Sunday, July 21, 2019
Home Kaleidoskop Sorotan Berita Sepanjang Maret 2016

Sorotan Berita Sepanjang Maret 2016

-

Maret-2016Jakarta, Selular.ID – Bulan ini, industri telekomunikasi nasional diramaikan dengan demonstrasi para pengemudi angkutan darat dalam menekan pemerintah untuk menertibkan aplikasi yang menawarkan jasa layanan angkut penumpang menggunakan kendaraan roda empat berplat hitam. Di sektor operator, XL menjual sebagian BTS dan sejumlah smartphone mulai memasuki pasar Indonesia.

Kemenhub Minta Aplikasi Grab Car dan Uber Diblokir
Kementrian Perhubungan RI secara resmi melayangkan surat permohonan pemblokiran aplikasi Grab Car dan Uber. Surat yang ditandatangani oleh Ignatius Jonan ini pun sudah diterima oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika yang dikomandani Rudiantara.

Operator

TELKOMSEL

T-Bike, Asisten Pintar Bagi Para Bikers
Gebrakan terbaru operator plat merah ini dalam mengembangkan ekosistem Device Nerwork dan Apolication (DNA) adalah dengan meluncurkan layanan bertajuk T-Bike, yakni layanan Machine to Machine (M2M), yang memungkinkan penggunanya memandu hingga memonitor sepeda motor dari sebuah smartphone.

Target 2016: 500 Ribu Pelanggan M2M
Potensi besar yang dimiliki dari sebuah solusi machine to machine (M2M), menjadi salah satu alasan Telkomsel untuk merilis layanan T-Bike. Pihak Telkomsel yakin peluang untuk meraup pundi pundi rupiah, melalui model bisnis M2M. Meski jumlah penggunanya masih kecil persentasenya, tapi solusi M2M memiliki potensi yang sangat luar biasa.

Jajal T-Bike di 17 Brand Sepeda Motor
Usai meluncurkan layanan M2M berupa aplikasi T-Bike, Telkomsel langsung unjuk kebolehan dengan melakukan uji coba layanannya itu di 17 brand sepeda motor berbeda. Kemampuan fitur T-Bike seperti memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel cerdas dapat dinikmati para Bikers dari Jakarta hingga finish di kota Bandung.

Rilis Program TAU 4G, Telkomsel Gandeng Lima Brand Smartphone
Telkomsel meluncurkan program ‘TAU 4G’ yang hadir dengan beragam pilihan smartphone bagi pelanggan. Program untuk smartphone Android yang melibatkan lima mitra device baik global maupun lokal ini, menawarkan skema bundling dengan paket data yang menarik.

Dorong Implementasi Smart City Bekasi
Menyambut kemeriahan rangkaian perayaan HUT Ke-19 Kota Bekasi, Telkomsel mendukung salah satu kegiatan yang diselenggarakan Pemkot Bekasi yaitu Fun Walk yang bertempat Lapangan Kantor Pemkot Bekasi dengan menghadirkan layanan digital lifestyle experience seperti layanan upgrade uSIM 4G LTE dan Tcash Tap untuk menambah keseruan acara perayaan.

Lewat Home Credit, Pelanggan Bisa Miliki Smartphone dengan Cicilan
Untuk mempermudah pelanggan mendapatkan smartphone idamannya, Telkomsel bekerjasama dengan Home Credit Indonesia dan TiPhone Indonesia, menghadirkan cara pembayaran baru pembelian smartphone dengan menggunakan fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh Home Credit Indonesia yaitu Program Halo Gadget Bundling.

Siswa SMA Dilatih Bikin Aplikasi Dalam Telkomsel NextDev Junior
Sebagai salah satu upayanya melengkapi ekosistem digital khususnya di segmen remaja, Telkomsel menggelar NextDev Junior, sebuah program pelatihan pembuatan aplikasi mobile bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Kegiatan edukasi ini diikuti ratusan pelajar ini dilaksanakan di 8 lokasi SMA terbaik di D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Diskon 50 Persen Untuk Pengguna TCash
Telkomsel menggandeng sejumlah tenant yang berada di Mal Living Wolrd menghadirkan program TCashPerience yang menyediakan promo diskon hingga 50%. Program ini dapat dinikmati pelanggan Telkomsel mulai tanggal 21 Maret sd 31 Mei 2016 dengan melakukan pembelanjaan produk menggunakan layanan Tcash Tap.

Sebagai Mitra Layanan VPN Wireless Bank Indonesia
Telkomsel telah ditunjuk Bank Indonesia sebagai salah satu mitra penyedia layanan VPN Wireless yang akan dimanfaatkan untuk mengganti penggunaan teknologi sebelumnya. Hal ini dilakukan bank sentral itu dalam rangka pengkinian akses aplikasi untuk pengelolaan aplikasi laporan yang melalui Jaringan Komunikasi Data (JKD) Ekstranet Bank Indonesia.

Bidik Anak Muda, Telkomsel Hadirkan Samsung Galaxy J1 Mini
Demi menambah ekosistem pengguna 4G dari kalangan muda, Telkomsel kembali menambah jajaran line up produk bundling 4G. Kali ini Telkomsel berkolaborasi dengan Samsung untuk merilis paket bundling Samsung Galaxy J1 Mini.

Hadiah Untuk Yang Gemar Unduh Aplikasi
Buat yang gemar mencari dan mengunduh aplikasi di Google Play Store, Telkomsel kembali mengadakan program Pesta Hadiah #JajanOnline . Sambil mengunduh aplikasi, pengguna berkesempatan memenangkan hadiah menarik.

XL AXIATA

Dukung Komunitas Difabel Bersama Yayasan Elsafan
Para siswa XL Future Leaders mengambil inisiatif untuk memberikan dukungan moral bagi masyarakat penyandang difabel, termasuk tuna netra, melalui acara bertajuk “Tribute to Stevie Wonder, Everybody Is Extraordinary” di Jakarta.

Beli Pulsa di Alfamart, Bayar Harga Pas Plus Diskon 20%
Memanfaatkan retail modern dalam memasarkan produk telekomunikasi, XL bersama PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) secara resmi melakukan kerja sama guna meningkatkan aktivitas penjualan pulsa. Dari kerja sama itu, dua poin penting yang bisa didapat para konsumen, yakni program Harga Pas dan XL Day.

Kembali Bertarung di Tender Palapa Ring Paket Timur
Proyek Palapa Ring yang digagas pemerintah sudah menyelesaikan tahap barat dan tengah, sementara untuk paket timur terpaksa harus dilakukan tender ulang lantaran pesertanya digugurkan karena tidak memenuhi syarat. XL, nampaknya akan kembali bersaing dalam proyek Palapa Ring yang akan menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua Barat serta Papua tersebut.

Gerhana Matahari Total, XL Resmikan Layanan 4G LTE di Belitung
XL membuktikan keseriusannya dalam mengangkat sektor pariwisata di Pulau Belitung. Hal ini diwujudkan dengan diresmikanya layanan 4G LTE di kota yang menjadi destinasi wisata tersebut.

Selama GMT, Trafik Data XL Naik 40 Persen
Fenomena alam gerhana matahari total menjadi destinasi wisata baru di delapan kota yang dilintasinya. XL menyatakan telah terjadi kenaikan trafik pada layanan Data sebesar lebih dari 40% beberapa saat sebelum dan setelah proses gerhana. Pelanggan banyak yang melakukan mengunggah dan mengunduh materi foto dan video dengan kapasitas yang besar.

Yessie D. Yosetya, Srikandi Baru di Jajaran Direksi XL
Pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan dan Luar Biasa, XL resmi memiliki seorang srikandi baru dalam jajaran direksinya. Adalah Yessie D. Yosetya, srikandi baru yang kini resmi menjadi Direktur Independen/Cheif Service Management Officer. Yessie sendiri akan menjabat Direktur Independen XL sampai dengan berakhirnya periode jabatan anggota Direksi Perseroan pada RUPS pada tahun 2019.

XL “Ngebet” Lakukan Network Sharing dengan Sistem MOCN
Network sharing dipastikan masih menjadi salah satu senjata XL dalam melakukan efisiensi dari modal operator. Berbicara network sharing, XL akan lebih mengutamakan metode multi operator core network (MOCN).

XL Ajak Pemasar Maksimalkan Sarana Digital
‘Dig-In 2016 DIGITALisME’ sebuah ajang yang memberikan update terbaru mengenai industri digital di Indonesia dan dunia. Dalam keterangan resminya mengatakan bahwa DIGITALisMe merupakan sebuah gerakan untuk berpikir secara ‘out of the box’ untuk memaksimalkan pemanfaatan sarana digital.

Tribe Buktikan Kecepataan 4G XL Axiata
Video streaming merupakan layanan yang mampu membuktikan kecepataan layanan 4G, oleh sebab itu operator XL Axiata pun memperlihatkan kecepatan teknologi generasi ke 4 dengan menghadirkan layanan vodeo streaming Tribe.

XL Berharap Biaya Interkoneksi Turun 40 Persen
Biaya telepon lintas operator yang saat ini sekitar Rp250 disebut-sebut masih terlalu mahal. Sehingga membuat pengguna ponsel enggan mengandalkan percakapan langsung, Pelanggan lebih senang mengandalkan layanan di luar telepon seperti WhatsApp dan Line. Padahal hal ini tentunya akan sangat menguntungkan mereka para raksasa OTT asing.

Kebutuhan Data Di Era 4G Mencapai 1,5 Giga Sebulan
Kehadiran internet cepat 4G LTE di Indonesia telah mendorong peningkatan tuntutan masyarakat atas layanan data yang komplit dan berkualitas tinggi. Jika sebelumnya kebutuhan pengguna hanya 740 MB sebulan, kini kebutuhan data pun meningkat yakni sekitar 1.5 giga sebulan.

Beli Pulsa di Indomaret Dapat Merchandise Batman Vs Superman
Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap film Batman vs Superman ini pun dimanfaatkan XL Axiata dan Indomaret dengan memberikan penawaran khusus pembelian merchandise resmi film tersebut. Pelanggan XL yang mengisi ulang pulsa dengan nominal minimal 100 ribu, akan mendapat kesempatan untuk membeli produk resmi Batman v Superman: Dawn of Justice.

Incar UKM, XL Tawarkan Layanan Infinet
XL terus bergeliat mengembangkan layanan 4G nya. Kali ini UKM yang menjadi bidikan. Adalah Infinet layanan terbaru yang dijadikan senjata untuk menyasar target tersebut. Ini merupakan layanan mobile broadband 4G LTE pertama di Indonesia untuk solusi bisnis UKM.

Jual 2500 Menara Seharga Rp3,6 Triliun
XL Axiata kembali menjual aset sebanyak 2500 menara senilai Rp3,5 Triliun kepada PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) setelah melalui proses bidding sejak Januari 2016 lalu. Pembayaran penjualan aset tersebut seluruhnya dalam bentuk tunai tanpa komponen lain baik saham maupun pembayaran yang ditangguhkan.

XL dan MNC Jalin Kerjasama untuk Tampilkan Hiburan Internet Berkualitas
Kemajuan teknologi yang tidak bisa dihindari, mendorong berbagai pihak melahirkan berbagai layanan yang inovatif. Tidak sekedar untuk keperluan pekerjaan, layanan inovatif yang bersifat hiburan juga terus hadir seiring kemajuan teknologi. Untuk itu, XL dan Indovision bekerjasama dalam sebuah program ‘Super Bundel! Indovision dan XL Internet Super Cepat.

INDOSAT OOREDOO

Dukung Transformasi Digital, Jalin Kemitraan Bersama Lintasarta dan IBM
Untuk memberikan solusi IT bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, Indosat Ooredoo bersama anak perusahaannya Lintasari melakukan kerjasama strategis dengan IBM di bidang IT services. Kedua perusahaan akan membangun dan menyediakan serangkaian solusi IT sehingga mereka dapat lebih meningkatkan kapasitas dan kapabilitas IT serta meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Indosat Ooredoo Punya eMagic
Seiring dengan komitmen untuk membangun ekosistem digital Indonesia, termasuk bagi kalangan korporasi dan bisnis, Indosat Ooredoo Business menghadirkan eMagic, enhance Managed IoT Connectivity, sebuah solusi M2M terbaru yang dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam menghubungkan dan mengelola perangkat atau mesin dengan layanan full managed.

Layanan Baru Agar Menangkan Kompetisi Digital Payment
Setelah dalam beberapa tahun ke belakang, bisnis e-commerce tubuh hingga menjadi begitu populer seperti saat ini, selanjutnya layanan uang digital diprediksi akan menjadi tren. Situasi tersebut sedikit banyak jadi pijakan para penyedia layanan pembayaran digital, untuk terus berinovasi memberikan yang terbaik, seperti yang saat ini dilakukan oleh Indosat Ooredoo.

Bermitra Dengan Spotify Hadirkan Paket Streaming Musik Berkualitas
Layanan musik streaming Spotify resmi masuk ke Indonesia. Dalam merambah pasar, Spotify memutuskan menggandeng Indosat Ooredoo sebagai mitra ekslusifnya di Tanah Air. Kerjasama antara kedua brand tersebut, diumumkan langsung dalam peluncuran Spotify di Indonesia.

SMARTFREN

Gandeng Dimo Hadirkan Solusi Pembayaran Digital Pay by QR
Pengguna layanan uang elektronik dari operator Smartfren, Uangku, bisa melakukan pembayaran menggunakan kamera ponsel untuk memindai QR Code. Bukan lagi memasukkan kode pin dan token yang dikirim via SMS. Inovasi tersebut dihadirkan Smartfren berkat kerjasama dengan Dimo, penyedia platform mobile payment di Indonesia.

Melalui Ajang Ngobral, Ajak Masyarakat Jadi Generasi 4G
Ajang Talkshow Ngobral (Ngobrol bareng Selular) bersama Smartfren dengan tema “Saatnya Beralih ke Mobile Photography”, yang berlangsung Universitas Budi Luhur, sukses membawa peserta terlibat dalam pembicaraan seru, seputar teknologi kamera ponsel.

Buat Aplikasi Untuk Pasarkan VoLTE
Layanan VoLTE ini diramalkan bakal menjadi tren baru di dunia telekomunikasi Indonesia. Terlebih, tarifnya setara dengan panggilan biasa. Untuk mengenalkannya, Smartfren akan menghadirkan aplikasi Smart VoLTE ke pengguna smartphone 4G. Aplikasi ini nantinya dapat di download di play store seperti halnya aplikasi pesan WhatsApp.

Uji Jaringan 4G LTE Di Jawa Timur
Setelah melakukan uji jaringan 4G LTE di Garut Jawa-Barat awal Maret, Smartfren kembali melakukan pengujian jaringabn generasi ke-4. Kali ini pengujian dilakukan di sepanjang area Jawa Timur, mulai dari Surabaya, Probolingo dan Malang. Selular.ID pun diberi kesempatan untuk buktikan layanan 4G LTE di kota bergelar kota pahlawan menggunakan Andromax R2.

Selain Andromax, Lenovo dan Samsung Akan Kebagian VoLTE
Sebagai operator yang menghadirkan teknologi VoLTE, Smartfren sepertinya tidak setengah-setengah untuk membawa teknologi ini pada perangkatnya. Setelah Andromax E2 dan R2 yang mencicipi teknologi VoLTE, operator 4G pun akan melakukan update pada seri Andromax yang belum support, serta dua brand global mitranya, Samsung dan Lenovo.

Layanan 4G Smartfren Tiba di Pontianak
Smartfren terus mengembangkan jaringan 4G LTE nya. Kali ini masyarakat Pontianak dapat menikmati kenyamanan dan manfaat jaringan 4G LTE Advanced dengan menggunakan variasi produk dari Smartfren yang juga tersedia di toko-toko ponsel dan mitra Smartfren di Pontianak.

Tes Jaringan Probolinggo – Malang dengan Modem MiFi M2Y
Setelah melakukan pengujian di wilayah Surabaya menuju Probolinggo dengan menggunakan Andromax R2, kali ini uji jaringan dilakukan dengan menggunakan Modem MiFi M2Y di beberapa titik, dan layanan 4G Smartfren memiliki kecepatan yang berbeda-beda di setiap tempat.

Dorong Pemanfaatan 4G untuk Ekonomi Kreatif Lewat Kampanye #Generasi4G
Dalam upaya untuk memberikan edukasi mengenai cara pemanfaatan teknologi 4G LTE, Smartfren kembali menggelar kampanye gerakan sosial bertajuk #Generasi4G. Tujuan lainnya, agar generasi muda Indonesia mampu menggali potensi serta kreativitasnya, guna mendukung perkembangan pertumbuhan ekonomi kreatif melalui ide dan inovasi.

Smartphone

Unggulkan Teknologi TheaterMax, Lenovo Vibe K4 Note Resmi Dijual Rp2,9 Juta
Lenovo akhirnya resmi mengumumkan Vibe K4 Note di pasar Indonesia. Dengan fitur TheaterMax mampu mengubah konten multimedia apapun, menjadi konten berkemampuan VR sehingga menghadirkan smartphone sinematik bagi pengguna yang menonton konten di Headset VR.

Jadi Produk Flagship, Infinix Zero 3 Hanya Dibandrol Rp2 jutaan
Infinix secara resmi memperkenalkan smartphone 4G terbaru berlabel Zero 3. Fasilitas imaging akan menjadi salah satu teknologi yang diandalkan. Zero 3 sudah dilengkapi dengan kamera belakang 20,3MP dengar sensor Sony IMX230 CMOS dan kamera depan 5MP dengan LED Flash.

Infinix Hot 3, Smartphone 4G Entry Level Harga Rp1,6 Juta
Setelah Zero 3, vendor smartphone Infinix kembali meluncurkan model terbaru, Infinix Hot 3. Model ini terdiri dari 2 varian yaitu X553 (4G) dan X554 (3G). Smartphone segera dijajakan melalui situs Lazada mulai bulan April 2016 dengan harga Rp1,6 juta (X553).

Dijual Rp11 Juta, Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Hadir di Indonesia
Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge akhirnya mampir ke Indonesia dengan harga yang cukup fantastis, yakni Rp10.999.000. Keduanya mulai ditawarkan secara pre-order pada tanggal 26 Februari sampai 13 Maret 2016.

Harga Rp 1,5juta, Samsung Gear VR Bawa Pengguna Ke Dunia Virtual Reality
Sebagai komitmen Samsung untuk membangun ekosistem untuk smartphone seri Galaxy. Produsen smartphone asal Korea ini juga menyediakan perangkat untuk memaksimalkan perangkat flagship mereka, seperti Samsung Gear VR. Samsung Gear VR telah hadir di pasar indonesia dengan harga Rp1.499.000.

Beli Smartphone Huawei Bonus Exclusive Gift Film Batman v Superman
Antusias pencinta film dunia termasuk di Indonesia dalam menyambut kehadiran film Batman vs Superman Down of Justice, membuat Huawei Indonesia menjalin kerjasama strategis dengan pihak Warner Bros sebagai pemilik film blockbuster tersebut. Pada kemitraan tersebut, pihaknya akan memberi gift Box eksklusif untuk setiap pembelian beberapa produk smartphone Huawei seperti, G8, P8 lite, P8, P1, Honor 4C.

Smartphone 4G Acer Liquid Z330 Seharga Rp1,3 Juta
Acer Indonesia mengumumkan ketersediaan smartphone terbarunya, yaitu Acer Liquid Z330. Ini merupakan smartphone 4G yang dikeluarkan Acer untuk menyasar segmen muda. Makanya harga yang dibanderol pun terbilang terjangkau. Acer Liquid Z330 dijual seharga Rp1.299,000. Fitur apa saja yang disediakan?

Distributor

Gandeng Erafone, Huawei Siap Rambah Seluruh Pelosok Indonesia
Dalam upayanya untuk dapat memperkuat serta mengembangkan saluran penjualannya ke seluruh pelosok Indonesia, Huawei Indonesia melakukan kerjasama dengan Erafone Artha Retailindo. Untuk tahap awal, lewat kerjasamanya dengan Erafone, Huawei akan menawarkan empat tipe smartphone, yakni Honor 4x, Honor 4C, P8 Lite, serta Y6.

Telensindo dan Simpatindo Raih Penghargaan dari Telkomsel
Sebagai dealer Telkomsel, Telesindo Shop mampu mempertahankan kinerjanya selama kurun waktu 11 tahun belakangan, hal ini dibuktikan dengan meraih kembali penghargaan Best of The Best sebagai dealer Telkomsel tingkat nasional selama tahun 2015 lalu. Penghargaan itu diterima pada 26 Februari dalam ajang Telkomsel Dealer Award 2016.

Latest