Thursday, April 25, 2019
Home News 2016, Penjualan PC dan Notebook di Indonesia Ada di Masa "Suram"

2016, Penjualan PC dan Notebook di Indonesia Ada di Masa “Suram”

-

IMG_20161215_114520Jakarta, Selular.ID – Tahun 2016 yang segera berlalu, bisa dipastikan bukan menjadi masa yang menyenangkan bagi vendor komputer. Pasalnya sepanjang 2016, penjualan PC dan notebook di Indonesia anjlok.

Seperti diungkapkan, Ronaldy Suhendra, Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), bahwa sepanjang 2016 perdagangan komputer tidak memuaskan.

“Data yang kami dapat, penurunan pasar PC dan notebook turun mencapai 12%. Penurunan ini lebih pada pasar consumer. Untuk pasar komersial cenderung flat,” terang Ronaldy.

Adapun penyebab penurunan tersebut, Ronaldy berujar, disebabkan kondisi ekonomi di Tanah Air yang kurang cemerlang tahun 2016. Kondisi ini membuat daya beli masyarakat akhirnya ikut turun.

“Tak hanya produk PC dan notebook, beberapa barang elektronik lainnya pun mengalami penurunan,” kata Ronaldy.

Di sisi lain, walau 2016 jual beli PC dan notebook di Indonesia anjlok, Ronaldy, optimis 2017 situasinya akan lebih baik.

“Tahun depan makin banyak perusahaan dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang akan menggunakan PC atau notebook untuk perangkat IoT (Internet of Things), digital transformation, dan cloud. Kondisi tersebut buat kami lebih optimis, mengadapi perdagangan di 2017,” pungkasnya.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest