Thursday, July 18, 2019
Home News Ikuti iPhone, Samsung Juga Lepas Sensor Sidik Jari

Ikuti iPhone, Samsung Juga Lepas Sensor Sidik Jari

-

galaxy-note-7-design_28-home-button-640x359

Jakarta, Selular.ID – Samsung memperkenalkan teknologi pemindaian iris di Note 7 tahun lalu, yang seolah-olah menegaskan bahwa perusahaan ingin melakukan transisi dari pemindaian sidik jari (fingerprint) sebagai solusi keamanan biometrik yang banyak ditawarkan ponsel pintar saat ini. Tak lagi istimewa, fitur fingerprint kini banyak ditemui di smartphone menengah.

Melalui postingan Tweet terbaru oleh @mmddj_china yang mengutip perkataan salah seorang staf Samsung, nampaknya perusahaan lambat-laun bakal meninggalkan sensor sidik jari. Samsung berencana akan melepas sensor sidik jari yang disebut-sebut sudah “usang”

@mmddj_china
“Kami akan membunuh sidik jari, itu usang.” Kata Staf Samsung.
05:52 – 10 Mar 2017

Namun berdasarkan bocoran foto Galaxy S8, menunjukkan bahwa sensor sidik jari masih bermukim di ponsel tersebut. Kemungkinan besar, ketiadaan fingerprint baru akan berlaku untuk ponsel setelah itu, bisa saja di Galaxy Note 8.

Perlu diketahui, Samsung juga akan memperkenalkan sistem pengenalan wajah di Galaxy S8. Hal ini sebagai alternatif untuk menggantikan teknologi pemindaian iris, bila dirasakan lambat mengenali pengguna.

Gagasan Samsung menghilangkan sensor sidik jari memang tidak lagi mengejutkan karena Apple sendiri sedang mempertimbangkan langkah yang sama.

Ada rumor yang menyebut bahwa Apple akan menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk iPhone 2017, sehingga harus mengorbankan tombol home yang telah menjadi fitur khas iPhone sejak awal. Apple bekerja sama dengan perusahaan RF, yang bergerak dibidang pengindraan. Dengan kerja sama RF ini, finger print pada iPhone bukan hanya menambil sidik jari pengguna, tapi juga mencegah spoofing dari sidik jari palsu.

Latest