SHARE

 asus zenfone selfie oppo f1sJakarta, Selular.ID – Tren foto selfie membawa babak baru para perkembangan fitur kamera depan di smartphone. Para vendor pun mulai berlomba mempersenjatai kamera depannya. Mulai dari resolusinya yang makin besar, teknologi kamera depan yang canggih dan fasilitasnya juga semakin lengkap. Smartphone mana yang menjadi Best Selfie Smartphone ?

Di Indonesia , saat ini cukup banyak vendor yang sudah merilis smartphone dengan kemampuan menghasilkan foto selfie berkualitas. Dari sekian banyak smartphone dengan kemampuan foto selfie mumpuni, rata-rata telah dipersenjatai kamera depan berukuran 8MP, hingga yang terbesar ada di resolusi 16MP.

Ukuran lensa sekunder yang di atas rata-rata, plus berbagai fitur tambahan di sektor fotografi, tentu menjadi senjata utama dalam menarik hati pencinta selfie.Bagi “penggila’ foto selfie yang mencari smartphone dengan kualitas kamera depan mumpuni, beberapa produk berikut ini bisa dijadikan kandidat.

Selama tahun 2016 ada beberapa smartphone yang menjagokan kamera selfie sebagai fitur andalan. Dan selama kurun waktu awal hingga pertengahan tahun 2016, berikut ini 6 smartphone pilihan dengan kamera selfie yang mumpuni : https://selular.id/buyers-guide/2016/08/6-smartpone-dengan-kamera-selfie-terbaik/

>> Dan yang menjadi ‘Best Selfie Smartphone’ berdasarkan Selular Editors Choice, untuk kurun waktu awal hingga pertengahan tahun 2016 yaitu :

Asus Zenfone Selfie

Asus mampu menghasilkan produk dengan kemampuan foto selfie di atas rata-rata, namun dikemas dalam balutan harga yang afordable. Dengan nilai jual sekitar Rp 2 jutaan, apa yang ditawarkan Zenfone Selfie sudah bisa mengakomodir para pencinta foto selfie. Harganya pun sesuai dengan karakter user di Indonesia, yang kebanyakan datang dari kelas menengah.

asus zenfone slfie

Lalu smartpone mana yang hadir selama pertengahan hingga akhir tahun 2016 yang menjadi pilihan untuk kamera selfie terbaik ?

Selanjutnya >>

[nextpage title=”next”]

Berikut ini beberapa smartpone pilihan selama pertengahan hingga akhir tahun 2016, yang dilengkapi dengan kemampuan kamera selfie yang handal :

Huawei P9

Sebagai smartphone kamera, Huawei P9 tidak hanya memiliki keunggulan pada kamera belakang saja yang sudah menggunakan dual camera besutan vendor kamera ternama Leica.Dengan resolusi kamera 8MP.Dengan resolusi ini dirasa sangat cukup baik digunakan untuk foto selfie.Dengan aperture f/2.4,maka lensa mampu meresap cahaya yang cukup terang sehingga hasil foto juga lebih terang.

Didalamnya pengguna masih dapat menggunakan fitur beauty mode yang dapat diatur pada level 10. Fitur ini dapat mempercantik muka pengguna saat melakukan foto selfie.Hasilnya foto selfie pada ruang yang gelap, lensanya mampu menangkap cukup cahaya sehingga foto selfie yang dihasilnya cukup terang.

Sedangkan untuk kamera belakang tidak perlu diragukan lagi. Hadir dengan dual kamera belakang tersebut hadir dengan resolusi 12 megapixel, SUMMARIT H 1:2.2/27 ASPH. Dengan kombinasi kedua kamera ini, Huawei P9 mampu menghasilkan foto yang lebih detail di kondisi cahaya yang baik, dan secara signifikan mengurangi noise saat memotret di kondisi cahaya yang minim.

Selebihnya Huawei P9 mengusung layar IPS 5.2″ dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dan terlapisi Corning Gorilla Glass 4.Untuk kebutuhan memenuhi kinerjanya, Huawei telah mempersenjatainya dengan prosesor Kirin 955 tipe quad-core Cortex-A72 2.5GHz dan quad-core Cortex-A53 1.8GHz.Didukung pula dengan pilihan kapasitas memori RAM3 GB dengan memori internal 32 GB, serta RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Dengan komposisi hardware ini, maka system operasi OS Android versi 6.0 marshmallow dengan interface EMUI interface, dapat dijalankan dengan lancer tanpa ada masalah.

 

Oppo F1s

Dengan kampanye “Selfie Expert”, Oppo F1s datang dengan keistimewaan pada kamera depan.Oppo F1s menempatkan resolusi yang lebih besar pada kamera depan dibandingkan kamera belakang. Datang dengan resolusi 16 MP, kamera depan Oppo F1 Plus menggunakan sensor sebesar 1/3.1 inci dan diafragma besar f2.0, kombinasi ini menyajikan sensitivitas tinggi dalam menyerap cahaya sehingga menghasilkan gambar yang lebih terang dan detail lebih tajam walau dalam kondisi kurang cahaya.

Untuk menghasilkan kualitas  foto selfie yang bagus, tersedia fitur Selfie Panorama dengan 120-degree Wide Angle. Dengan fitur ini OPPO F1s secara otomatis akanmenghasilkan foto selfie panorama dengan sudut lebih lebar.Oppo juga menambahkan optimalisasi teknologi bernama Beautify 4.0 terbaru pada F1s menghasilkan efek yang lebih alami dalam mengambil foto selfie. Pada fitur ini tersedia 7 tingkat efek beautify dan pilihan warna kulit yang diklaim telah disesuakan dengan kulit orang Indonesia, kustomisasi memudahkan untuk memilih hasil yang paling alami dan menarik perhatian.

Oppo juga menghadirkan 7 jenis filter dengan tone warna yang bervariasi dan 9 jenis watermark dapat dipilih, seperti pengaturan waktu, tanggal, lokasi, temperatur berdasarkan waktu saat berfoto selfie, sehingga memberikan pengalaman fotografi kreatif saat selfie, dan bisa langsung dibagikan ke jejaring sosial.

Hasilnya pada foto selfie sangat baik bahkan bisa dibilang sempurna, karena sebagian besar orang yang melihat hasil fotonya memberikan penilaian yang baik.untuk hasil kamera bagian belakang juga memberikan hasil yang cukup manajubkan baik dalam keadaan terang maupun low-light.

Oppo F1s memiliki ukuran layar 5.5 inciyang dilapisi dengan lapisan 2.5D Corning Gorilla Glass 4 pada seluruh bagian depan akan memberikan kenyamanan pengguna karena ponsel ini akan tahan terhadap goresan. Berjalan diatas OS Android 5.1 dan lapisan interface ColorOS 3.0. Oppo F1s menggunakan layar jenis IPS TFT resolusi 720 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel hingga 267 ppi.

Untuk dapur pacunya Oppo sudah menyiapkan chipset Mediatek MT6760 dengan CPU Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.5 GHz. Didukung juga dengan GPU Mali-T860 dan RAM 3GB, maka pengguna, Anda akan merasakan pengalaman multitasking yang mulus dan lancar, baik dalam mengaktifkan aplikasi maupun berpindah antar aplikasi. Oppo menyediakan memori internal 32GB yang dapat diperluas dengan slot micro SD untuk penyimpanan eksternal hingga 128GB.

 

Asus Zenfone 3

Tidak hanya dari sisi desain, Zenfone 3 mengalami memiliki perkembangan pada fitur kamera. Pada kamera depan depan alias kamera selfie, Asus Zenfone 3 memiliki kamera dengan resolusi 8 megapixels dengan f/2.0 apperture.

Asus ZenFone 3 juga dibekali dengan aplikasi kamera yang disebut sebagai Pixel Master 3.0. Total mode yang dimiliki oleh aplikasi kamera ini adalah 21 mode, dimana setiap mode memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada beberapa mode yang cukup popular digunakan di PixelMaster ini seperti Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resoluton, Low Light, Depth of Field, Miniatur dan Slow Motion.

