Beranda Buyer's Guide Smartphone Rp2 Jutaan Apa Yang Punya Kamera Kece?

Smartphone Rp2 Jutaan Apa Yang Punya Kamera Kece?

-

Jakarta, Selular.ID – Siapa saja yang mempunyai smartphone bisa berlagak layaknya fotografer dadakan. Melihat kecenderungan narsisme seperti itu, para vendor ponsel terus meningkatkan kualitas kamera. Saat ini, smartphone berfitur kamera mumpuni sudah jamak ditemukan di pasaran. Harganya pun variatif, tergantung merek dan spesifikasi bawaan.

Di rentang harga di bawah Rp1 juta, biasanya membawa dual kamera dengan resolusi 8MP (belakang) dan 5MP (depan). Sementara di segmen menengah atau middle-end, kualitas yang ditanamkan berkisar 13MP (utama) dan 8MP/5MP (sekunder). Lalu smartphone premium memiliki antara 16MP-20 MP (belakang) dan 13MP/8MP (depan). Namun perlu dicatat, besaran ukuran megapixel (MP) bukanlah penjamin utama kualitas sebuah kamera smartphone.

Untuk market update November 2016 ini, Selular.ID mencari informasi siapa saja brand ponsel yang dilirik konsumen berkat kemampuan kameranya yang lebih dari cukup, terutama di segmen menengah, yang notabene banjir peminat.

Yuni, salah seorang penjaga toko Crown Cellular, menyebut bahwa dominasi brand asal Tiongkok masih kuat dibanding kompetitor lain bila bicara kualitas kamera.

“Ada Oppo, Xiaomi, Huawei yang punya kamera bagus. Anda bisa lihat, misalnya Oppo Neo 7 dan Xiaomi Redmi 3S, kamera depan dan belakangnya bersih dan terang,” kata Yuni sambil memeragakan fitur kamera di kedua smartphone tersebut ketika Selular.ID menyambagi Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (24/11/2016).

Dikatakannya, dengan harga di bawah Rp2 juta, membuat Oppo dan Xiaomi begitu digandrungi pengguna yang menyukai jepretan foto.

Tak kalah dengan rival satu rumpunnya, Yuni melanjutkan, Huawei punya andalan di kelas menengah meski harga lebih mahal sedikit, yakni GR3. “Jujur saya sekarang pakai Huawei GR3 karena kameranya terang dan gak perlu aplikasi kamera lagi,” tuturnya.

Di gerai lain, jawaban berbeda terungkap dari King Cellular. Menurut Dian, salah seorang pekerja di toko ini, banyak konsumen dari jenis kelamin perempuan yang lebih memilih aman membeli smartphone dari vendor yang memiliki branding kuat, misalnya Samsung dan Oppo. Hal ini karena mereka lebih mudah tergiur iklan.

“Kalau wanita yang beli di sini, kebanyakanya cari Samsung atau Oppo. Udah deal, terus buka segel langsung coba fitur kameranya. Apalagi iklan Oppo yang F1s lagi gencar banget camera selfie,” katanya.

Tak kalah saing, kamera Huawei di P9 Lite juga banyak disukai pembeli. Meski tidak membawa embel-embel Leica, namun dual kamera 13MP dan 8MP sanggup menangkap gambar berkualitas dengan saturasi warna dan kontras yang tinggi.

“Kamera di P9 Lite memang gak sebagus versi mahalnya. Tapi cukup oke buat pembeli yang punya bujet Rp3 jutaan. Banyak yang incar kamera (smartphone) Huawei karena namanya sedang naik setelah pakai Leica,” pungkas Dian.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait