BerandaNewsSecurityRusak Reputasi, Perusahaan Wajib Cegah Serangan DDoS

Rusak Reputasi, Perusahaan Wajib Cegah Serangan DDoS

-

Dony-KoesmandarinJakarta, Selular.ID – Kejahatan siber mempunyai banyak bentuk, salah satunya adalah serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Bukan hanya merugikan perusahaan secara finansial, konsekuensi dari serangan DDoS juga mampu merusak hubungan antara perusahaan dengan pelanggan.

Hal tersebut terungkap berdasarkan penelitian Kaspersky Lab dan B2B International yang disampaika Dony Koesmandarin, Territory Channel manager, Kaspersky Indonesia, di hadapan media di Jakarta (27/7/2016).

Bahkan, Dony menekankan, hal itu melebihi ketakutan akan biaya yang harus dikeluarkan dalam pertempuran dan pulih dari serangan DDoS atau hilangnya pendapatan dan bisnis disebabkan oleh downtime yang terkait hal tersebut.

Dony menyebut bahwa satu serangan DDoS pada sumber daya online perusahaan dapat menyebabkan kerugian finansial mulai dari US$53.000 hingga US$417.000. Tetapi yang menjadi dampak terbesar adalah pada kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

Serangan DDoS, lanjut Dony, adalah salah satu bentuk yang paling umum dari kejahatan siber di dunia saat ini. Selain merusak reputasi perusahaan, serangan DDoS menyebabkan kerusakan yang mendalam terhadap kepercayaan pelanggan. Kehilangan pelanggan dan menderita kerusakan reputasi juga dilihat sebagai salah satu konsekuensi paling ditakuti dari serangan DDoS.

Survei yang diikuti oleh 5000 perusahaan tersebut juga menemukan bahwa lebih dari setengah perusahaan yang disurvei kehilangan data-data bisnis (57%) atau akses ke informasi bisnis yang sensitif dan penting (56%) sebagai akibat dari serangan DDoS, dan 42% mengatakan bahwa serangan tersebut mempengaruhi aktivitas perdagangan.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa ada konsekuensi yang luas dan bervariasi dari serangan DDoS sesuai dengan tingkat bisnis yang berbeda-beda. Misalnya, sepertiga dari bisnis menyatakan bahwa serangan DDoS telah merusak rating kredit mereka dan 35% melaporkan adanya peningkatan premi asuransi sebagai hasil serangan ini.

“Penyerang sering merencanakan waktu serangan mereka, dalam rangka untuk memaksimalkan kerusakan finansial. Penelitian kami menunjukkan bahwa karena ini adalah suatu bentuk serangan yang terlihat, oleh karena itu dampak serangan pada reputasi perusahaan dan kredibilitas terhadap pelanggan menjadi hal yang paling dikhawatirkan oleh perusahaan,” ujar Dony.

Maka dari itu, perusahaan perlu membuat rencana sejak awal untuk mengurangi serangan DDoS sebelum terlambat. “Guna membantu perusahaan tetap selangkah di depan, solusi Kaspersky DDoS Protection memberikan perlindungan dan mitigasi total dan terintegrasi terhadap serangan DDoS, melindungi perusahaan dari setiap tahap serangan DDoS yang dilakukan,” tutur Dony.

Mulai dari analisis seluruh lalu lintas online hingga mengirimkan peringatan tentang kemungkinan ancaman dan membersihkan lalu lintas, Kaspersky DDoS Protection menyediakan segala sesuatu yang perusahaan perlukan untuk mempertahankan, melawan dan mengurangi dampak dari semua jenis serangan DDoS.

Artikel Terbaru