuk pertama kalinya KasperskyOS memberikan jaminan kepada pelanggan akan tingkat keamanan 99%.

Secara teknis, lanjut Andrey, dalam lingkungan yang benar-benar kompleks, percobaan untuk memasukkan kode tertentu dalam sistem kami tidak akan mungkin berhasil.

“Keunggulan kami adalah, semenjak adanya operasi berbahaya yang tak tertangani oleh prosedur keamanan, dengan menjadi bagian integral dari aplikasi apapun, maka payload tidak akan pernah bisa untuk dijalankan. Oleh karena itu KasperskyOS bisa dikatakan kebal dari aksi serangan siber yang sering terjadi saat ini,” kata Andrey.

Berbasis microkernel yang baru dan dikembangkan sepenuhnya oleh perusahaan, sistem operasi ini menggunakan prinsip-prinsip pembangunan berbasis keamanan yang mapan seperti Separation Kernel, Reference Monitor, Multiple Independent Levels of Security dan arsitektur Flux Advanced Security Kernel.

KasperskyOS memang dirancang dengan memikirkan kepentingan dari industri tertentu maka dengan demikian tidak hanya mampu memecahkan permasalahan keamanan, tetapi juga membahas tantangan yang dihadapi oleh organisasi dan bisnis terkait untuk mengamankan pengembangan aplikasi pada embedded system.

KasperskyOS sekarang tersedia secara komersial untuk perusahaan OEM, ODM, sistem integrator dan pengembang perangkat lunak di seluruh dunia. Adapun untuk penerapan awal dari sistem operasi ini disesuaikan bagi industri telekomunikasi, otomotif serta infrastruktur penting.

Latest