Jumat, Oktober 30, 2020
Beranda News Social Media Mirip Bigo, YouTube Sediakan Fitur Sawer

Mirip Bigo, YouTube Sediakan Fitur Sawer

-

IMG_20170115_134824
Jakarta, Selular.ID – Seperti ClipOnYou dan Bigo Live, Youtube meluncurkan fitur baru yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah ke YouTuber. Fitur bernama Super Chat dikatakan bisa membantu kreator konten memonetisasi siaran langsung.

Saat YouTuber menyiarkan live streaming, penonton bisa saweran, membayar untuk berkomentar.

Kelak, ketika ada siaran langsung, penonton akan melihat simbol “$” di jendela chat. Meng-klik tombol tersebut akan memunculkan slider yang bisa digunakan penonton untuk mengirim uang ke YouTuber yang sedang ditontonnya.

Semakin banyak Anda membayar, semakin lama komentar Anda akan terpampang di jendela. Juga, Anda akan mendapat tambahan karakter untuk mengetik komentar.

Setelah membayar, komentar Anda akan dibubuhkan dengan warna berbeda untuk membuktikan bahwa Anda sudah berhasil membayar.

Jika komentar berbayar terdorong ke luar jendela karena banyak pesan lain yang masuk, kreator bisa mengklik pesan berwarna tadi untuk tetap berada di jendela chat.

Super Chat ini menggantikan Fan Funding, tools perusahaan sebelumnya untuk membayar kreator.

Pada blog resmi perusahaan, Barbara Macdonald, Product Manager YouTube mengatakan tujuan Super Chat adalah untuk membantu fans menjangkau YouTuber favorit mereka secara real-time, dan sebaliknya.

“Kreator bisa melihat pesan dan memprioritaskan fans setianya saat siaran langsung,” tulis Barbara di blog (12/1/2017).

Dengan begitu, Super Chat mirip dengan sejumlah layanan live streaming yang hadir di Indonesia seperti ClipOnYou, Nono Live, dan Bigo Live. Bedanya, Super Chat berpotensi menyebarkan komentar kebencian.

Guna menghindari hal itu, Barbara tengah menggodok tools untuk kreator bisa menghapus komentar negatif dan memblokir penonton tersebut.

Youtube mengatakan fitur ini didesain untuk pengguna dengan usia 18 tahun ke atas, mereka yang punya kartu kredit.

Super Chat versi beta sudah dirilis secara global untuk sejumlah negara dan akan tersedia menyeluruh akhir Januari 2017.

Latest