Saturday, November 23, 2019
Home News Tahun Akan Berakhir, Pemerintah Belum Kabulkan Dua Harapan Operator

Tahun Akan Berakhir, Pemerintah Belum Kabulkan Dua Harapan Operator

-

IMG_20161214_130239

Jakarta, Selular.ID – Tahun 2016 merupakan tahun perubahan di industri telekomunikasi. Dari sisi costumer, banyak pelanggan yang beralih dari layanan tradisional ke layanan data.

Menggenjot layanan data tentu membutuhkan investment yang besar untuk membangun infrastruktur jaringan. Tak pelak, operator Tanah Air mencari strategi yang dinilai efisien dan investasi lebih murah untuk membangun infrastruktur. Cara yang dianggap terbaik dan efisien adalah melalui network sharing.

“Sehubungan dengan network sharing, makanya kegiatan kita di tahun 2016 banyak melakukan kerjasama dengan operator lain. Bagaimana cara membangun bareng misalnya mau active sharing atau roaming seperti apa,” ujar Dian.

Akan tetapi untuk memuluskan rencana network sharing, tentu perlu izin dari pemerintah, dalam kaitan di sini Kemkominfo. XL sendiri mengaku sudah melakukan pendekatan dengan pemerintah meski hasilnya belum memuaskan.

“Sayangnya yang kita tunggu-tunggu dari sisi regulasi belum muncul. Rencana tentang interkoneksi yang pemerintah bilang akan terjadi tahun ini, tapi belum kejadian juga. Harapan kami yang dua ini (network sharing dan interkoneksi) supaya terlaksana karena masih menggantung,” papar wanita yang lulusan teknik elektro di Institut Teknologi Bandung tersebut.

“Kalau belum kejadian saya gak tahu apakah memang masih banyak yang belum diselesaikan atau ada ketidakpahaman dengan pihak lain,” tambahnya.

Dalam mengembangkan broadband, XL berencana ekspansi ke luar Jawa. Sehingga tidak lagi menunggu pelaksanaan network sharing. “September lalu kami memperluas refarming spektrum 900mHz yang menjadikan jaringan 3G yang lebih luas,” pungkasnya.

Latest