Saturday, July 20, 2019
Home News Cegah Aksi Bunuh Diri, Facebook Mulai Uji Menu ini

Cegah Aksi Bunuh Diri, Facebook Mulai Uji Menu ini

-

fbJakarta, Selular.ID – Sudah menjadi rahasia umum, jika jejaring sosial telah menjadi salah satu media, untuk menumpahkan segala isi hati atau bisa disebut “curhat”. Beragam curhatan, baik itu kabar baik, buruk, hingga sesuatu kegiatan yang terkadang di luar akal sehat, setiap hari meramaikan lini masa berbagai jejaring sosial.

Terkait aktivitas di luar akal sehat, salah satu yang sempat mengemparkan jejaring sosial, yakni mempublikasikan rencana bunuh diri melakui akun sosial media. Dari beragam jejaring sosial yang ada saat ini, pesan bunuh diri tersebut beberapa kali disebarkan melalui jejaring Facebook. Biasanya pesan bunuh diri itu disampaikan, melalui tayangan Facebook Live.

Tidak ingin situasi tersebut kembali terjadi, Facebook mulai mengembangkan sebuah fitur, yang bisa meneliti tindak tanduk pengguna, yang cenderung bisa melakukan aksi nekat tersebut. Setelah cukup lama dikembangkan, akhirnya pihak Facebook mulai menguji tool, yang diharapkan bisa mencegah terjadinya aksi bunuh diri tersebut.

Sebagaimana dirangkum dari laman Buzzfeed, diinfokan, jika fitur tersebut berupa program kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI). Tool ini bertugas menelusuri posting dari para pengguna Facebook dan menemukan gejala bunuh diri, misalnya komentar bernada khawatir dari teman si pengguna. Temuan AI itu kemudian dilaporkan ke Facebook.

Product Manager Facebook Vanessa Callison-Burchold mengatakan bahwa AI baru yang tengah diuji coba di kalangan user Facebook di Amerika Serikat ini, ternyata lebih akurat dibandingkan laporan dari sesama pengguna. “Kemungkinannya lebih besar bagi Facbeook untuk mengirim sumber daya (pencegah bunuh diri) ke orang-orang yang dilaporkan oleh AI, ketimbang yang dilaporkan oleh pengguna,” ujar Callison-Burchold

Venessa melanjutkan, AI akan bekerja otomatis di latar belakang sistem (background). Namun, dalam kasus yang dinilai darurat dan butuh penanganan segera, AI akan langsung melapor ke anggota community team Facebook.

Sumber yang sama nambahkan, selain AI, Facebook turut meluncurkkan beberapa tool lain dengan tujuan sama, termasuk layanan chatting dengan organisasi-organisasi pencegahan bunuh diri via Messenger. Ada juga pengiriman informasi konsultasi secara langsung ke penyiar Facebook Live yang terindikasi bakal bunuh diri.

Latest