ZTE Ungkap Langkah Penting Evolusi Provider Telco di Big Data

Marketing Director ZTE Indonesia Kevin Fang Zhiwei
Marketing Director ZTE Indonesia Kevin Fang Zhiwei

Selular.ID – ZTE ungkap langkah penting evolusi provider komunikasi di Big Data.

Hal ini, Marketing Director ZTE Indonesia Kevin Fang Zhiwei jelaskan saat acara Webinar Selular Congress 2022, Selasa (29/3/2022).

Webinar Selular Congress 2022 ini berlangsung selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (29-31/3/2022).

Saat ini, big data tengah menjadi tren bagi perusahaan untuk mengelola bisnisnya.

Khususnya bagi provider layanan komunikasi (communication service provider atau CSP).

TONTON JUGA:

Provider layanan komunikasi membutuhkan big data karena mereka memberikan service konektivitas jaringan.

Kevin Fang Zhiwei Marketing Director ZTE Indonesia menjelaskan, CSP yang telah menjalankan infrastruktur cloud dapat menggunakan network functions virtualization (NFV) yang dapat beroperasi di jaringan, sebagai edge cloud.

Baca juga: ZTE Siapkan Mini PC Berbasis Cloud, Bobotnya Hanya Seberat Ponsel Pintar

Kemudian, pengembangan aplikasi cloud-native telah membangkitkan daya tarik metode pembuatan aplikasi yang dapat memanfaatkan sepenuhnya fleksibilitas dan skalabilitas hybrid cloud.

Selanjutnya, terdapat miliaran perangkat dan sensor yang terhubung satu sama lain yang bisa menghasilkan data, dan jaringan akan menyediakan bandwidth untuk membawa semua data itu ke edge, di mana semua data itu dapat diproses.

“Di evolusi provider komunikasi, terdapat beberapa langkah seperti menggunakan sistem data tunggal, basic analytics, data warehouse, collaborative analytics, data lake, ML/AI engine,” terang Kevin di Selular Congress 2022 pada Selasa (29/3/2022).

Dengan semakin pentingnya big data, provider layanan komunikasi diprediksi akan menginvestasikan USD36,7 triliun di tahun 2025 untuk memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) super komputer tercanggih.

“Operator telekomunikasi saat ini di berbagai tahap kemajuan dalam penggunaan big data, ada yang dari mereka sudah berhasil memonitisasi data,” papar Kevin.

Baca juga: Percepat Adopsi 5G, Ini Rangkaian Produk dan Solusi Terbaru ZTE