Friday, August 23, 2019
Home Fokus Indosat Ooredoo Takut Jika MVNO Berkembang di Indonesia?

Indosat Ooredoo Takut Jika MVNO Berkembang di Indonesia?

-

downloadJakarta, Selular.ID – Menjadi sesuatu yang wajar jika hadirnya sebuah model bisnis baru, tentu akan menimbulkan ketakutan kepada pemain lama. Berkurangnya pemasukan, pasti menjadi ketakutan utama para pemain yang sudah terlebih dahulu menjalankan roda bisnisnya. Perasaan takut ini-lah, yang saat ini sedang dihadapi operator Selular di Indonesia, perihal kemungkinan berkembangnya bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO).

Menurut Alexander Rusli, operator selular di Indonesia tidak perlu takut akan kemungkinan berkurangnya pendapatan, jika nantinya MVNO benar hadir di Tanah Air. “Justru jika MVNO aja, bisa menjadi revenue stream baru karena utilisasi jaringan menjadi maksimal di sisi bisnis wholesales dan pelayanan ke masyarakat menjadi maksimal,” ucapnya.

“Operator takut pemasukan berkurangnya itu wajar. Hanya saja jika MVNO tersebut mampu membidik segmen tertentu yang selama ini belum tersentuh operator selular, hal ini justru akan memberi benefit tambahan bagi operator itu sendiri,” beber pria berambut pendek ini.

Alex kembali menambahkan, di era digital seperti sekarang segmentasi terhadap target pelanggan tak bisa dihindari. “Tak mungkin sekarang semua segmen dilayani MNO. Misal, ada Bank yang mau terbitkan kartu khusus untuk komunitasnya. Kalau ada MVNO, mereka bisa layani itu. MNO tinggal siapkan service level agreement (SLA),” terang Alex.

“Jika melihat situasi saat ini, MVNO memang akan lebih tempat hadir, untuk mengisi segmen B2B. Pasalnya di segmen tersebut, mungkin belum sepenuhnya bisa dilayani oleh operator selular yang ada di Tanah Air saat ini,” timpal pria yang senang hoby masak ini, seraya mengakhiri obrolan.

Sebagai info, saat ini pemerintah sedang menggodok revisi Peraturan Pemerintah (PP) 52 tahun 2000 dan PP 53 tahun 2000, tentang frekuensi dan orbit satelit. Dipercaya jika revisi tersebut jadi disahkan, akan membuka peluang hadirnya berbagai binis baru, di ranah telekomunikasi Tanah Air, salah satunya adalah MVNO. Kehadiran MVNO sendiri, ditakutkan bisa mengerus pendapat para operator.

Latest