Tuesday, June 18, 2019
Home Headline Review Asus Zenpad 8.0: Kinerja Apik dengan RAM 3GB

Review Asus Zenpad 8.0: Kinerja Apik dengan RAM 3GB

-

asus-zenpad-8-0-review-2-(1)

Jakarta, Selular.ID – Setelah merilis seri 7.0, Zenpad kembali hadir dengan ukuran layar 1 inci lebih luas. Membenahi juga dari sisi hardware, Asus juga membangun Zenpad 8.0 menjadi tablet yang memiliki kemampuan luar biasa dan segi performa.

[quote_box_center]

Keunggulan:

  • Layar luas, terang dan jelas
  • Kinerja mumpuni
  • RAM 3 GB

Kekurangan:

  • Kualitas suara kurang nyaring

[/quote_box_center]

Tanpa concentric-circles

Meski menggunakan nama “Zen” pada tipenya, Asus ZenPad 8.0 tidak menggunakan desain yang mirip dengan smartphone mereka. Tablet yang satu ini bahkan tidak ada kemiripan sedikitpun pada line up smartphone Zenfone. Tidak ada tombol sentuk pada bagian depan, navigasi dilakukan hanya melalui layarnya. Bahkan tidak ada pola concentric-circles pada bagian dagu seperti pada Zenfone.

Layarnya telah mendominasi sekitar hampir keseluruhan bagian depan tablet, sehingga tablet ini memiliki batas yang cukup sempit pada bagian depan. Pada bagian bawah layar tidak ada komponen apapun yang ditempatkan oleh Asus. Namun sebaliknya dibagian atas tersedia lubang speaker phone, sensor dan kamera depan.

Asus Zenpad 8.0

ZenPad 8.0 memiliki strip logam tipis di sekitar layar yang memberikan kesan bahwa perangkat cukup kokoh, meski frame yang sebenarnya adalah terbuat dari plastik. Tombol power dan volume berada di tepi kanan, sedangkan USB dan 3.5mm port di bagian atas. belakang memiliki panel plastik dilepas dengan finishing kasar yang tampaknya kulit. Namun pengguna tidak dapat melepas baterai, karena sudah tertatam didalamnya. Kamera tersedia di sudut kiri. Secara umum, perangkat ini dengan tebal 8.5mm dan berat 350g ini cukup nyaman digunakan.

ZenUI

Sesuai dengan tipenya 8.0, tablet ini hadir dengan ukuran 8 inci dengan resolusi 1280×800 piksel, dengan rasio aspek 16:10. Memiliki kedalaman piksel 189 ppi, membuat tampilan visual pada layar cukup detil dan nyaman dimata. Tingkat kecerahan dan reproduksi warna pada layar terlihat cerah dan lembut dimata.

Berjalan diatas sistem operasi Android 5.0 Lollipop, ASUS tetap menempatkan interface ZenUI diatasnya. Tidak ada perbedaan interface yang ditampilkan pada ZenUI yang diimplementasikan di atas smartphone. Sehingga pengguna smartphone Zenfone dipastikan tidak akan kesulitan daat menggunakan tablet ini. Meski begitu, pengguna tetap harus sedikit beradaptasi dengan sistem operasi Android pada ZenPad 8 karena layarnya yang agak luas. Secara keseluruhan, ZenUI pada ZenPad bisa digunakan dengan nyaman.

interface

Pada tampilan homescreen, beberapa aplikasi akan diklasifikasikan ke dalam grup tertentu. Pengguna juga dapat memodifikasinya dengan mudah sesuai kebutuhan. Beberapa aplikasi bawaan tidak bisa dibuang dari sistem, sehingga dipastikan bakal memenuhi ruang penyimpanan default yang tersedia. Namun begitu pengguna masih dapat mengatur aplikasi yang berjalan sesuai kebutuhan, sehingga tidak membebani kapasitas RAM melalui aplikasi auto start manager.

Octacore

Dari segi hardware, Asus ZenPad 8.0 (Z380KL) berjalan dengan menggunakan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 615 SoC CPU Octa-Core 1.4GHz, RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Jika kurang pengguna masih dapat menambahkannya melaui slot memori eksternal hingga 128GB.

Benchmark

Dari segi kapasitas baterai, Asus membenamkan sebuah baterai berkapasitas 4000mAh yang membuat tablet memiliki tenaga yang cukup berlimpah. Dengan kapasitas sebesar itu, dengan kapasitas ini Zenpad 8 sanggup beroperasi selama 12 jam untuk memutar video, sebuah, ketahanan yang cukup baik untuk sebuat perangkat tablet. Sedangkan untuk beroperasi dengan penggunaan normal, tablet ini mampu bertahan hingga selama seharian.

Dengan menggunakan hardware yang cukup tinggi, Asus ZenPad 8.0  mampu menjalankan semua aplikasi dan games berat sekalipun seperti Asphalt8:Airborne. Saat menggunakan pengetesan aplikasi AnTuTu bechmark, aplikasi ini mampu mendapatkan skor hingga 30 ribuan. untuk kualitas panggilan dan fungsi lainnya juga terbilang sangat lancar, meskipun speaker terdengar kurang nyaring.

Fitur3

8MP

Untuk fasilitas kamera, Asus telah menyediakan kamera utama 8MP pada ZenPad, sedangkan kamera depan beresolusi 2MP. Sebagai sebuah tablet, tidak banyak harapan besar untuk kualitas kamera pada sebuah tablet. Namun begitu hasilnya cukup baik untuk mengabadikan gambar pada moment penting.

Tidak hanya itu, pada aplikasi aplikasi kamera bawaan pada tablet ini juga mudah untuk dioperasikan dan Kamera belakangnya mampu merekam video 1080p, begitu juga fasilitas didalamnya mudah disetting sesuai kebutuhan.

fitur

Untuk hasil kamera saat digunakan pada siang hari diluar ruang, objek masih dapat ditangkap dengan jelas dan fokus. Sayangnya pada kondisi pendahayaan yang kurang, gambar yang diambil nampak kurang detail meski kamera depannya sudah sangat cukup untuk mengambil foto selfie dan melakukan video chatting.

Konektivitas

Tidak hanya untuk internetan pada jaringan 4G/LTE, tablet ini juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan. Namun tidak seperti pada smartphonennya yang dilengkapi dengan dua slot SIM card, tablet ini hanya memiliki satu slot SIM card saja. Untuk memasangnya pengguna dapat membuka cover belakang, pada bagian yang didesain dengan bentuk seperti kulit.

Fitur2

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest