Wednesday, July 17, 2019
Home News Community Yogyakarta Dukung Program Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer

Yogyakarta Dukung Program Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer

-

Microsoft-YouthSparkJakarta, Selular.ID – Microsoft dan YCAB Foundation mengumumkan dua pencapaian penting sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer. Satu hari sebelumnya, tim peserta dari SMAN 10 telah terpilih menjadi pemenang aplikasi permainan terbaik. Momentum ini diperkuat dengan dukungan pemerintah Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan teknologi terpadu bersama para tenaga pendidik.

Dihadiri oleh lebih dari 200 siswa SMP, SMU dan SMK, tenaga pengajar, komunitas edukasi dan teknologi seperti Jogja Digital Valley, teknopreneur serta relawan mahasiswa di Yogyakarta, acara ini menampilkan 10 aplikasi permainan dan diakhiri dengan pengumuman aplikasi permainan Robot Gentho.

Tidak hanya berfokus pada kegiatan-kegiatan pemberdayaan anak-anak muda, demi menunjang keberlangsungan program, sejumlah 80 tenaga pendidik yang terlibat diajak untuk mengikuti Focus Group Discussion bersama perwakilan dari kantor Bidang Layanan Teknologi Informasi, DISKOMINFO, Yogyakarta untuk membahas rencana kerja kurikulum pendidikan berbasis ilmu komputer.

Dalam keterangan resmi, Ruben Hattari, Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia, mengatakan sangat senang melihat kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak, menerima tanggapan yang luar biasa dari para peserta dan berhasil mendorong para siswa untuk menciptakan aplikasi-aplikasi yang kreatif.

Sebagai bagian dari program global Microsoft YouthSpark, program ini dirancang dengan berbagai macam aktivitas yang dapat menambahkan kemampuan dan membekali generasi muda dengan pengetahuan akan teknologi dan pada akhirnya dapat menanggulangi tingkat pengangguran.

Ruben Hattari menambahkan, “Kami percaya dengan memberikan akses terhadap pendidikan teknologi sejak dini, generasi muda di Yogyakarta akan mampu berkompetisi dan menjadi para pemimpin masa depan. Bukan hanya karena berbagai pelatihan yang kami berikan, tapi juga keterlibatan para guru dalam membimbing dan mengembangkan minat mereka. Terbukti para finalis dapat menciptakan aplikasi permainan yang bermanfaat, walau beberapa dari mereka baru pertama kali terpapar pada pelatihan coding atau pun pengalaman pembuatan aplikasi.”

Bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi, program ini digelar dengan tujuan dapat membantu mengatasi tingkat pengangguran yang tinggi, sekaligus mengembangkan potensi Yogyakarta sebagai kota pintar.

Menanggapi hal tersebut, Muhammad Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB Foundation mengatakan, “Kami menyadari pendidikan merupakan salah satu faktor kunci untuk membantu mengatasi tingginya tingkat pengangguran. Dengan memberikan pendidikan berbasis ilmu komputer, anak-anak muda akan dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan, serta mengembangkan kerangka berpikir yang kreatif dan strategis.” Dia melanjutkan, “Dalam menerapkan pendidikan tersebut, para guru juga kami dorong untuk terlibat secara aktif, sehingga mereka dapat meneruskan pengetahuan dan pendidikan teknologi ke generasi anak muda selanjutnya.”

Microsoft-YouthSpark_2Rony Primanto, Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi, DISKOMINFO, Yogyakarta, menyampaikan, “Kami sangat bangga melihat antusiasme guru dan anak muda dari kegiatan ini. Kami siap mendukung dan membantu percepatan upaya perwujudan DI Yogyakarta sebagai kota pintar melalui penerapan pendidikan teknologi yang menyeluruh, akses program magang bekerja di bidang TIK dan lainnya serta bersama Yogyakarta menciptakan aplikasi-aplikasi untuk pelayanan masyarakat yang secara aktif melibatkan para guru dan siswa. Kami yakin inisiatif program Microsoft YouthSpark dapat memberikan dampak jangka panjang bagi kota Yogyakarta.”

Sebagai pemenang aplikasi permainan terbaik, para anggota kelompok SMAN 10 Yogyakarta masing-masing mendapat peralatan pendukung pendidikan, kesempatan untuk bergabung dengan Jogja Digital Valley, serta kesempatan bekerja sama dengan pemerintah DI Yogyakarta untuk menerapkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi resmi.

Latest