Jakarta, Selular.ID – Apple dikabarkan bakal segera merilis lima seri iPhone 4G-nya di Indonesia. Bakal rilisnya produk besutan Apple ini muncul pertanyaan terkait pemenuhan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebagai syarat peredaran smartphone 4G di tanah air.

BACA JUGA:
China Gugat Apple Akibat Pencurian Data

Kelima seri iPhone yang bakal dipasarkan secara resmi di tanah air tersebut adalah iPhone SE, iPhone 6s, iphone 6s Plus, iphone 7 dan iPhone 7 Plus.

Dari informasi yang didapat redaksi Selular diketahui bahwa Kementrian Perindustrian (Kemenperin) telah menerbitkan surat persetujuan TKDN Apple yang kemudian disampaikan ke kominfo, untuk dicetak sertifikat Postelnya.

BACA JUGA:
Siapa yang Lebih Tangguh iPhone XS Atau XS Max?

Hal ini pun dibenarkan oleh I Gusti Putu Suryawiryawan, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin.

“Ya betul, kami sudah mengeluarkan persetujuan  TKDN untuk 5seri iphone 4G yang bakal rilis di Indonesia,” kata Putu saat dihubungi Selular.

BACA JUGA:
WhatsApp Tambah Fitur Baru Dukung Face ID Supaya Tidak Dibajak

Seperti diketahui Apple memang berencana melakukan investasi dengan mendirikan pusat inovasi di Indonesia sebagai syarat pemenuhan aturan TKDN.

Hanya saja kapan realisasi rencana investasi tersebut hingga saat ini belum diketahui. Putu sendiri enggan berkomentar terkait hal ini.

BACA JUGA:
iPhone 5G Pertama Meluncur Tahun 2020?

“Silahkan ditanyakan langsung saja dengan pihak Apple,” pungkasnya.