Thursday, October 22, 2020
Home Apps Berkat Aplikasi Ini, Atur Rute dan Durasi Perjalanan Bisa Lebih Akurat

Berkat Aplikasi Ini, Atur Rute dan Durasi Perjalanan Bisa Lebih Akurat

-

trafiJakarta, Selular.ID – Di tengah kemacetan yang semakin menggila, transportasi umum ‘bebas’ hambatan seperti busway atau kereta api menjadi pilihan yang paling logis untuk dipilih. Namun ketika menggunakan layanan tersebut, masih ada kendala yang harus dihadapi, yaitu jadwal ketersediaan dari angkutan umum tersebut yang sering kita tidak bisa prediksi. Tapi kini ada aplikasi smartphone yang bisa membantu untuk bisa lebih memastikan durasi perjalanan yang ingin ditempuh menggunakan transportasi umum.

 

Trafi , itulah nama aplikasi yang dimaksud. Aplikasi ini sebelummya sudah hadir di berbagai negara, seperti Turki, Brasil, Rusia, India, dan lainnya. Dan kini Trafi singgah di Indonessia, di mana untuk tahap awal baru tersedia di kota Jakarta.

 

Salah satu keunikan Trafi, yaitu tidak hanya menunjukkan rute perjalanan angkutan umum menuju lokasi tujuan yang kita inginkan. Tapi juga bisa sekaligus memprediksi durasi waktu tempuh perjalanan hingga menuju titik lokasi. Dengan begitu kita bisa memprediksi perjalanan lebih akurat. Trafi tersedia untuk perangkat bersistem operasi Android dan iOS secara gratis

Screenshot_2016-06-15-14-18-12

Setelah mengunduh aplikasi Trafi, pertama kali membuka aplikasi ini kita diminta untuk menentukan lokasi negara dan kota. Pilih Indonesia dan Jakarta.

Screenshot_2016-06-15-14-18-25

Secara umum Trafi akan membantu pengguna untuk menentukan rute terbaik menuju lokasi tujuan menggunakan angkutan umum, dalam hal ini busway dan kereta. Tidak hanya itu, tapi sekaligus menginformasi mengenai jadwal atau waktu ketersedian angkutan umum. Dan berikut ini beberapa fitur yang disediakan oleh Trafi

 

Route Search

Di sini kita akan dibawa ke tampilan peta digital. Di bagian atas ada kotak Search untuk memasukan lokasi tujuan yang ingin dituju. Selanjutnya Trafi akan menunjukkan rute dari lokasi pengguna hingga ke lokasi tujuan. Tidak hanya itu, Trafi juga akan menampilkan informasi jam berapa akan sampai di lokasi tujuan, beserta informasi kapan ketersedian angkutan umum.

Screenshot_2016-06-15-16-23-38

Bahkan informasi yang diberikan bisa lebih detil. Rute perjalanan akan dilengkapi dengan keterangan durasi waktu dan jenis angkutan umum yang melewati rute perjalan tersebut.

 

Timetables

Fitur ini menyajikan informasi jadwal kapan angkutan umum akan tiba di halte (busway) atau stasiun (kereta). Misalnya di halte busway Pejaten, akan ditampilkan informasi jarak dari lokasi pengguna berada ke halte tersebut. Kemudian ada informasi trayek busway yang melewati halte tersebut, berikut dengan kapan busway akan tiba di halte.

Screenshot_2016-06-15-15-00-21

Bahkan juga bisa mengetahui jadwal tiba trayek busway lainnya atau yang selanjutnya.

Screenshot_2016-06-15-15-00-43

Masing-masing trayek akan ditampilkan dalam ikon tertentu, di mana juga ditampilkan keterangan rute busway dari masing-masing ikon.

Screenshot_2016-06-15-15-01-32

Lebih detil lagi, tiap trayek (misalkan Ragunan – Dukuh Atas) juga bisa ditampilkan halte busway mana saja yang dilewati.

Screenshot_2016-06-15-15-01-48

Tampilan rute, juga bisa ditunjukkan di tampilan peta digital. Di situ bahkan bisa dilihat ada berapa busway yang sedang aktif beroperasi secara real time.

Screenshot_2016-06-15-15-02-40

Informasi yang sama juga ditampilkan untuk angkutan umum kereta. Mulai dari jenis rute kereta, hingga detil stasiun mana yang akan dilewati tiap rute kereta. Juga bisa ditujunkan dalam tampilan peta digital.

Screenshot_2016-06-15-15-03-08

Pengguna juga bisa melihat kondisi real time dari trayek angkutan umum. Caranya dengan mengklik ikon peta digital di bagian pojok kanan atas. Maka akan tampil peta digital berikut dengan titik posisi pengguna berada. Tidak hanya itu, juga ditampilan berbagai ikon angkutan umum (busway) yang sedang beroperasi. Ikon itu akan bergerak sesuai dengan bergeraknya angkutan umum (busway) pada kondisi nyata (real time). Hal ini bisa dibuktikan sendiri, ketika ikon tersebut melewati titik lokasi pengguna berada pada peta digital, pada kondisi nyata busway tersebut juga lewat di hadapan pengguna.

Screenshot_2016-06-15-15-04-37

Hal lain yang menarik dari Trafi, yaitu pengguna  bisa mencari rute perjalan berikut dengan berbagai informasi jarak dan durasi tempuh ke lokasi tujuan, secara offline. Atau dengan kata lain dengan kondisi tanpa akses internet. Asyik kan ? jadi tidak akan memakan kuota internet.

Screenshot_2016-06-15-14-19-03

Latest