Monday, August 10, 2020
       
Home Apps 5 Aplikasi Video Live Streaming Popular

5 Aplikasi Video Live Streaming Popular

-

Ilustrasi video streaming (Foto: rgbnetworks.com)
Ilustrasi video streaming (Foto: rgbnetworks.com)

Jakarta, Selular.ID – Seiring layanan internet yang kini jauh lebih baik pasca kehadiran teknologi 4G LTE, tayangan video live streaming pun ikut menjadi tren.

“Seneng banget bisa lihat idola lagi makan, nyanyi, atau potong rambut. Ini real time loh,” ujar Ade Putri (30 tahun), seorang pegawai swasta yang berkantor di bilangan Kuningan, sambil memperlihatkan video dari actor favoritnya yang sedang pangkas rambut.

Ade Putri bisa dibilang salah satu dari jutaan pengguna yang kini mulai tersihir layanan video streaming yang cukup happening saat ini. Aplikasi live streaming pun kini banyak bermunculan seiring tren yang tengah menggaung itu.

Jadi, apa saja aplikasi live streaming yang patut untuk dicoba, mari kita lihat sajian berikut.

[nextpage title=”Periscope”]

1. Periscope
Diakuisisi oleh Twitter pada Maret 2015, Periscope baru meluncur kemudian pada bulan Mei. Periscope sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menyiarkan video langsung ke seluruh dunia. Cara penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah, di mana bagi para pengguna yang sebelumnya telah memiliki akun Twitter, cukup melakukan login melalui akun Twitter mereka.

Periscope memiliki sejumlah fitur, salah satu yang paling menarik adalah ‘hati’. Jadi, saat menyaksikan siaran, kapan pun pengguna men-tap layar akan menghasilkan sebuah hati, memberitahukan ke penyiar kalau Anda menyukai siarannya. Jumlah hati ini kemudian dikumpulkan ke biografi penyiar yang bisa dilihat siapa saja.

Selain ‘hati’, fitur lain yang juga tercakup di Periscope antara lain Putar Ulang, di mana ketika siaran berakhir, melalui fitur ini pengguna dimungkinkan untuk memutar ulang video tersebut sehingga penonton dapat menontonnya nanti. Pengguna juga dapat menghapus pemutaran ulang kapan pun.

Adapun bagi Anda yang ingin menyiarkan video hasil ‘garapannya’ hanya untuk orang tertentu, Periscope juga memberikan fitur untuk itu. Cukup tekan pilihan ‘Private’, sebelum melakukan siaran langsung dan pilih siapa saja orang yang inign Anda undang ke siaran yang sedang Anda lakukan.

Menariknya lagi, selain dapat menyiarkan video ke pengguna Periscope lain, oleh karena aplikasi ini terintegrasi dengan Twitter, pengguna pun dapat menyebarkan video siaran Anda via Twitter dengan menyentuh ikon ‘burung’ sebelum siaran dimulai.

Selain tersedia untuk pengguna iOS, Periscope kini juga bisa diunduhh langsung oleh penggunaAndroid melalui Google Play. Hanya saja bagi pengguna Android sebelum mengunduh aplikasi ini, pastikan perangkat yang Anda gunakan minimal sudah berjalan di platform Android 4.4 KitKat.

[nextpage title=”2. Meerkat”]

2. Meerkat
Dibanding Periscope, Meerkat memang lebih dahulu lahir. Jika di awal-awal kehadirannya Meerkat hanya tersedia untuk para pengguna perangkat iOS, kini aplikasi tersebut juga sudah menyambangi para pengguna Android.

Bagi yang ingin eksis di video via Meerkat, tentu hal pertama kali dilakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut. Setelah diunduh dan tertanam di perangkat, pengguna cukup melakukan log in, yang salah satunya bisa menggunakan akun Twitter. Layaknya kolom pada Twitter, di aplikasi Meerkat pengguna juga akan melihat tampilan “what’s happening?”.

Di kolom tersebut, pengguna dapat menulis apa pun sekaligus memberi tautan video yang sedang direkam secara ‘real time’. Dengan hanya menekan sebuah tombol, pengguna bisa langsung eksis menyiarkan langsung video streaming mereka layaknya seorang presenter sedang on air di sebuah program televisi.

Ketika pengguna sedang ‘on air’, teman pengguna di Twitter yang juga memiliki akun Meerkat, akan mendapat notifikasi untuk menyaksikan siaran langsung yang sedang diunggah pengguna.

Menariknya lagi, pengguna yang sedang siaran juga dapat berkicau mengenai apa pun yang ingin mereka ungkap selama siaran langsung ditayangkan. Sementara itu, pengguna lain yang sedang menyaksikan siaran juga dapat memberikan komentarnya.

Secara singkat, melalui aplikasi Meerkat pengguna dimungkinkan untuk melakukan dua kegiatan sekaligus. Ketika sedang melakukan ‘siaran’ live streaming, pengguna dapat menyiarkan video mereka sambil berkicau. Begitupun bagi penonton, mereka juga dapat melakukan dua hal sekaligus, yakni menonton siaran video live streaming dari pengguna yang sedang ‘on air’ sambil memberikan komentarnya.

[nextpage title=”3. Facebook Live”]

3. Facebook Live
Tak ingin ketinggalan dari rivalnya (Twitter), Facebook juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya menyaksikan live streaming video via jejaring sosial tersebut. Bedanya dengan Periscope ataupun Meerkat, fitur baru bernama Live di Facebok Mention ternyata hanya berlaku bagi para pesohor. Maksudnya, hanya kalangan selebritis saja yang bisa mengalirkan live video menggunakan fitur baru tersebut.

Saat ini aplikasi ini hanya tersedia di platform iOS dan diperuntukkan bagi orang terkenal seperti atlet, musisi, politisi, dan selebriti lainnya, yang digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan penggemar mereka. So, Anda harus termasuk dalam golongan tersebut untuk bisa menayangkan video sendiri. Bila tidak, Anda cukup menjadi follower akun mereka.

Ketika streaming dari selebriti yang Anda follow dimulai, video akan muncul langsung di News Feed. Jika Anda termasuk newbie, Anda juga akan melihat notifikasi yang mengingatkan tentang stream baru tersebut. Seperti biasa, di situ Anda bisa berkomentar, menyukai, atau berbagi stream dengan teman.

Menariknya, aplikasi juga memberitahu jika ada teman Anda dan selebriti lainnya yang ikut menyaksikan streamingan tersebut.
Sebagai narasumber, selebriti juga bisa membalas komentar, bahkan menyembunyikan komen yang menjengkelkan. Setelah stream berakhir, video akan tersedia untuk disaksikan di Page selebriti.

Beberapa selebriti yang sudah memiliki livestream di antaranya Dwayne The Rock Johnson, Serena Williams, Luke Bryan, Ricardo Kaka, Ashley Tisdale, Lester Holt, Martha Stewart, dan Michael Bublé.

[nextpage title=”4. Samsung Live Broadcast”]

4. Samsung Live Broadcast
Lewat fitur Live Broadcast, Samsung nampaknya tak ingin tertinggal oleh tren video live streaming yang saat ini lagi happening. Lewat handset barunya, Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+, Samsung menyediakan fitur Live Broadcast yang tertanam pada kameranya. Lewat fitu ini pengguna kedua handset unggulan itu bisa merekam video, lalu rekaman tersebut bisa dinikmati oleh orang lain via YouTube.

Seperti disebutkan tadi, fitur Samsung Live Broadcast terdapat di dalam fitur Camera. Anda dapat melakukannya dengan cara klik menu Camera>Mode>Live Broadcast. Ketika Live Broadcast aktif, akan terlihat logo You Tube di viewfinder kamer. Ini karena Samsung bekerjasama dengan You Tube dalam menghadirkan fitur Live Streaming ini. Oiya, pastikan sudah login di akun Google pada smartphone  Anda.

Selanjutnya ikuti saja beberapa petunjuk yg muncul hingga tampilan viewfinder kamera yang aktif siap untuk melakukan live broadcast. Selanjutnya undang (Invite) teman atau kolega yang Anda izinkan untuk menonton video live broadcast Anda, dengan cara mengklik tombol Invite. Namun sebelumnya Anda sudah harus memasukan nama teman atau kolega ke dalam daftar Contact atau Phonebook.

Jika sudah, kemudian klik ikon tombol live broadcast yang ada di pinggir kanan. Maka live broadcast pun dimulai. Bersamaan dengan itu, teman atau kolega Anda yang sudah di-invite, akan dikirimkan link YouTube untuk menonton video live broadcast yang Anda buat. Ketika sudah selesai melakukan live broadcast, Anda juga bisa mengirimkan link live broadcast tadi ke teman atau kolega untuk ditonton ulang.

[nextpage title=”5. Cliponyu”]

5. Cliponyu
Dalam hal penyajian konten dalam format video, Cliponyu memang sering dianggap mirip seperti Youtube. Kendati demikian, bila dilihat dari sisi konsep, sebenarnya ada sejumlah perbedaan menonjol antara portal bertabur host kece dengan situs web video sharing terbesar tersebut.

Soal konsep pelayanan kepada visitor, Cliponyu lebih interaktif ketimbang di Youtube. Singkatnya, Cliponyu memang lebih mirip siaran radio, hanya saja formatnya bukan cuma suara, tetapi melalui tayangan video. Melalui web Cliponyu, pengunjung dapat berkomunikasi langsung dengan para pengisi acara yang disebut dengan host.

Host yang sedang ‘siaran’ ini dapat menerima permintaan lagu untuk diputar dari pengunjung dan juga private chat selama acara berlangsung. Selain itu, host akan menunjukkan bakat dan talenta yang mereka punya, mulai dari menyanyi, menari, komedi, hingga bermain musik.

Satu hal yang juga beda dari Cliponyu, adalah melalui ketika siaran berlangsung pengunjung dimungkinkan untuk memberikan gift, baik berbentuk applause, bunga, permen, dan lain-lain kepada host yang sedang siaran.

Sayangnya, untuk dapat mengirimkan gift kepada host, pengunjung harus terlebih dahulu mengisi saldo kredit di akun Cliponyu mereka, yang bisa dilakukan dengan melakukan top-up melalui transfer bank, kartu kredit, internet banking, dan airtime prabayar dari berbagai operator. Untuk melakukan top-up pengguna cukup mengkilk tombol top-up yang tersedia di situs Cliponyu.

Selain bisa diakses via desktop, Cliponyu juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk para pengguna Android. Jika masih penasaran, silakan coba saja.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest