Di Surabaya, Samsung Jadi Idola, Asus Terus Digencet

IMG_20160903_142016Surabaya, Selular.ID – Sebagai kota besar kedua di Indonesia, tidak heran jika perkembangan teknologi ponsel di Surabaya, terbilang sama pesatnyaseperti Jakarta. Dari pengamatan  Selular.ID, warga Surabaya sudah sangat akrab dengan smartphone. Tidak sekedar akrab, peredaran smartphone di Surabaya, mengikuti tren yang sedang terjadi di Ibu Kota.

“Apa yang sedang laku di Jakarta sana, di Surabaya bisa juga akan menjadi tren,” cetus Ridho, salah satu pegawai Retro Cell, saat ditemui redaksi Selular.ID.

Ridho melanjutkan, secara umum tren ponsel khususnya smartphone di Kota Pahlawan, tetap didominasi perangkat pintar berbasis Android. “Setelah Android, tentu saja perangkat berbasis iOS. Kalau persentase antara Android dengan iOS, saya kurang tahu pasti. Dari pengamatan, mungkin Android menguasai lebih dari 50% pasar smartphone di Surabaya,” jelas pria yang membuka gerai di kawasan Plasa Marina.

Saat redaksi mencari tahu , seputar brand ponsel yang paling dicari warga Surabaya, ternyata situasinya tidak berbeda dengan kondisi perdagangan di Ibu Kota dan beberapa kota lain yang pernah didatangi Selular.ID

Menurut Ciko, pegawai Roket Cel, Plaza Marina, Android buatan Samsung tetap menjadi pilihan utama. “Walau harganya terkadang sedikit lebih mahal, namun nama besar Samsung masih menjadi jaminan mutu bagi warga surabaya. Salah satu produk Samsung yang sedang diminati, yakni keluarga seri J,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Mario, Apolo Cell,  mengungkapkan info yang tidak jauh berbeda. Menurutnya Samsung masih jadi target utama warga Surabaya yang mencari smartphone. “Di bawah Samsung ada Oppo, Lenovo, dan beberapa seri Andromax juga lumayan penjualannya,” terang Mario.

“Kalau mereka punya dana lebih dari 2 juta, target utamanya Samsung, setelah itu Oppo. Jika kurang dari 2 juta, seandainya mereka tidak dapat Samsung, target dialihkan ke Lenovo, Andromax atau Asus,” beber pria yang sudah menjual ponsel sejak 2012 lalu.

Lalu bagaimana dengan iPhone dan Xiaomi, yang notabene terbilang cukup laku di Ibu Kota?

Rahma pegawai Legal Cell, menginfokan, iPhone menjadi salah satu pesaing utama Samsung di segmen premium. Namun untuk Xiaomi popularitasnya masih kalah jauh dari Oppo, Asus, Lenovo maupun Andromax.

“Khusus iPhone peminatnya masih terbilang lumayan. Pasalnya mereka yang tidak suka Android, otomatis pilihannya jatuh ke iPhone. Untuk iPhone, sejauh ini yang paling diminati seri iPhone 5,” jelas wanita berambut lurus ini.

Terkait dengan sepak terjang Xiaomi. Ciko, pegawai Roket Cell, menuturkan jika Xiaomi, sejauh ini masih kurang populer. “Mungkin karena ketersediaan Xiaomi terbaru versi resmi masih terbatas. Sekalinya ada yang resmi, teknologinya belum 4G. Sayang juga beli smartphone baru, tapi teknologinya belum mendukung koneksi terkini. Selain itu, promo Xiaomi juga terbilang kurang dibanding kompetitornya,” terang Ciko

Ciko melanjutkan, untuk Xiaomi sejatinya dari segi spesifikasi terbilang mumpuni. “Hanya saja entah mengapa popularitas Xiaomi, masih kalah populer dibanding produk serupa dari brand lain. Kalau boleh di urut, di Surabaya Samsung masih terpopuler, disusul Oppo yang semakin naik daun. Untuk kuda hitamnya ada Lenovo, Asus, Andromax serta iPhone,” urainya menyudahi obrolan.