Thursday, October 22, 2020
Home Tips Tips Menjual Barang Bekas di Situs Jual Beli

Tips Menjual Barang Bekas di Situs Jual Beli

-

menjuall barang di situs jual beli

Jakarta,Selular.ID – Sebagai plaftorm jual beli OLX kerap diandalkan masyarakat untuk menjual barang yang sudah tidak terpakai. Mereka meyakni mempromosikan barang di situs jual beli selain praktis barang akan cepat laku.

Menurut Edward Killian Chief Marketing Officer OLX Indonesia tidak selamanya anngapan itu benar, dikatan Edward meskipun barang dipromosikan di situs jual beli yang sudah terkenal dengan user yang banyak, namun kondisi barang dan harga tidak sesuai Edward menjamin barang tidak mudah terjual.

“Ada tips yang harus diperhatikan penjual jika ingin barang cepat laku,” kata Edward

Berikut tips yang harus diperhatikan jika ingin mempromosikan barang tidak terpakai di situs jual beli online menuurt Edward

1. Masih Layak Dijual

Barang bekas yang akan kita jual harus masuk kategori layak jual. Yang dimaksud layak barang tersebut kemungkinan masih ada orang yang membutuhkan atau dapat memanfaatkannya. Karena kalau barang yang kita jual tidak ada manfaat maka bisa dipasyikan barang tersebut kurang diminati pembeli.

2. Kondisi Barang

Setelah proses cek kondisi barang, berikutnya kita harus mencatat serinci mungkin tentang kondisi baik kelebihan maupun kekurang barang tersebut. Hal ini sangat penting untuk meminimalisir masalah yang mungkin terjadi sewaktu proses jual beli.Jika ingin menjual smartphone catat kondisinya, misalnya charger original atau tidak, kodisi baterai dan sebagainya, jujur terhadap kondisi barang.

3. Sertakan Foto dan Deskripsi secara detail.

Setelah barang siap ditawarkan, berikan foto dan penjelasan yang jujur pada situs tempat anda menjual. Yang pertama mengenai foto, sertakan foto yang jelas dan menyeluruh. Ambil dari beberapa sudut dan juga fokuskan pada bagian-bagian yang penting. Atau jika ada kerusakan fisik, bisa juga bisa di tampilkan agar tidak mengecewakan calon pembeli nantinya.
Sertakan juga deskripsi yang jelas tentang barang tersebut.
Baca juga: Ingin Berbisnis Dropship Via Tokopedia? Berikut Ini Tips Ampuhnya

4. Berikan Harga yang Sesuai

Poin ini mungkin termasuk gampang-gampang susah. Kita menjual barang bekas tentu tidak boleh berekspektasi mendapat harga layaknya menjual barang baru. Namun bukan berarti pula harga barang bekas milik kita harus jeblok hanya karena dilabeli tag second. Untuk barang-barang yang banyak referensi harga, seperti barang elektronik, kendaraan atau properti mungkin akan lebih mudah. Namun untuk barang lain seperti keperluan rumah tangga atau barang hobi lain lagi ceritanya.Cari referensi harga di situs lain yang mungkin hampir sama dengan barang kita. Lalu ambil harga dengan rentan yang tidak terlalu jauh, namun harus diperhatikan tetap buka kemungkinan untuk nego harga.

5. COD di tempat yang aman

Setelah kita mendapatkan seorang pembeli, terus waspada terhadap aksi penipuan. Tak jarang banyak juga pembeli abal-abal yang ingin menipu kita. Terlebih jika menggunakan proses COD atau jual beli di tempat, pastikan tempat pertemuan yang aman dan tidak jauh dari lokasi tinggal, atau jika jauh pastikan kita paham daerah tempat COD.

Latest