Asus Zenfone 3 memperkuat kamera belakang dengan resolusi 16 megapiksel dengan 1/2.8″ sensor size dan  f/2.0 apperture. Pada kamera ini, ASUS ZenFone3 sudah menggunakan sensor Sony IMX 298. ASUS melihat, hadirnya sensor ini akan meningkatkan kualitas dari foto ataupun video yang dihasilkan oleh ZenFone 3. Selain menggunakan sensor Sony IMX 298, ASUS juga menggunakan OIS (Optical Image Stabilitation) dan EIS (Electrical Image Stabilitation) dimana fungsi keduanya untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh tangan (hand shaking). Tujuannya, agar foto atau video yang dihasilkan tidak blur.Selain soal memotret foto, Asus Zenfone 3 juga mengunggulkan kameranya yang mampu melakukan perekaman video dengan resolusi hingga 4K.

Asus ZenFone 3 menggunakan layar sentuh seluas 5.5 inchi, resolusi FullHD (1080p). Dengan teknologi layar Super IPS+ dengan 16 juta warna dan kerapatan pixel sebesar 424 ppi, layar smartphone ini juga memiliki teknologi 178 wideview sehingga tetap bisa melihat konten di layar tanpa terjadi perubahan warna dalam sudut manapun. Mengusung OS Android Marshmallow (6.0.1), Asus Zenfone 3 masih menggunakan interface ZenUI.

Asus Zenfone 3 ZE520KL menggunakan layar IPS + sehingga layar akan lebih terang dari biasanya dan tentu saja lebih hemat daya. Bentang layar sentuh ini sebesar 5.2 inci.Layar ini sudah mendukung resolusi FullHD atau 1080p. ASUS sudah menggunakan Android Marshmallow versi 6.0.1 dengan interface ZENUI.

Asus memboyong prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2GHz 64 bit.  Dengan prosesor 64-bit, smartphone ini bisa memaksimalkan RAM 4GB, sedangkan prosesor 32-bit hanya bisa memanfaatkan RAM sebesar 3GB. Dari sisi grafis, ASUS ZenFone 3 sudah diperkuat oleh chipset Adreno 506 dengan kecepatan 650MHz.

ZenFone 3 punya dua pilihan kapasitas penyimpanan internal, yakni 32GB dan 64GB.Kapasitas ini cukup besar karena fitur App2SD sudah tidak tersedia di Android Marshmallow.Namun kalau Anda merasa kapasitas tersebut masih kurang, Anda bisa memasang kartu MicroSD di slot SIM 2. Adapun slot tersebut mendukung kartu MicroSD hingga kapasitas 256GB.

Untuk di konektivitas jaringan, Asus ZenFone 3 mendukung 4G LTE.  Asus Zenfone 3 dua slot SIM dimana satu suport 4G dan sisanya menjadi 2G/3G. Di 4G LTE sendiri secara hardware sudah menggunakan modem yang mendukung LTE Category 7 dimana kecepatan secara teori bisa sampai 300Mbps.

 

Vivo V7

Jagokan kemampuan kamera selfie, Vivo X7 memiliki kamera depan untuk selfie dengan resolusi 16 Mpix dengan aperture f/2.0. Salah satu keunggulannya pada kamera selfienya adalah smartphoe ini mampu mengakomodir kebutuhan memotret di kondisi kurang cahaya atau low light. Yaitu dengan tidak lupa menyediakan lampu Flash pada kamera depan. Tidak hanya itu, kamera di kedua smartphone ini juga didukung teknologi dari Arcsoft agar hasil foto tetap terlihat tajam meski di kondisi low light.

Untuk tampilan desainnya, Vivo X7 membawa layar sentuh 5,2 inch sedangkan X7 Plus berlayar sentuh 5,7 inch. Keduanya sama-sama mengusung teknologi layar Super Amoled LCD dengan resolusi Full HD. Layar ini tersemat di bodi berbahan magnesium alumunium dengan ketebalan hanya 7,2 mm. Tidak lupa disematkan Fingerprint scanner di bodi belakang.

