Senin, 4 Agustus 2025
Selular.ID -

Pintar Memanfaatkan Digital Payment dalam Bertransaksi

BACA JUGA

IMG_20160525_151930

Jakarta, Selular.ID – Terus bertambahnya penetrasi internet dan penggunaan smartphone, menjadi beberapa faktor yang membuat aktivitas belanja online semakin populer di Tanah Air. Kondisi ini pada akhirnya mendorong industri pendukung, untuk memudahkan transaksi online mulai tumbuh di Indonesia.

Layanan dompet digital maupun digital payment, menjadi salah satu bisnis pendukung seiring maraknya transaksi online di Indonesia. Pontensi besar yang bisa didapat dari bisnis tersebut, membuat layanan dompet digital mulai menjamur di negeri ini.
Berbicara bisnis digital payment sendiri, menurut penelitian bertajuk mobile shopping survey, konsumen di kawasan Asia Pasifik yang menggunakan metode dompet digital untuk bertransaksi meningkat hingga dua kali lipat.

Untuk menguak pontensi serta inovasi apa saja yang bisa dikembangkan dalam mengembang digital payment di Indonesia, Selular Media Group mengelar ajang diskusi bertajuk “Laju dan Inovasi Digital Payment Tidak Lagi Tertahankan”.

Diskusi ini sendiri akan diisi para pembicara kompeten di bidang digital payment, seperti : Prashant Gokarn (Chief New Business and Innovation Officer Indosat Ooredoo), Djumariah Tenteram (Head (Liabilities Wealth Management and E-Channel Permata Bank Permata Bank), Ricky Richmond Aldien (VP Costumer Product DOKU).

Dalam diskusi tersebut semua elemen pun berkontribusi terhadap digital payment, salah satunya adalah pihak operator. Prashant Gokarn, Chief New Business and Innovation Officer Indosat Ooredoo, mengungkapkan kalau Indosat Ooredoo sudah memiliki layanan electronic money sejak 2013, yakni Dompetku. “Layanan E-money yang memudahkan pelanggan Indosat untuk melakukan berbagai transaksi finansial sehari-hari (menggunakan account yang telah didaftarkan) hanya melalui ponsel. Layanan Dompetku dapat dinikmati oleh semua pelanggan Indosat di seluruh Nusantara juga “D-Tap” yang merupakan layanan pembayaran dengan teknologi nirkontak berbasis NFC (Near Field Communication). Dihadirkan D-Tap ini seiring dengan maraknya layanan pembayaran non tunai serta tingginya pertumbuhan smartphone yang mendukung teknologi NFC di Indonesia dalam 5 tahun terakhir.

Djumariah Tenteram, Head Liabilities Wealth Management and E-Channel Permata Bank, menuturkan, “Kalau penggunaan internet banking saat ini sudah mulai beralih ke mobile banking sehingga sebagai bank, Permata pun memberikan layanan yang mempermudah nasabahnya untuk melakukan transaki digital, seperti Permata Net, dan Permata pun menjamin kalau layanannya sudah didukung kemanan yang cukup baik, sehingga tidak mudah dibobol.”

Ricky Richmond Aldien, VP Costumer Product DOKU, juga menuturkan kalau layanan Doku sudah ada sejak 2007 dan bisa dikatakan layanan pertama payment gateway, dan ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan konsumen dan di era digital, sehingga DOKU berambisi untuk mewujudkan mimpinya dari bangun tidur hingga tidur lagi orang harus mengandalkan DKU untuk layanan transaksinya.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU