SHARE

Ssmsung-galaxy-j7-2016_2

Jakarta, Selular.ID – Seperti pada Galaxy J5, J7 juga dibawa samsung sebagai line-up terbaru yang mereka unggul tahun ini membawa embel-embel nama (2016) dibekalakangnya, menjadi pembeda smartphone pendahulunya yang diluncurkan tahun lalu. Apalagi perbedaannya?

Keunggulan:
– Layar Cerah
– Dibekali koneksi NFC
– Dibekali Fitur S-Health
– Koneksi 4G/LTE

Kekurangan:
– Hasil Kamera standart

Frame Logam

Galaxy J7 (2016) memiliki bentuk yang mirip seperti pada saudaranya J5 (2016). Tapi dibandingkan J7 sebeumnya bentuknya yang lebih pendek, dan tipis, meskipun kapasitas baterainya lebih besar. Mirip dengan Galaxy J5 (2016), yang membedakan hanya badan yang lebih besar dengan badan desain yang lebih kokoh.

samsung-galaxy-j7-2016

Jika pendahulunya masih menggunakan bahan material plastik, kali ini Samsung membuatnya dengan bentuk yang lebih kokoh, yakni dengan metal frame yang berguna untuk melindungin bodynya. Namun begitu, Samsung masih teteap menggunakan material plastik dibeberapa bagian smarthphone ini, seperti pada back cover. Bentuknya memang lebih tipis tapi pada bagian kamera tetap saja ini agak menonjol keluar.

Bentuknya yang hampir flat dan memiliki lapisan dengan pegangan yang sedikit kasar membuatnya ergonomis dan mudah untuk digunakan baik dengan satu atau kedua tangan. Secara desain,smartphone ini hampir sams dengan smartphone Samsung lain,dibawah layar mash terdapat tombol home khas samsung yang ditemani dengan tombol kapasitif touch bach dan Task switcher.

Beralih pada samping kanan tersedia tombol  Power/Lock ,sedangkan disebelah kiri terdapat tombol volume rocker. Diatas layar tersedia kamera depan dengan LED flash, earpiece, sensor proximity. Namun sayang seperti pada Galaxy J5 (2016), Samsung tidak menambahkan sensor ambient light senso, sehingga tidak ada pengaturan otomatis untuk kecerahan layar. Dibagian bawah, pengguna akan menemukan port microUSB port, dan headphone jack 3.5mm.

[nextpage title=”Super AMOLED”]Super AMOLED

Samsung membekali Galaxy J7 (2016) dengan layar Super AMOLED 5.5 inci, sama seperti pendahulunya. Namun sayangnya dibandingkan dengan seri J5 yang mmemiliki ukuran layar yang lebih kecil, resolusinya tetap sama, yakni 1280×720 piksel, dengan kedalaman 267ppi.

interface

Untuk tampilan, Samsung membawa OS Android 6.0.1 Marshmallow dengan lapisan interface TouchWiz UI diatasnya. Didalamnya tersedia beragam fitur baru seperri app manager, Doze mode, dan Google Now.Tampilan homescreen sangat mirip dengan sejumlah smartphone Samsung lainnya, begitu juga pada tampilan Bar Notification yang dapat ditarik dengan men-scroll layar dari atas kebawah. Disitu tersedia slider brightness, S Finder dan tombol Quick connect. Namun begitu pengguna juga masih dapat menyembunyikannya dengan menggunakan pilihan option. Tidak hanya pada tampilan tesebut pengguna juga dapat mengubah tampilan sesuai kebutuhan.[nextpage title=”Kinerja”]Kinerja

Di indonesia,samsung memasarkan Galay J7 (2016) dengan dhipset prosesor Exynos 7870 yang menggunakan CPU  Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan masihng masihng inti prosesor 1.6GHz. sedangkan untuk mendukung kinerja grafis, Samsung telah menggunakan GPU Mali-T830 MP2. Dengan dukungan RAM 2GB diklaim mampu mendukung proses mutitasking. Untuk menyimpan data, pengguna telah disediakan memori internal sebesar 16 GB.

