Sunday, October 20, 2019
Home News Canon : Kamera Mirrorless Tidak Akan Mengkanibal DSLR

Canon : Kamera Mirrorless Tidak Akan Mengkanibal DSLR

-

wp-1480602728257.jpgLombok, Selular.ID – Walau sebagai salah satu brand ternama di industri kamera, Canon terbilang terlambat bertarung di segmen kamera miroless. Kondisi ini sudah disadari betul oleh vendor asal Jepang tersebut, karenanya Canon kini mulai serius bertarung di kelas mirrorless. Seri EOS M5 menjadi bukti jika Canon Semakin serius di kelas kamera mirrorless.

Berbicara kasta di industri kamera, sejatinya posisi kamera mirrorless  masih di bawah perangkat DSLR. Hanya saja Canon justru memposisikan EOS M5 di kelas amatir profesional, dimana performa produk tersebut hampir sama DSLR EOS 80D. Jika merujuk pada fakta tersebut, tentu tidak menutup kemungkinan EOS M5 bisa mengrogoti pasar EOS DSLR 80D.

Terkait kemungkinan itu, Sintra Wong, Manager Canon Image Communication Division PT Datascrip selaku distributor produk-produk Canon di Indonesia, mengakui, jika kedua produk tersebut (EOS M5 dan EOS 80D), saling mengkanibal satu sama lain.

Meski demikian, Sintra optimis EOS 80D masih memiliki  kelebihan tersendiri yang bakal membuatnya lebih diminati kalangan pengguna kamera tertentu, dibanding EOS M5. “Misalnya saja jurnalis. DSLR masih terhitung lebih kokoh dan nyaman digenggam dibanding kamera mirrorless,” ujar Sintra

Lebih lanjut Sintra menuturkan, di samping faktor bodi yang lebih kuat, kecepatan pengoperasian kamera DSLR juga masih unggul dibandingkan kamera mirrorless. Secara keseluruhan sehingga cocok untuk pengguna yang membutuhkan kamera responsif.

Sebaliknya, mirrorless seperti EOS M5 unggul di segi ukuran fisik yang lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Keunggulan ini turut didukung oleh lensa-lensa mirrorless Canon dari EF-M yang juga lebih ringkas dari lensa DSLR. Soal user interface, keduanya (DSLR dan mirrorless Canon) mirip-mirip sehingga pengguna bakal lebih familiar.

“Walau punya spesifikasi yang hampir sama, baik EOS M5 dan EOS 80D memiliki karakteristik tersendiri. Karena ke depannya, saya pikir DSLR dan mirrorless Canon tidak akan saling membunuh, justru saling melengkapi,” pungkasnya.

Latest