BerandaNewsSocial MediaJokowi Top 10 Presiden Paling Efektif di Twitter

Jokowi Top 10 Presiden Paling Efektif di Twitter

-

Twiplomacy-Twitter-Top-50Jakarta, Selular.ID – Bukan hanya rakyat, para presiden pun turut memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi. Para pemimpin dunia yang cukup sukses menggunakan media sosial antara lain Presiden AS Barack Obama, Presiden Argentina Mauricio Macri, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Bagaimana dengan Presiden Republik Indonesia?

Menurut kajian dari Twiplomacy, survei global tahunan dari firma komunikasi internasional Burson-Marsteller mengenai para pemimpin dunia di media sosial, Presiden Joko “Jokowi” Widodo (@Jokowi) dinilai sebagai salah satu pemimpin dunia paling efektif di ranah Twitter dengan pengikut sebanyak 5,08 juta (tercatat pada 1 Juni 2016) dan rata-rata 1.224 retweet.

Presiden Jokowi merupakan salah satu politisi yang sempat menonaktifkan kegiatannya di Twitter untuk kemudian diaktifkan kembali menjelang masa kampanye Pemilu. Sejak resmi menjabat sebagai Presiden RI, Jokowi menggunakan akun Twitter-nya sebagai media utama untuk berbagi informasi kinerja pemerintah dalam bidang pembangunan, keamanan, hukum, sosial, politik dan budaya.

Pada Agustus 2015, Ia menjadi presiden pertama di kawasan Asia-Pasifik yang mengadakan sesi Periscope (melalui akun@presidenjokowidodo) ketika penyelenggaraan #KarnavalKhatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat. Jokowi juga menggunakan Twitter untuk mengecam aksi terorisme di Jakarta pada Januari 2016.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Twitter telah menjadi medium utama untuk diplomasi dunia maya oleh kepala negara dan lembaga pemerintahan dunia. Twitter merupakan jejaring sosial utama yang digunakan oleh pemerintah dari 173 negara, yang totalnya mewakili 90% negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun demikian, para pemimpin dunia memiliki pengikut rata-rata dua kali lebih banyak di Facebook daripada di Twitter. Facebook pun didapati sebagai jejaring sosial kedua yang paling banyak dipakai oleh para pemimpin dunia dengan 169 lembaga pemerintahan yang tercatat memiliki laman resmi. Posisi ketiga dan keempat masingmasing ditempati oleh YouTube dan Instagram, yang digunakan oleh 78% dan 70% anggota PBB.

JokowiKajian terbaru studi Twiplomacy 2016 menganalisis 793 akun Twitter milik para kepala negara dan pemimpin pemerintahan dari 173 negara, dengan total massa mencapai sekitar 324 juta pengikut.

Twiplomacy edisi 2016, yang pada tahun sebelumnya hanya berfokus pada Twitter, telah diperluar untuk menganalisis platform media sosial lain termasuk Facebook, Instagram, YouTube, Snapchat, LinkedIn, Google+, Periscope dan Vine.

Artikel Terbaru