spot_img
BerandaBuyer's GuideSamsung Z2 Vs Galaxy J1 Ace, Ini Perbedaan Keduanya

Samsung Z2 Vs Galaxy J1 Ace, Ini Perbedaan Keduanya

-

samsung_galaxy_j1_ace
Jakarta, Selular.ID – Pekan lalu Samsung resmi menghadirkan smartphone 4G anyar Z2 ke pasar Indonesia. Dua bulan sebelumnya, vendor juga memperkenalkan perangkat 4G Galaxy J1 Ace untuk target market sama, low-end. Lalu apa perbedaan keduanya?

Sebelum membahas pembeda di antara Samsung Z2 dengan Galaxy J1 Ace, kita tengok persamaan mereka terlebih dahulu. Keduanya merupakan smartphone dengan harga cukup terjangkau dari produsen ponsel nomor wahid dunia.

Duo handset entry-level itu dibekali kemampuan dual SIM card yang salah satu slotnya support jaringan 4G semua operator tanah air (4G+GSM), termasuk Smartfren. Bahkan, paket penjualan mereka disertakan kartu perdana Smartfren dengan segala benefitnya.

Dari sisi hardware, Keduanya dibekali RAM 1GB dan internal storage 16GB, dengan opsi ekspan memori sampai 128GB melalui slot microSD.

Prosesor mereka pun sama, Spreadtrum SC9830I, octa-core dengan kecepatan 1.5GHz.

Beralih ke perbedaan, pertama-tama, Z2 merupakan handset OS Tizen 2.4, sementara J1 Ace adalah Android 5.1 Lollipop. Sehingga dari user interface, pengoperasian, serta dukungan aplikasi, sangat berbeda.

Kedua, layar Z2 jenis TFT lebih sempit (4.0 inci) berbanding 4.3 inci pada layar AMOLED J1 Ace, dengan resolusi sama (480×800 piksel).

Di sektor imaging, keduanya berbekal sensor 5MP untuk kamera utama, namun berbeda resolusi untuk selfie. J1 Ace dipersenjatai 2MP sementara Z2 “cuma” VGA.

Terakhir, kapasitas baterai Z2 lebih kecil (1500mAh) dibanding J1 Ace (1900mAh).

Dari semua poin di atas, jelas Samsung Galaxy J1 Ace lebih unggul dibanding Z2 dari segi spesifikasi. Hal itu wajar karena selisih harga mereka cukup banyak. J1 Ace dibanderol Rp1,4 juta sementara Z2 hanya Rp900.000.

Selain Ace, Samsung lebih dulu memperkenalkan Galaxy J1 (original) dan Galaxy J1 mini pada tahun 2015. Menyusul hadir Galaxy J1 (2016) yang mendarat Mei di Indonesia, baru kemudian vendor memperkenalkan model Ace pada Agustus.

Artikel Terbaru