Thursday, August 13, 2020
       
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Oppo F1 Plus: Ponsel Selfie Kamera Mumpuni

Review Oppo F1 Plus: Ponsel Selfie Kamera Mumpuni

-

Oppo F1 PlusJakarta, Selular.ID – Ajak Artis pendatang baru Isyana Sarasvati dan Pembalap F1 Indonesia Rio Haryanto, Oppo meluncurkan produk terbarunya bertajuk Oppo F1 Plus. Unggulkan fitur kamera terutama pada fitur selfie, Oppo F1 Plus dijual Rp5,5 juta. Bagaimana kemampuannya secara keseluruhan?

[quote_box_center]

Keunggulan:

  • Kamera Mumpuni
  • Memori Internal 64GB
  • Bodi kokoh dan berkualitas
  • Dilengkapi sensor sidik jari

Kekurangan:

  • OS masih Lollipop
  • Bodi Lebar

[/quote_box_center]

Desain

Melihat bentuknya Oppo F1 memiliki bentukan yang mirip dnegan produk sebelumnya yakni Oppo R7/R7 Lite. Perbedan yang cukup mencolok adalah pada F1 menggunakan material plastik pada backcover. Oppo F1 Plus  datang dengah layar 5 inci dengan frame metal alloy yang memberikan daya ketahanan sangat kuat. Tepi ponsel dimana pada setiap sudutnya menghilangkan siku yang tajam membuatnya mudah untuk digunakan baik dengan satu atau kedua tangan.

Tombol volume rocker disematkan disebelah kiti sedangkan disebelah kanan tersedia slot SIM dengan tombol power/standby. Di bagian atas Oppo membenamkan power audio jack dan untuk bagian bawah tersedia port microUSB yang disediakan sebagai port untuk mengisi baterai dan mentransfer data via kabel data dan lubang speaker dibagian sisi kiri.

Bazzel nampak sangat tipis, sedangkan pada bagian bawah layar tersedia tombol sentuh yang tidak dilengkapi dengan backlit. Melihat bagian belakang ponsel, pengguna akan menemukan kamera yang berada disebelak pojok kiri atas bersama LED flash dibawahnya. Dibawahnya pada bagian tengah tersedia logo Oppo.

Saat ditangan, ponsel terasa nyaman untuk digunakan. Memiliki ketebalan yang hanya 7.25mm dan berat sekitar 134 grams, ponsel ini tidak mudah terselip saat dalam genggaman, ini berkat magnet sidik jari sebagai lapisan pelindung layar.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Layar”]

 

 

Layar

Berjalan diatas OS Android 5.1 Oppo masih melapisinya dengan ColorOS 3.0. Berbeda dengan saudaranya F1 yang hanya memiliki ukuran layar 5 inci, varian F1 Plus punya layar 0,5 inci lebih besar dengan jenis AMOLED. Tidak hanya memiliki jenis layar yang bagus, resolusi layar juga sangat besar dengan 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan piksel hingga 401 ppi. Dengan jenis layar dan resolusi yang dimilikinya, maka tampilan layar menjadi sangat nyaman dimata, karena selain jernih dan terang, gambarnya juga halus.

Tidak hanya nyaman dimata, daya tahan layar juga sangat diperhatikan Oppo hal ini dibuktikan dengan adanya lapisan Corning Gorilla Glass 4 2.5D.

interfaceInterface ColorOS 3.0 Pada Oppo F1 Plus tidak memiliki app drawer seperti pada smartphone kebanyakan. Didalamnya Oppo telah menyediakan beberapa fitur khas seperti O-Cloud, Lock Now, Security Center, Theme Store dan masih banyak lainnya. untuk aplikasi utilitas tersedia apiikasi File Explorer yang dapat mengatur semua file yang ada didalam kategori seperti memori Music, Videos, Pictures, Documents, APK dan ZIP.

