Beranda Persona Mengenal Sosok Jack Ma: Seorang Guru Yang Kini Menjadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Mengenal Sosok Jack Ma: Seorang Guru Yang Kini Menjadi Penasihat E-Commerce Indonesia

-

IMG_20160908_25794​Jakarta, Selular.ID – Jack Ma akhirnya menerima tawaran pemerintah Indonesia untuk menjadi penasihat komite pengarah e-commerce nasional. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah telah rampung mengurus persyaratan administrasi untuk meresmikan founder dan CEO platform e-commerce terbesar di dunia, Alibaba, ke dalam proyek pemerintah. Dan untuk saat ini pemerintah tengah mencari tokoh e-commerce global lainnya untuk berada di dalam dewan penasihat.

Chief RA menjelaskan bahwa dukungan internasional dan eksposur diperlukan dalam upaya mempercepat pembangunan e-commerce di negeri ini, dan mendorong dunia e-commerce global untuk membuka akses ke pemain Indonesia, terutama untuk usaha kecil dan menengah. “Dan untuk meningkatkan investasi asing di e-commerce. Dengan demikian, kita perlu penasihat di komite pengarah,” Rudiantara.

Lalu siapa Jack Ma?

Pendiri Alibaba group itu sebenarnya bukan orang yang “doyan” teknologi. Nilai pelajaran matematikanya tidak pernah bagus. Karena itu Ma pernah gagal lulus SMA dua kali, dan akhirnya lulus dari Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988. Ia bercerita bahwa dirinya kerap ditolak di berbagai lamaran pekerjaan, bahkan sebagai manajer di KFC.

Dalam memulai “rute”nya menjadi seorang pendiri perusahaan teknologi terbesar dunia, Ma “hanya” bermodalkan bahasa Inggris. Lahir pada tahun 1964, orangtua Ma adalah sepasang performer ‘ping tan” professional (pendongeng cerita tradisional dan penyanyi balada).

Saat remaja, Ma kerap mengayuh sepeda ke hotel Shangrila untuk berbincang-bincang dengan para turis yang kemudian mengasah keahliannya berbahasa Inggris.

Berkat kefasihannya, ia diterima menjadi seorang dosen bahasa Inggris. Serta, Ma bekerja sebagai penerjemah perusahaan-perusahaan China dalam berkomunikasi dengan perusahaan infrastruktur dari Amerika.

Sebagai penerjemah, Ma berkeliling dunia. Sampai akhirnya berada di Seattle, Ma diperkenalkan dengan internet, yang konon “bisa menjawab” segala pertanyaan. Ma kemudian mencoba mengetik kata “beer” tanpa hasil yang diinginkan. “Tidak ada beer China,” keluhnya. Semua kata yang berhubungan dengan negaranya juga tidak ia temukan di internet.

Sepulang dari lawatannya, Ma memutuskan untuk membuat internet “versi China”. Maka pada tahun 1995, berdirilah perusahaan Ma yang pertama, bernama China Pages.

Namun usaha yang dirintisnya itu tidak menuai sukses. Baru empat tahun kemudian Ma mendirikan perusahaan yang kedua, bernama Alibaba. Pada awal tahun 2000-an, ketika Alibaba bersaing dengan eBay di China, media-media kerap menjulukinya “Crazy Jack” (Jack si Gila) karena sifatnya yang “blak-blakan” dalam menjawab misi perusahaan.

Pada September 2014, Alibaba melakukan IPO. Bloomberg melaporkan, saat itu, Alibaba menjual 12% saham perusahaan, yang diprediksi analis, bernilai USD160 miliar. Itu artinya, Alibaba akan mendapat kucuran dana USD20 miliar. Dengan angka itu, IPO Alibaba menjadi yang terbesar di sejarah AS.

EDITOR'S CHOICE 2020

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp3-4...

Jakarta, Selular.ID – Smartphone dengan harga Rp3-4 juta memang paling menarik untuk kita miliki,...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Camera Smartphone

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan untuk mendapat fotografi terbaik dari sebuah smartphone semakin diminati. Tak...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone di Harga Rp4-6...

Jakarta, Selular.ID – Sepanjang 2020, cukup banyak vendor yang merilis smartphone kelas menengah, misalnya...

Selular Editor’s Choice 2020: Most Valuable Smartphone

Jakarta, Selular.ID - Pangsa pasar segmen kelas menengah di Indonesia masih cukup menarik bagi...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Notebook

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan memiliki notebook terbaik tahun 2020 merupakan hal yang sangat wajib...

Selular Editor’s Choice 2020: Best Smartphone for Education

Jakarta, Selular.ID – Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi semua kalangan masyarakat termasuk...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait