Wednesday, October 21, 2020
Home News Pixma G4000 dan TS8070, Duo Flagship Printer Terbaru Canon Siap Diadu

Pixma G4000 dan TS8070, Duo Flagship Printer Terbaru Canon Siap Diadu

-

Bali, Selular.ID – Ketika banyak yang mengkampanyekan penggurangan penggunaan kertas, Canon nampaknya masih optimis dengan pasar printer di Tanah Air. Canon sendiri, mengklaim saat ini sebagai penguasa pasar printer di Tanah Air.

Demi mempertahankan posisinya, di pasar Indonesia, hari ini (29/11/2016) bertempat di Bali, Canon kembali meluncurkan printer terbarunya. Tidak hanya satu, Canon merilis 2 produk printer sekaligus, yakin seri Pixma G4000 dan Pixma TS8070.

Monica Aryasetiawan, Division Manager Canon Consumer Systems Products Div. pt. Datascrip, menuturkan, dua perangkat tersebut menjadi bukti, jika Canon masih sangat optimis dengan pasar Tanah Air.

“Kita yakin dan optimis dengan pasar di Indonesia. Dengan berbagai fitur yang dimiliki, kami yakin kedua perangkat ini (Pixma G4000 dan Pixma TS8070) akan diminati konsumen,” ucapnya

Monika menuturkan, kedua printer teranyar tersebut punya karakteristik tersendiri. “Pixma G4000 hadir untuk konsumen yang ingin fokus di sisi efisiensi. Sementara Pixma TS8070, selain punya keunggulan di sektor efisiensi, juga memiliki nilai plus dari segi tampilan,” terangnya.

Terkait spesifikasinya, baik Pixma G4000 dan Pixma TS8070 hadir dengan berbagai menu terkini di pasar printer. Salah satu yang jadi andalan adalah, menu Document Removal Reminder.

Sesuai dengan namanya, Document Removal Reminder adalah menu pengingat. Adanya fitur itu diharapkan, konsumen tidak akan lupa dengan dokumen setelah melakukan aktivitas menggunakan printer. Menu ini aktif sekitar 1 menit, setelah dokumen ditinggal.

Selain keunggulan tadi, masih ada menu lain yang membuat 2 printer flagship Canon ini, layak dijadikan kandidat bagi konsumen yang sedang perangkat cetak multi fungsi.

Berikut ulasan singkatnya.

Pixma G4000
Seperti sempat diulas sebelumnya, 4000 memiliki daya tarik dari segi ekonomis. Hal tersebut bisa terjadi karena Pixma G4000
memiliki tinta yang bisa diisi ulang. Hal ini juga yang membuat biaya untuk mencetak dokumen menjadi lebih murah.

Menurut Canon, biaya untuk mencetak satu halaman dokumen cuma Rp 15. Kok bisa? Hal ini bisa tercapai dengan perhitungan
printer ini bisa mencetak lebih dari 6.000 halaman hitam putih, sementara harga tinta untuk satu tangkinya adalah Rp 90 ribu.
Sementara untuk mencetak halaman warna, jumlah yang bisa dicapai adalah 7.000 halaman.

Masih menurut Canon, proses isi ulang tintanya juga tidak sulit. Botol tinta didesain sedemikian rupa sehingga mudah untuk
menuangkan tinta ke dalam tangki printer, serta mencegah tinta tumpah atau berantakan.

Selain cetak dokumen, printer ini dapat mencetak foto berukuran 4R secara penuh (borderless) hanya dalam waktu 60 detik. Tintanya sendiri menggunakan jenis pigmen yang diklaim bisa menghasilkan warna lebih bagus dan hasil cetak yang lebih tahan lama.

G4000 sendiri, adalah printer multi fungsi yang membidik pengguna dengan yang sering mencetak dokumen, seperti pelaku bisnis, usaha kecil menengah (UKM), perkantoran hingga pelajar atau mahasiswa. Sebagai printer multi fungsi, perangkat seharga Rp 3,6 juta ini, juga difungsikan sebagai mesin scan/copy dan fax.
Pixma TS8070
Dari segi desain, Pixma TS8070 memang memiliki tampilan jauh lebih trendi, dibanding perangkat printer pada umumnya. Dengan rancang bangun yang tidak terlalu besar, membuat printer ini mudah ditempatkan dimana saja, dan tidak memakan banyak tempat.

Canon mengembangkan Pixma TS8070 sebagai printer anyarnya yang dikhususkan untuk pencinta fotografi. Tak ayal berbagai menu untuk memudahkan aktivitas cetak foto, sudah tertanam di Pixma TS8070. Salah satu keunggulannya, kemampuan mencetak foto langsung, dari berbagai aplikasi jejaring sosial populer, seperti instagram.

Kemampuan cetak langsung foto dari jejaring sosial, bisa terjadi karena printer ini bisa terhubung langsung ke perangkat
mobile, lantaran dilengkapi dengan berbagai konektivitas, seperti NFC dan WiFI Direct.

Agar aktivitas print foto langsung dari Instagram bisa berjalan lebih mudah, Canon menyediakan kertas foto berbentuk persegi sesuai format yang digunakan oleh jejaring media sosial milik Facebook itu.

Selain itu, TS8070 juga mendukung pencetakan langsung dari smartphone menggunakan aplikasi Canon Print Inkjet/Selphy. Lalu ada juga layanan Pixma Cloud Link untuk mencetak file dari layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan aplikasi
cloud storage seperti Evernote, Dropbox dan Google Drive. Untuk memilih foto langsung dari printer, tersedia layar sentuh
berukuran 4,3 inch.

Canon Pixma TS8070 dipasarkan oleh Datascrip di Indonesia dengan harga Rp 3,5 juta, dan tintanya dijual dengan harga Rp 175 ribu – Rp 255 ribu untuk tiap warnanya.

 

Latest