Berada pada sector kinerja, Vivo telah menyediakan smartphone ini dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 652 berkecepatan 1,8 GHz dan dukungan RAM yang cukup besar dengan 4 GB.Urusan kapasitas penyimpanan, Vivo X7  dibekali memori internal 64 GB. Tidak ketinggalan tambahan memori eksternal berupa slot Micro SD yang bisa membaca kartu memori hingga kapasitas 256 GB.

Sedangkan untuk daya tahan hidupnya , smartphone bersistem operasi Andorid 5.1 Lollipop ini diselipkan baterai berkapasitas besar. X7 dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh.

 

Polytron Prime 7s

Lewat seri Prime 7s, Polytron telah mengangkat derajat vendor lokal dengan meluncurkan produk dikelas premium.Selain desainnya yang nampak sangat premium dan tidak seperti smartphone standart, Polytron menggunakan material berkualitas pada kerangka smartphone. Yakni lapis kaca di kedua permukaan, baik depan maupun belakang. Sehingga smartphone tampak berkilau.

Apalagi Polytron menggunakan display Dragontrail AGC Glass di kedua permukaan (depan dan belakang) sehingga bisa melindungi smartphone dari goresan benda tumpul, hantaman benda keras, dan tekukan yang tidak disengaja. Vendor juga menggunakan 2.5D sehingga smartphone agak melengkung di tepi layar, menambah kenyamanan tangan yang menggenggam.

Mengusung format unibody tipis dengan ukuran 7,75mm dipadu bentang layar 5,2 inci dan bezel tipis, Prime 7s mudah dioperasikan dengan satu tangan. Dimensi lengkapnya adalah 146 x 73 x 7.75 mm dengan bobot 155 gram.

Keunggulan lainnya adalah pada kamera depan. Karena pada bagian atas layar Polytron telah menyediakan kamera selfie 8MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash, dan sensor jarak, yang mengapit earpiece. Memiliki resolusi kamera depan 8MP dengan lensa 84° wide angle membuat lensa kamera dapat menangkan cahaya yang lebih banyak. Dengan begitu membuat foto selfie menjadi lebih terang dan bagus.Pada kamera selfie, polytron juga sudah menyediakan fitur beauty dan Wrinkle remover, yang akan membuat foto selfie menjadi lebih bersih dan cantik.

Tidak hanya pada kamera depannya, lebih keren lagi Polytron Prime 7s juga memiliki kamera belakang yang tidak kalah bagusnya. Dengan resolusi kamera 16MP yang didukung fitur ISOCELL dan two-tone flash akan memudahkan pengguna dalam mengambil foto dalam gelap. Tersedia juga teknologi phase detection auto-focus (PDAF), sehingga focus kamera yang didapat menjadi lebih cepat.

Untuk menopang segala aktivitas, flagship anyar Polytron sudah disokong prosesor 64 bit Octa-core 2.0GHz dengan chipset Helio P10, Dengan begitu, Prime 7s dijamin lebih mulus dalam menjalankan sejumlah aplikasi dalam waktu bersamaan.

Terakhir, Polytron menyematkan antarmuka besutan sendiri yang dinamakan Fira OS.Di dalamnya termasuk layanan Fira TV, Fira UI, Fira Store, Fira Pay, dan Fira ID. Dengan Fira OS, pengguna Polytron Prime 7s bisa menonton siaran televisi, cek pulsa, dan topup pulsa elektrik dengan lebih mudah.

>> Dan yang menjadi ‘Best Selfie Smartphone’ berdasarkan Selular Editors’ Choice selama pertengahan hingga akhir tahun 2016 adalah :

Oppo F1s

Melalui kampanye “Selfie Expert”, Oppo F1s nampaknya telah berhasil menemukan jalur yang tepat sebagai best selfie smartphone. Datang dengan keistimewaan resolusi 16 MP, didalamnya menyajikan banyak fitur bahkan mampu menghasilkan efek yang lebih alami dalam mengambil foto selfie.Melalui teknolofi Beautify 4.0, F1s menghasilkan efek yang lebih alami dalam mengambil foto selfie.

oppo f1s

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here