Tuesday, June 18, 2019
Home Buyer's Guide Ini Keunggulan Asus ZenFone 3 Yang Diyakini Bisa Kalahkan Pesaing

Ini Keunggulan Asus ZenFone 3 Yang Diyakini Bisa Kalahkan Pesaing

-

asus zenfone 3Jakarta, Selular.ID – Tak hanya mengandalkan nama besar brand, persaingan smartphone saat ini juga terjadi pada kekuatan fitur yang dibawanya. Itulah yang coba diungkap oleh Asus Zenfone 3 yang percaya diri dibekali dengan kekuatan fitur yang lebih unggul. Dan sebagai ‘sparring partner’ perbandingan sekaligus pesaing terdekatnnya, ditunjuklah Oppo F1s.

 

Kamera

Asus Zenfone 3 lebih memperkuat kamera di sector bodi belakang. Setidaknya kentara dari resolusinya yang 16 megapiksel dengan 1/2.8″ sensor size dan  f/2.0 apperture. Ini mengunggulli kamera belakang di Oppo F1 Plus yang beresolusi 13 megapiksel dengan 1/3″ sensor size  dan f/2.2 apperture.

Tidak hanya soal besarnya resolusi kamera, Asus Zenfone 3 juga mengunggulkan modul kamera yang dibawanya. Modul kamera memang terbilang penting, karena mampu mempengaruhi hasil foto kamera yang ada menjadi lebih baik kualitasnya.

ASUS ZenFone3 dalam hal ini telah menggunakan sensor Sony IMX 298. ASUS melihat, hadirnya sensor ini akan meningkatkan kualitas dari foto ataupun video yang dihasilkan oleh ZenFone 3. Selain menggunakan sensor Sony IMX 298, ASUS juga menggunakan OIS (Optical Image Stabilitation) dan EIS (Electrical Image Stabilitation) dimana fungsi keduanya untuk meredam getaran yang dihasilkan oleh tangan (hand shaking). Tujuannya, agar foto atau video yang dihasilkan tidak blur.

Selain soal memotret foto, Asus Zenfone 3 juga mengunggulkan kameranya yang mampu melakukan perekaman video dengan resolusi hingga 4K. Di mana kualitas ini ada di atas Full HD yang berarti tampilan video akan terlihat lebih tajam. Meski di satu sisi kapasitas file video 4K juga lebih besar dibandingkan Full HD. Namun jika kualitas videonya lebih bagus, tentu bukan masalah. Nah, kemampuan perekaman video 4K yang tidak dijumpai pada kamera Oppo F1s. Begitu pula fitur OIS dan EIS juga tidak terdapat di Oppo F1s.

Namun untuk urusan kamera depan alias kamera selfie. Oppo F1s lebih unggul, setidaknya dari besarnya resolusi kamera. Kamera selfie di Oppo F1s yang berresolusi 16 megapixels dengan f/2.2 apperture. Sedangkan kamera depan Asus Zenfone 3 berresolusi 8 megapixels dengan f/2.0 apperture.

 

Fitur Pendukung Kamera

Kekuatan resolusi kamera di smartphone terasa kurang berarti tanpa ada dukungan dari aplikasi atau fitur pendukung kamera.  Asus ZenFone 3 memiliki aplikasi kamera yang disebut sebagai Pixel Master 3.0.

2016-10-31_130214

Total mode yang dimiliki oleh aplikasi kamera ini adalah 21 mode, dimana setiap mode memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada beberapa mode yang cukup popular digunakan di PixelMaster ini seperti Manual, HDR Pro, Beautification, Super Resoluton, Low Light, Depth of Field, Miniatur dan Slow Motion. Kelengkapan ini sudah pasti akan memberikan pengalaman fotografi maksimal. Sedangkan kamera Oppo F1S sendiri tidak memiliki mode sebanyak Asus Zenfone 3. Terhitung hanya ada 6 mode kamera.

 2016-10-31_130131

Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi atau biasa disebut OS (operating system) menjadi faktor yang juga menjadi perhatian. Terutama versi terbaru OS yang diusung sebuah smartphone. Semakin baru OS yang digunakan akan semakin baik juga performa smartphone tersebut. Saat ini OS terbaru dari Android adalah Android Nougat 7.0

Asus Zenfone 3 sendiri mengusung OS Android Marshmallow (6.0.1) yang saat ini masih merupakan salah satu sistem operasi android anyar yang memiliki berbagai kelebihan. Antara lain Memori Management yang lebih bagus, optimasi penggunaan baterai berdasarkan aplikasi, suport Fingerprint secara native, Management Permission setiap aplikasi, dukungan terhadap USB C /3.1 serta Battery Optimization.

Ini berbeda dari Oppo F1s yang mengusung OS Android Lollipop (5.1.1). Sebenarnya OS versi ini sudah cukup baik dalam pengoperasian smartphone. Tapi tentu ada kekurangan jika dibandingkan dengan versi OS Android di atasmua. Diantaranya yaitu Management RAM yang belum sempurna dan pemakaian baterai yang cukup besar ketika terkoneksi WiFi.

Tapi memang biasanya vendor dari smartphone akan mengupdate, jika ada versi baru OS Android. Sehingga smartphone tersebut bisa meng-upgrade versi OS-nya.

