Sunday, December 8, 2019
Home News Ancaman Kejahatan ATM di Indonesia Masih Bersifat Fisik

Ancaman Kejahatan ATM di Indonesia Masih Bersifat Fisik

-

atm-machineJakarta,Selular.ID – Walaupun Lembaga keuangan melaporkan bahwa ancaman  atau serangan siber perangkat lunak pada mesin Automatic Teller Machine (ATM) mulai merangkak, namun di Indonesia ancaman kejahatan pada mesin ATM masih bersifat fisik, seperti skimming.

Dony Koesmandarin Territory Channel  Manager Indonesia menyebutkan bahwa kasus kejahatan yang ada di Indonesia seperti kejahatan pada kasus ATM, pelakunya lebih mengarah ke user, bukan perbankannya, sehingga mereka lebih mengandalkan fisik ketimbang harus meretas, atau serangan siber yang menjatuhkan kridibilitas perbankan.

“Hampir kejahatan yang terjadi di Indonesia untuk ATM masih mengandalkan fisik, namun dalam waktu yang tidak akan lama Kaspersky memprediksi bahwa serangan siber atau peretasan pun akan banyak terjadi,” kata Dony di Jakarta (23/06/16).

Namun jika kejahatan itu masih bersifat fisik, maka Dony menganjurkan untuk lebih berhati-hati ketika berada di mesin ATM. Dony menyarankan untuk mengunjungi mesin ATM yang tidak sepi dan hindari untuk mengunjungi ATM yang berada di tempat-tempat jauh dari keramaian.

“Kalau saya sarankan lebih baik memilih mesin ATM di tempat yang mudah di temui, dan untuk tidak menerima bantuan apapun dari orang yamg tidak dikenal,” kata Dony.

Karena orang-orang itu, dikatakan Dony sangat memanfaatkan situasi yang mendukung mereka melakukan kejahatan apalagi saat-saat mendekati Lebaran.

Latest