Beranda News Perluasan Coverage 4G Jadi Fokus Smartfren Sepanjang Tahun Ini

Perluasan Coverage 4G Jadi Fokus Smartfren Sepanjang Tahun Ini

-

Merza FachysJakarta, Selular.ID – Layanan 4G memberikan kesempatan kepada Smarfren untuk bisa bersaing secara terbuka dengan operator lainnya tanpa harus dibatasi oleh perbedaan teknologi selular seperti sebelumnya. Alhasil, pasca komersialiasasi 4G pada Agustus tahun lalu, operator milik SinarMas Group ini semakin agresif memperkenalkan layanan 4G LTE Advanced. Teknologi ini diklaim menawarkan layanan lebih optimal,  cakupan wilayah yang luas dan kapasitas jauh lebih besar, cepat dan stabil dengan ketersediaan perangkat mobile yang lebih bervariasi.

Berbicara dalam Diskusi Panel, Selular Congress 2016 di Jakarta (25/5/2016), Direktur Utama Smartfren Telecom Merza Fachys mengatakan bahwa costumer experience menjadi factor penting bagi Smartfren untuk meningkatkan tumbuhnya persepesi positif masyarakat.

Guna memberikan pengalaman berkomunikasi yang berkualitas kepada pelangga, menurut Merza, Smartfren merupakan operator pertama di Indonesia yang memperkenalkan teknologi VoLTE, yaitu layanan video call berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE dari jaringan 4G LTE. Layanan VoLTE milik Smartfren ini telah dapat dinikmati sejak Februari lalu didukung oleh jaringan 4G LTE Advanced terluas yang menjangkau puluhan kota di Indonesia.

Dalam pengembangan jaringan 4G LTE Advanced, Smartfren saat ini menggandeng ZTE dan Nokia sebagai mitra infrastruktur. ZTE mengembangkan infrastruktur 4G Smartfren di wilayah Timur Indonesia, meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Lombok, Kalimantan, Sulawesi, termasuk di Pontianak. Sementara untuk Nokia saat ini menggarap pembangunan BTS 4G LTE Advanced di Indonesia bagian Barat yang meliputi Jabodetabek, Jawa Barat dan Sumatera.

“Dalam masa transisi generasi 4G, banyak tantangannya seperti membangun jaringan di kota-kota yang saat ini sudah didukung dengan layanan 4G LTE Advanced. Selain, harus mengimigrasi layanan 3G ke 4G, fokus Smartfren tahun ini adalah sebanyak mungkin membangun jaringan 4G ke banyak kota-kota di Indonesia”, ujar Merza.

Hingga Mei 2016, imbuh pria berkumis ini, 4G Smartfren sudah menjangkau 188 kota, dan harus membangun 200 kota harus lebih cepat. Jumlah ini akan semakin memperkuat posisi Smartfren sebagai operator dengan jaringan coverage 4G terluas di Indonesia.

Artikel Terbaru