Ada juga folder Tools yang memuat aplikasi Sound Recorder, Flashlight, Compass, Download Manager, Kingsoft Office, System Update dan Clear Memory. Saat membuka folder aplikasi maka tampilan background akan sedikit blur pada layar dibelakangnya.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Kamera”]

 

 

Kamera

Sebagai smartphone yang ahli dalam fitur Selfie, Oppo F1 Plus memiliki kamera yang sangat mumpuni pada bagian depan. Datang dengan berresolusi 16 MP, kamera depan Oppo F1 Plus menggunakan aperture f/2.0 dan ukuran pixel 1.4 micrometers. Oppo tidak membekali kamera depan dengan lampu flash, namun untuk membantu selfie pada kondisi cahaya yang minim, tersedia fitur Screen Flash.

selfieTidak hanya kamera depan, kamera belakang juga memiliki kemampuan yang tidak kalah bagus karena sudah dibekali dengan resolusi 13MP aperture f/2.0. bedanya dengan kamera depan, pada kamera utamanya ini Oppo masih menambahkan dengan lampu LED flash.

kameraDidalamnya penguna bisa mengakses bebrapa fitur seperti modus standard, beauty dan panorama. Dengan fitur ini kemampuan kamera menjadi semakin mumpuni. Saat menggunakan modus beauty hasilnya sangat halus sehingga foto selfie menjadi sangat bagus dibandingkan smartphone dikelasnya.  Menggunakan modus panorama sangat mudah digunakan, penguna tinggal mengambil tiga foto dan ponsel akan menyatukan ketiga foto tersebut. Fitur ini akan sangat berguna untuk melakukan group selfie.

Perbedaan yang sangat kentara saat menggunakan kamera depan dan belakang adalah pada saat anda menggunakan kamera belakang, anda akan disediakan fitur HDR yang tidak tersedia pada kamera depan.

Hasilnya sangat baik karena baik untuk selfie atau groupfies dapat dillakukan dengan hasil yang bagus.  Hasilnya tidak hanya terang, namun onjek yang diambil sangat tajam dengan pewarnaan yang natural. Hasil yang sama saat anda merekam video.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Performa”]

 

 

Performa

Untuk dapur pacunya Oppo sudah menyiapkan chipset Mediatek MT6755 Helio P10 dengan CPU Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 2.0 GHz. Didukung juga dengan GPU Mali-T860MP2 dan RAM 4GB. Untuk memori, telah tersedia memori internal 64GB, Jika kurang pengguna masih dapat menambahkan memori dengan mengunakan kartu memori microSD.

bechmarkDengan hardware spesidikasi yang dimilikinya Oppo mampu menghasilkan skor  hingga 51 ribu-an. Tidak hanya mampu menghasilkan skor yang cukup tinggi, smartphone ini juga mampu menjalankan game berat 3D. Seperti yang kami test dengan menggunakan game Asphalt8:Airborne. Ponsel ini mampu menjalankan game dengan baik tanpa ada masalah.

ScreenshotUntuk daya tahan baterai dengan menggunakan baterai non-removable berkapasitas 2850mAh Li-Po Oppo F1 Plus dapat digunakan seharian sekitar 8,5 jam dengan pemakaian standart. Dalam waktu satu harian pengguna dapat pengiriman email, panggilan, pesan, foto, streaming audio dan video.

Selanjutnya>>

[nextpage title=”Konektivitas”]

 

Konektivitas

Datang dengan kemampuan 4G, pengguna dapat menghubungkan Oppo F1 Plus ke internet dengan kecepatan hingga 300 Mbps untuk kemampuan download dan 50 Mbps pada kecepatan upload.

internet

Tidak hanya koneksi internet, Oppo juga melengkapinya dnegan F1 Plus dengan beberapa koneksi yang cukup lengkap seperti Bluetooth, GPS with A-GPS, kabel data microUSB v2.0, USB Host.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest