Tuesday, October 27, 2020
Home News E-Commerce Booming Travelling, Mayoritas Beli Tiket Secara Online

Booming Travelling, Mayoritas Beli Tiket Secara Online

-

travelblat

Jakarta, Selular.ID – Masyarakat Indonesia saat ini kian menggemari perjalanan wisata. Dalam setahun, 61,5 persen dari total responden yang dilaporkan oleh platform cashback Shopback, menyatakan setidaknya 1 hingga 2 kali membeli tiket pesawat atau pemesanan hotel, baik secara online maupun pembelian langsung ke agen.

Dibandingkan melalui agen tradisional, sebagian besar pembelanjaan tiket pesawat maupun hotel dilakukan secara online. Dari 901 responden yang mengikuti survei, tercatat 82,60 persen menyatakan mereka lebih menyukai membeli tiket pesawat, memesan hotel ataupun membeli paket perjalanan wisata secara online. Hanya 17,40 persen yang mengaku masih melakukan transaksi langsung ke agen perjalanan wisata.

Adapun alasan masyarakat sekarang kian menggemari belanja kebutuhan travelling secara online sangat beragam, antara lain adalah mereka menganggap lebih murah (37,8 persen), lebih nyaman (11,8 persen), lebih cepat (19,2 persen), dan pilihan yang ditawarkan lebih banyak (29 persen).

“Ini menggambarkan potensi pasar yang besar,” terang Indra Yonathan, Country General Manager, ShopBack Indonesia. Untuk setiap pembelanjaan jasa travelling, perusahaan e-commerce ini akan memberikan cashback hingga Rp 250 ribu dan diskon hingga Rp 200 ribu untuk setiap transaksi di luar promo yang dihadirkan oleh para mitra. Layanan yang dimaksud antara lain penjualan tiket pesawat, paket perjalanan wisata, maupun pemesanan hotel.

Selain itu, dari survei ShopBack juga ditemukan fakta bahwa perjalanan ke dalam negeri lebih diminati (74,80 persen) dibandingkan tujuan ke luar negeri (25,2 persen). Ketika ditanya destinasi dalam negeri yang ingin dikunjungi, di peringkat teratas diduduki oleh Bali, kemudian disusul Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Raja Ampat, Bandung dan Lombok.

Sementara untuk destinasi luar negeri, para konsumen yang disurvei telah siap untuk membeli tiket perjalanan serta hotel ke Jepang sebagai pilihan teratas, disusul dengan Singapura, Korea Selatan, Thailand dan Eropa Barat.

Latest