Tuesday, October 27, 2020
Home News E-Commerce Kravasia Sediakan Platform Jual Online Bagi Pengrajin Batik di Indonesia

Kravasia Sediakan Platform Jual Online Bagi Pengrajin Batik di Indonesia

-

kravasia

Jakarta, Selular.ID – Tidak banyak situs belanja online yang menghadirkan batik dan kerajinan tangan dari Indonesia dalam bisnisnya, dan ini yang di tawarkan Kravasia. Dalam situsnya, dijelaskan bahwa Kravasia menyediakan platform berjualan bagi pengrajin yang ada di seluruh Indonesia untuk berhubungan dengan pembeli agar kesejahteraan mereka meningkat.

Dijelaskan Kravasia, batik dan tenun merupakan salah satu potensi terbesar ekonomi di Indonesia yang dimotori oleh para perajin lokal. Buktinya, di tahun 2015 lalu batik, tenun, dan kerajinan daerah turut mendorong pertumbuhan industri kreatif hingga Rp642 triliun atau 7,1% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Akan tetapi, pertumbuhan industri kerajinan ini belum optimal. Keterbatasan akses perajin lokal terhadap informasi, teknologi serta promosi produk menjadi alasannya, dan ini yang dihadirkan Kravasia untuk membantu para pengerajin batik dan tangan untuk memasarkan produknya.

Saat ini, sekitar 50 batik telah terdaftar di Kravasia. Mereka berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Surabaya, Cirebon, Pekalongan, Solo, Garut, dan Sragen, dan Kravasi tengah mengajak perajin dari Sulawesi Utara dan Papua untuk bergabung dengan Kravasia.

Untuk menggandeng vendor, pihaknya masih menggunakan pendekatan langsung untuk mengenalkan Kravasia. Selain itu, mereka juga membuka sistem pendaftaran vendor di situsnya.

Dalam bisnis modelnya, Kravasia mengajak vendor untuk dapat mengembangkan bisnisnya lewat dua cara yaitu online dan offline. Melalui saluran daring, Kravasia bakal memanfaatkan media sosial serta pemasaran digital. Sebaliknya, mereka juga akan menggunakan pendekatan langsung seperti pameran serta rekomendasi kepada brand lainnya.

Selain itu, Kravasia juga akan memberikan pendampingan usaha berupa pelatihan kemampuan bagi vendor, seperti membuat foto produk yang baik serta penentuan harga yang tepat. Hal tersebut dilakukan untuk bisa meningkatkan kemampuan vendor guna memberikan pelayanan terbaik.

Terkait sistem kerja sama, Kravasia memungut 15% untuk setiap penjualan yang dilakukan di situsnya. Sementara untuk pengiriman barang, nantinya setiap pemesanan yang diterima Kravasia akan langsung diteruskan ke vendor agar dapat segera diproses. Jadi, Kravasia hanya bertindak sebagai penghubung saja.

Latest