Thursday, December 12, 2019
Home News Asyik! Dengan Internet Phone, Telepon ke Luar Negeri Bebas Roaming

Asyik! Dengan Internet Phone, Telepon ke Luar Negeri Bebas Roaming

-

Wibisono Indosat ooredoo2Jakarta, Selular.ID – Internet Phone, merupakan salah satu fitur menarik yang ditawarkan Indosat Ooredoo dalam Paket Pro Mobile Solution yang ditujukan bagi kalangan korporat.

Dengan fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk melakukan panggilan telepon dan telepon masuk hanya menggunakan koneksi internet, sehingga tidak mengurangi pulsa dan bebas biaya roaming di semua negara. Lalu apa bedanya, Internet Phone dengan teknologi VoLTE yang juga sudah digunakan oleh operator lain di Tanah Air.

“Ini beda sama VoLTE kan betul-betul harus di jaringan GSM, dia hanya bisa di jaringan GSM. Kalau ini (Internet Phone) tidak, dia bisa GSM dan Wi-Fi. Jadi, menariknya dia bisa di mana-mana selama ada jaringan internet, kalau yang VoLTE harus di jaringan GSM. Bedanya itu saja, Internet Phone lebih fleksibel,” Wibisono Hadiputro, Division Head Device & Convergence Indosat Ooredoo.

Kelebihan lainnya dari internet Phone adalah dari segi biaya, di mana pengguna tidak perlu lagi khawatir kena roaming ketika menggunakan aplikasi ini.

“Jadi gini, kalau kita di luar negeri di telepon dari Indonesia yang dipanggilkan kena roaming yang manggil kan ngga. Tapi kalau kita pakai aplikasi (internet phone) tidak kena (roaming), enaknya itu. Jadi, bisa dibilang internet phone mem-bypass jaringan yang tradisional.” tandasnya.

Sayangnya, Wibisono tidak mengungkap lebih jauh teknologi yang digunakan di fitur internet phone. Namun, sedikit bocoran, disebutkan bahwa fitur ini hadir berkat kerja sama Indosat Ooredoo dengan partner yang kompetisinya di bidang itu.

Wibisono menegaskan bahwa secara teknologi, Internet Phone sejatinya bisa digunakan tidak hanya untuk pengguna korporat (business-to-business/B2B) saja, melainkan juga bisa diterapkan ke kalangan pengguna umumnya.

“Cuma memang ini lebih difokuskan untuk B2B. Jadi, secara alat sih bisa digunakan di mana saja, cuma pasang aplikasi saja,” katanya.

Begitupun soal handset yang digunakan juga tidak ada spesifikasi tertentu. Dalam arti bisa digunakan di handset apa pun dari low-end maupun high-end. Begitupun dengan sistem operasi yang digunakan handset tersebut.

“Pokoknya iOS bisa, Android bisa, sama Microsoft (windows phone) bisa. Pokoknya semuanya bisa,” pungkasnya.

Latest