Thursday, April 25, 2019
Home Smartphone Samsung Galaxy J2 DTV Usung Digital TV Tuner

Samsung Galaxy J2 DTV Usung Digital TV Tuner

-

samsung j2 dtv
Jakarta, Selular.ID – Pasar ponsel nasional pernah disesaki puluhan brand lokal yang menawarkan ragam smartphone dengan mengutamakan fitur TV tuner di sekitar tahun 2010. Sekarang giliran vendor raksasa Samsung membenamkan fitur itu di model smartphone terbaru. Adalah Samsung Galaxy J2 DTV 2016, ponsel pertama Samsung yang resmi mengusung fitur Digital TV tuner.

Berbeda dengan TV tuner yang dulu pernah kita lihat di ponsel lokal yang memerlukan antena menjulur ke atas, perangkat besutan Samsung mengusung tuner untuk Digital TV. Sehingga tidak ada antena yang harus ditarik ke luar di perangkat.

Saat ini handset sudah dijual di negara Filipina dengan banderol harga PHP6990 atau setara dengan Rp2 juta. Belum ada keterangan lanjutan apakah ia akan rilis di negara lain termasuk Indonesia. “Sejauh ini belum ada rencana,” ujar Annisa Nurul Maulina, Product Marketing Manager, Samsung Mobile Indonesia, kepada Selular.ID (2/9/2016).

Kalau ditinjau dari lembar spesifikasi, handset tergolong kategori rendah. Didukung prosesor quad-core 1.3GHz dengan chipset Exynos 3475 besutan Samsung sendiri. Bentang layar 4,7 inci sudah berteknologi Super AMOLED dengan resolusi qHD. Hadir dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB yang dapat di-upgrade.

Pada sektor fotografi, ponsel dibekali kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP. Vendor membenamkan baterai kapasitas 2,000mAh dengan dukungan dual-SIM dan mengadopsi Android OS Lollipop.

Secara spesifikasi, smartphone memang tidak mengusung hardware kelas atas. Fitur yang membuat Galaxy J2 DTV berbeda dari smartphone anggaran Samsung lainnya adalah keberadaan TV tuner digital, yang memungkinkan pengguna untuk menonton siaran televisi dari mana saja ia berada selama masih di negara Filipina.

Karena perbedaan standarisasi di setiap negara, kemungkinan fitur kunci tersebut tidak akan bekerja jika pengguna membawa Galaxy J2 DTV ke Amerika Serikat atau Eropa. Begitu pula di Indonesia.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest