Tuesday, August 20, 2019
Home Apps Aplikasi 'Marine Buddies' Ajak Penguna Lindungi Laut Indonesia

Aplikasi ‘Marine Buddies’ Ajak Penguna Lindungi Laut Indonesia

-

marine buddies

Jakarta, Selular.ID Indonesia memiliki kawasan konservasi bahari yang cukup diakui di Dunia.Tempat tersebut memegang peranan penting, terutama untuk kelangsungan sumber daya dan ekosistem yang lebih luas lagi. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi semua orang untuk ikut melindungi perairan Nusantara.

World Wildlife Fund (WWF) Indonesia sebagai bagian dari kampanye bertajuk #Temantamanlaut mengajak pengguna Android dan ios untuk bisa mengenal dan ikut mengawasi keberlangsungan kawasan konservasi bahari Indonesia lewat aplikasi Marine Buddies.

Benja Victor Plt CEO WWF Indonesia dalam keterangan resminya menjelaskan, aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya melibatkan publik dalam mengawasi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam.

“Menggunakan aplikasi Marine Buddies, kita bisa terlibat dan berkontribusi langsung dengan menilai kondisi suatu kawasan. Mengawasi pengelolaan kawasan konservasi bahari, serta melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab,” ujar Benja Victor

Benja Victor juga menuturkan, sebagai wisatawan publik dapat membantu mengawasi kondisi kawasan konservasi bahari dan melaporkan aktivitas yang tidak bertanggung jawab. Tentunya juga sambil melakukan aktivitas bahari yang ramah lingkungan.

Pengguna Marine Buddies dapat mengenal 165 kawasan konservasi bahari di Indonesia seperti Karimun Jawa di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Pulau Weh Aceh, Buleleng Bali, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Alor di Nusa Tenggara Timur, hingga Raja Ampat di Papua.

Melalui kampanye bertajuk #TemanTamanLaut, WWF Indonesia mengajak masyarakat untuk memulai dengan tiga langkah sederhana yaitu mengenali kawasan konservasi bahari di Indonesia, mengunjungi dan mendukung penerapan praktik aktivitas bahari yang bertanggung jawab, serta mengawasi pengelolaan kawasan konservasi bahari dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab.
Aplikasi Marine Buddies dapat menjadi sebuah informasi yang edukatif dan mempengaruhi perubahan menuju perilaku wisata dan usaha yang lebih ramah lingkungan.

Latest