interface2

Tidak memiliki konsep unibodi pada desainnya, penggguna dapat melepas baterai dan backcover dengan mudah. Didalamnya tersedia baterai berkapasitas 3,300mAh dengan slot microSIM dan microSD.  Dan untuk menambahkan memori pengguna daat mennambahkan kartu memori MicroSD hingga 256GB.

baterai

Saat diuji dengan menggunakan aplikasi Antutu bechmark, Galaxy J7 (2016) mempu mendapatan skor hingga 49 ribu-an. Skor ini cukup baik dan mampu disejajarkan dengan kinerja smartphone lainnya seperti Lenovo Vibe K4 Note atau Oppo F1 Plus. Kinerja yang cukup baik juga ditunjukan saat kami test dengan memainkan game sekelas Sniper 3D Assassin Gun Shooter. Game dapat dijalankan dengan lancar tanpa ada masalah.

Untuk kinerja baterai, tersedia kapasitas baterai 3,300mAh jenis Li-Ion, dengan baterai jenis removable pengguna dapat dengan mudah untuk membongkar-pasang baterai. degannkombinasi chipset 14nm, smartphone ini menawarkan daya tahan baterai yang cukup lama. Saat kami gunakan lebih dari 18 jam kami dapat menggunakannya dengan lancar dengan penggunaan standart,  baik untuk berkomunikasi melalui chatting atau melalukan browsing dan streaming video youtube.

S-Health

[nextpage title=”Kamera”]Kamera

Seperti pendahulunya, Samsung Galaxy J7 (2016) dibekali dengan kamera dengan resolusi 13MP. Namun kali ini lensa lamera yang dimilikinya menggunakan lensa dengan aperture f/1.9, dengan aspek rasio 4:3, kamera ini mampu camera menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 4128×3096 piksel. Didalamnya tersedia beberapa pilihan mode yang dapat digunakan, seperti Night mode, Sound & shot, Sports dan HDR. Pada kamera depan tersedia lensa kamera 5MP f/1.9 aperture dengan LED flash untuk melakukan selfie.

kamera

Samsung Galaxy J7 (2016) juga menawarkan mode Pro, didalamnya tersedia pengaturan White balance, ISO dan Exposure. Selain itu pengguna juga dapat melakukan pegaturan kamera lainnya. Untuk mengakses fitur kamera, selain melalui menu pengguna juga dapat mengakses fitur ini dengan menekan tombol Home.

fitur1

Pada kualitas kamera, dengan pengaturan HDR hasilnya cukup memuaskan,  wana yang dihasilkan sangat baik dan detail. Tidak hanya pada kondisi pencahayaan yang cukup, pada kondisi geap juga mampu menghasilkan gambar yang jelas, dengan sedikit noise yang ditimbulkan. Tidak hanya itu, kamera ini juga mampu menghasilkan perekaman video yang cukup baik pada resolusi 1080p dengankecepatan 30fps.

[nextpage title=”Konektivitas”]Konektivitas

Galaxy J7 (2016) memiliki kemampuan untuk menapung dua kartu SIM sekaligus dan keduanya dapat aktif bersamaan, dengan begitu pengguna akan eih bebas menggunakana dua katu dalam smartphone ini. Pada koneksi internet selular pengguna akan diakomodasi dengan koneksi 4G, sehingga dapat merasakan koneksi internet tereat saat ini.

internet

Selain itu Samsung masih menyediakan koneksi Wi-Fi, GPS denga A-GPS, Bluetooth v.4.0, dan FM radio. Dan seperti pada produk flagship, galaxy J7(2016) juga sudah dibekali dengan koneksi NFC yang dapat diaktifkan melalui menu Settings. Untuk koneksi kabel data tersedia port microUSB dan jack headphone 3.5mm. Port microUSB dapat anda gunakan untuk membaca flashdisk karea sudah mendukung USB On-The-Go.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here