Monday, September 16, 2019
Home News Di Era Digital SDM Dengan Keahlian Big Data Menjadi Incaran

Di Era Digital SDM Dengan Keahlian Big Data Menjadi Incaran

-

IMG-20160818-WA0012Jakarta, Selular.ID – Berdasarkan akademisi dari University of Technology Sydney permintaan global untuk Data enginer peneliti big data ilmuwan dan analis tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan yang tersedia. Mereka yang mengembangkan keahliannya dalam mengelola big data dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dengan karir yang menarik.

Wayne Brookes Deputy Head of School (Teacing & Learning) Computing and Communications University of Technology Sydney (UTS) Australia menjelaskan bekerja dengan big data dan mengembangkan wawasan yang ada untuk mengubahnya menjadi suatu nilai merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di Indonesia dan organisasi global untuk menjadi lebih kompetitif.

” Di Indonesia big data masih merupakan industri yang sangat baru. Namun aplikasi mobile dan layanan pemerintah saat ini mulai mengembangkan strategi big data. Hal ini akan mempercepat masyarakat Indonesia untuk menjalankan industri e-commerce dan bersaing dalam masyarakat ekonomi ASEAN,” ujar Wayne di Jakarta (18/8/16).

Wayne berkaca pada Internasional Data Corporation (IDC) memprediksi bahwa pendapatan global dari big data dan analisis bisnis akan tumbuh hingga lebih dari UDD 187 miliar dalam tiga tahun mendatang. Skala ini sangat besar, dengan penemuan riset bahwa data sebesar 2.6 quintilion bytes akan ditambahkan pada global pool di setiap data harian. Data ini dikumpulkan dari sumber yang beragam, seperti sensor pemantauan iklim, situs media sosial gambar digital dan video, pembelian dan transaksi online serta ponsel.

Dengan perkembangan big data yang sangat cepat, seorang data engineer atau data scientist akan sangat diminati dalam dunia pekerjaan. Dia menyakini bahwa lulusan sarjana dari Universitas Inernasional yang terkemuka dengan keahlian bekerja menggunakan big data akan lebih diminati.

“Kami menjelaskan kepada para mahasiswa bahwa big data adalah bekerja dengan kumpulan data yang sangat besar dan rumit yang membutuhkan keahlian khusus seperti visualisasi data yang digunakan dalam pengujian data melalui cara-cara yang baru, namun menggunakan big data sangat penting bagi para peneliti di berbagai bidang. Dimana saat ini digunakan pada bisnis online, kendaraan umum, pencegahan kriminal, kebakaran ataupun bio medicione,” tutur Wayne

Latest