Thursday, August 22, 2019
Home News Facebook Ajak Kembangkan Bisnis Dengan Kekuatan Mobile

Facebook Ajak Kembangkan Bisnis Dengan Kekuatan Mobile

-

Facebook-Cannes-LionsJakarta, Selular.ID – Dengan basis pengguna yang sangat besar ditambah kekuatan teknolog mobile, jejaring sosial Facebook bisa dimanfaatkan dalam berbagai segi, tidak terkecuali untuk sektor bisnis usaha kecil menengah (UKM). Bahkan Facebook menegaskan siap mendukung pertumbuhan UKM lokal menggunakan kekuatan mobile sebagai pendorong ekonomi digital di Indonesia.

Nadia Tan, Head of SMB for Southeast Asia, Facebook, mengatakan bahwa berdasarkan penelitian terdapat hampir 60 juta UKM di Indonesia, namun hanya 15 juta yang memiliki online presence. Hal ini pun dinilai sebagai potensi besar untuk UKM menumbuhkan bisnis mereka di dalam dan luar negeri melalui mobile.

“Dengan 264 juta pengguna Facebook di Asia Tenggara, 88 juta pengguna di Indonesia, kami berkomitmen untuk membantu UKM di Indonesia membangun mobile presence sebagai cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan dan menumbuhkan bisnis mereka,” kata Nadia.

Sementara itu, seorang Founder Advertisa, Iqbal Maulana, berbagi banyak hal terkait sukses kliennya ketika menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran produk mereka.

“Kami telah menyaksikan perkembangan banyak sekali UKM di seluruh Indonesia dan kami telah bekerjasama dengan beberapa jenis klien – mulai dari ibu rumah tangga, pedagang lokal, toko kelontong – yang merasa senang dan puas dalam menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran mereka karena Facebook menyediakan bukti serta hasil yang terukur untuk mempromosikan brand serta membantu mereka membangun online presence di mobile,” katanya.

Komentar tak jauh berbeda juga dikatakan oleh Haryo Suryo Putro, COO & CMO, Alfacart, menyatakan bahwa pihaknya terbantu oleh Facebook untuk berinteraksi dengan para pelanggannya.

“Facebook adalah platform yang sangat kuat dalam membantu kami berinteraksi dengan pelanggan, memahami karakter mereka dengan cerdas, dan pada saat yang bersamaan, mengedukasi mereka mengenai program terbaru dan layanan inovatif kami, yang meliputi ketersediaan pick-up point di lebih dari 7,000 outlet Alfamart, dan layanan Online-to-Offline di lebih dari 11,000 outlet Alfamart,” kata Haryo.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi, terutama mobile, bisa membantu bisnis berkembang dengan menghubungkan bisnis tersebut ke pengguna di seluruh dunia. Dalam hal ini, Facebook mengklaim bahwa Facebook Pages merupakan solusi mobile bagi lebih dari 60 juta bisnis yang menggunakan produk ini setiap bulan secara global.

Menurut data yang dikeluarkan Facebook, hari ini lebih dari 4 juta bisnis, di seluruh dunia, secara aktif beriklan di Facebook. Dengan lebih dari 70% bisnis berada di luar Amerika Serikat. Sementara Asia Tenggara merupakan wilayah dengan perkembangan tercepat.

Latest