Beranda News Ideabox Ventures Siap Kucurkan 500 Ribu USD ke Startup

Ideabox Ventures Siap Kucurkan 500 Ribu USD ke Startup

-

ideabox-venturesJakarta, Selular.ID – Dalam kiprahnya yang sudah berjalan tiga tahun, Ideabox telah berkembang menjadi akselerator kelas dunia serta telah mendapat pengakuan internasional berkat sejumlah penghargaan yang disabetnya, di antaranya GTB (Global Telco Bisnis), Asian Communication Awards, dan Stevie Awards.

Selama tiga tahun terakhir, program inkubasi startup yang digawangi oleh Indosat Ooredoo, Mountain Partners, dan Kejora ini telah menghasilkan 15 startup yang sukses. Seiring dengan itu pula tiga perusahaan ini membawa kerjasama ini ke tingkat yang lebih lanjut menciptakan apa yang disebutnya sebagai ‘Ideabox Ventures’. Apa itu?

Ideabox Ventures merupakan joint venture modal ventura, yang menginvestasikan dana hingga 500 ribu USD pada startup bidang teknologi. Dalam hal ini Ideabox Ventures akan berinvestasi ke perusahaan teknologi tahap awal, atau pre-seri A dengan traksi yang terbukti berkembang, di antaranya pada bidang e-commerce, layanan web, pembayaran digital dan fintech, serta teknologi dan security.

Ideabox Ventures menyediakan dana hingga 500 ribu USD melalui venture capital fund, serta berbagai dukungan lain, di antaranya konsultasi strategis, dan komersial yang akan membantu perusahaan untuk tumbuh memperluas jangkauan bisnisnya. Berbeda dengan Program Ideabox, dukungan dari Ideabox Ventures melebihi 120 hari.

“Kami bergerak lebih maju dengan komitmen membangun industri digital yang lebih baik di Indonesia. Selama 3 tahun fokus berinvestasi ke perusahaan startsup melalui Ideabox, menunjukkan adanya kesenjangan VC industri di Indonesia, yait banyaknya startup yang berjuang untuk menemukan pendanaan. Ideabox Ventures akan menjawab kesenjangan itu dan memungkinkan startup untuk membangun bisnis yang lebih baik,” ungkap Alexander Rusli, selaku CEO dan Presiden Direktur PT Indosat Tbk hari ini (24/11).

Sejurus dengan Indosat, Dr. Cornelius Boersch, Pendiri dan Ketua Eksekutif di Mountain Partners menyambut gembira gagasan ini. Menurutnya, Indonesia merupakan negara penting dalam strategi ekspansi Mountain Partners dan pilar utama perusahaan di Asia Tenggara.

“Dengan Indosat Ooredoo, kami telah membangun 15 perusahaan selama tiga tahun terakhir dan mengikuti kesuksesan ini, kami percaya dan bangga untuk mengembangkan kerjasama ini ke dalam Joint Venture yang baru. Kami menggabungkan kekuatan kami untuk melanjutkan kesuksesan kerjasama investasi ke dalam ekosistem digital di Indonesia dan menyumbangkan visi Mountain Partners untuk membuat teknologi yang maju ke semua masyarakat di seluruh dunia,” tandas Dr. Cornelius Boersch.

Selain memperkenalkan Ideabox Ventures, pada saat yang sama juga diumumkan program Ideabox yang keempat. Pada program ini, Ideabox akan memilikih startup dari seluruh regional di Indonesia untuk pada akhirnya menerima dana awal hingga 50 ribu USD. Tim-tim yang terpilih akan mempresentasikan model bisnis mereka selama lebih dari 120 hari di Jakarta dengan dukungan mentoring dari Indosat Ooredoo, Mountain Partners, dan Kejora.

Artikel Terbaru