 

4G

Sebagai smartphone terbaru, baik Asus Zenfone 3 maupun Oppo F1s tentu sudah berkemampuan akses 4G LTE. Meski pada dasarnya teknologi 4G LTE merupakan akses internet kecepatan tinggi, namun teknologi ini juga memiliki versi yang menandakan tingkatan kecepatan akses internet yang disuport.

Asus ZenFone 3 menggunakan teknologi 4G LTE Cat 7, sedangkan Oppo F1S menggunakan LTE Cat 6. Perbedaannya 4G LTE Cat 7 mendukung kecepatan akses hingga 301,5 Mbps untuk download dan 102 Mbps untuk upload. Sedangkan 4G LTE Cat 7  berkecepatan 301,5 Mbps download dan 51 Mbps upload. Tidak hanya dukungan versi 4G LTE, kecepatan akses 4G LTE juga dipengaruhi oleh kualitas antena yang terpendam di smartphone.

 

Layar

Asus ZenFone 3 memiliki layar sentuh seluas 5.5 inchi yang disokong kekuatan resolusi FullHD (1080p). Tidak hanya itu, tampilan tajam di layar smartphone ini juga tidak lepas dari peran teknologi layar IPS + dengan 16 juta warna dan kerapatan pixel sebesar 424 ppi. Layar ini juga memiliki teknologi 178 wideview sehingga tetap bisa melihat konten di layar tanpa terjadi perubahan warna dalam sudut manapun. Keunggulan lainnya yaitu layar ini sudah mengadopsi teknologi layar terbaru yaitu Super IPS+.

Oppo F1S mengusung layar sentuh juga 5.5 inchi 16 juta warna. Namun perbedaannya layar Oppo F1s masih berresolusi HD (720p) dan kerapatan pixel yang ditawarkan hanya 267 ppi. Teknologi layar yang digunakan juga masih IPS. Layar kedua smartphone ini sama-sama dilapisi Corning Gorilla Glass sehingga anti gores. Hanya beda versi saja, Asus Zenfone 3 Corning Gorilla Glass 3, sedangkan F1s Corning Gorilla Glass 4.

 

Audio

Soal kualitas audio, Asus ZenFone 3 juga mendapat perhatian lebih. Salah satunya dengan mengunggulkan dukungan 24-bit/192kHz audio dengan Stereo Speaker (Five magnetic Chamber). Apa itu Five Magnet Speaker ?

2016-10-31_130231

Sebuah speaker pasti memiliki sebuah magnet untuk menghasilkan getaran di udara sehingga terciptalah sebuah suara di speaker. Kali ini Asus tidak hanya menyertakan sebuah magnet, tetapi sampai lima magnet sekaligus. Tujuannya agar suara yang yang dihasilkan lebih jernih dan lebih kuat. Selain itu dengan adanya standard Hi-Res Audio di ZenFone 3 ZE520KL, maka sistem tata suara pada smartphone akan menghasilkan kualitas audio yang terbaik.

Untuk Oppo F1S, tidak menyertakan informasi speaker seperti apa yang digunakan. Namun memang ketika dibandingkan, ada perbedaan kualitas suara yang terdengar dari speaker kedua smartphone. Di mana Asus Zenfoen 3 terasa lebih unggul.

 

Memori

Asus Zenfone 3 dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB plus memori eksternal Micro SD support hingga kapasitas 2 TB. Sedangkan Oppo Oppo F1s membawa memori internal 32 GB dan Micro SD hingga 256 GB.

 

Baterai

Untuk daya tahan hidupnya, Asus Zenfone 3 bertumpu pada baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh plus fitur Fast Charging. Sedangkan Oppo F1 s mengandalkan baterai Non-removable Li-Po 3075 mAh.

 

Performa

Untuk kinerjanya, Asus Zenfone 3 mengandalkan pada prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 625 dengan kecepatan 2GHz dan merupakan salah satu jenis prosesor terbaru dari Qualcomm. Seri ini sudah mengalami banyak peningkatan dan perbaikan di sana sini sehingga mampu menghasilkan performa yang tinggi dan siap untuk dipakai bermultitasking. Untuk grafisnya, mengandalkan prosesor GPU Adreno 506.

Berbeda dengan Oppo F1s yang mempercayakan pada prosesor buatan Mediatek. Yaitu Mediatek MT6750 Octacore  1,5 GHz. Untuk tampilan grafisnya, Oppo F1s mengandalkan GPU Mali T860 MP2. Selain prosesor, kinerja ketiga smatrphone ini juga disokong kekuatan RAM. Asus Zenfone 3 memiliki RAM berkekuatan 4 GB. Berbeda dengan Oppo F1s yang dibekali RAM 3 GB.

Berikut ini hasil pengukuran kinerja smartphone menggunakan aplikasi GeekBench 4 antara Oppo F1S dengan ASUS ZenFone 3:

2016-10-31_130036

Skor di atas menunjukkan bahwa untuk performa yang dihasilkan oleh single core,catatan yang diraih ASUS ZenFone 3 ZE520KL adalah sebesar 843 dan Oppo F1S hanya 641. Sedangkan untuk multicore atau ketika prosesor aktif secara bersamaan,ASUS ZenFone 3 ZE520KL mencetak skor sebesar 4034 sedangkan Oppo F1S hanya mencetak 2452.

 

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest