Saturday, May 25, 2019
Home Buyer's Guide Ponsel Basic Nokia Tetap Primadona

Ponsel Basic Nokia Tetap Primadona

-

Nokia-BasicJakarta, Selular.ID – Ketika berkunjung ke pusat perbelanjaan ponsel seperti ITC Depok dan PGC, Anda masih bisa melihat sejumlah ponsel basic yang dijajakan. Meski teknologi telekomunikasi sudah menginjak generasi keempat, ternyata tidak sedikit konsumen yang masih ingin merasakan nyamannya berkomunikasi tanpa gangguan media sosial.

Hal itu diakui sejumlah penjual ponsel di Jakarta, seperti Nina, penjaga salah satu kios di PGC. Menurutnya, ponsel basic masih tetap mempunyai pasar tersendiri. Karena kebutuhan setiap orang dalam berkomunikasi diakuinya berbeda-beda. “Ada yang maunya keren, ada yang maunya simpel,” ujarnya.

Nina menunjukkan setidaknya ada enam model ponsel basic yang ditawarkan di kiosnya. “Di sini hanya menjual merek Nokia dan Samsung, ponsel basic merek lain juga banyak, tapi saya gak jual,” paparnya.

Nina menjelaskan, meski ponsel basic yang notabene tidak memiliki fitur mutakhir, peran merek tetap sangat berpengaruh. Konsumen lebih percaya kepada produk dari merek yang sudah dikenal, daripada merek yang belum pernah didengar.

Dua ponsel primadona di kiosnya adalah Nokia 105 (rilis 2014) dan Nokia 130 Dual SIM (rilis 2015). Model pertama dilego seharga Rp325.000 sementara yang kedua sekitar Rp375.000.

Nokia 105 merupakan ponsel basic dengan fitur SMS dan telepon saja. Tanpa ada fitur kamera atau akses internet. Sementara Nokia 130 memiliki fitur tambahan yakni Dual SIM card dan slot microSD, tetap tanpa kamera dan tanpa internet.

Selain harga terjangkau, Nina menuturkan satu hal yang disuka konsumen dari ponsel basic adalah baterainya yang tahan lama. Tanpa akses internet, sudah tentu daya tahan baterai bisa bertahan lebih lama, meski dua SIM card aktif bersamaan.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest