BerandaNewsGandeng Dimo, Smartfren Uangku Hadirkan Solusi Pembayaran Digital Pay by QR

Gandeng Dimo, Smartfren Uangku Hadirkan Solusi Pembayaran Digital Pay by QR

-

Dimo-PayJakarta, Selular.ID – Mulai hari ini, pengguna layanan uang elektronik dari operator Smartfren, Uangku, bisa melakukan pembayaran menggunakan kamera ponsel untuk memindai QR Code. Bukan lagi memasukkan kode pin dan token yang dikirim via SMS.

Inovasi tersebut dihadirkan Smartfren berkat kerjasama dengan Dimo, penyedia platform mobile payment di Indonesia, yang dulunya bernama FlashiZIndonesia.

“Kalau sebelumnya pelanggan harus mengirim SMS dan memasukkan token, kini cukup scan QR code yang disediakan merchant, otomatis membayar item yang dimaksud,” ujar Steven Shih, Head of Uangku, Smartfren, di Jakarta (3/3/2016).

Cara menggunakannya, pertama-tama pengguna harus menginstal aplikasi Uangku (Android dan iOS). Kemudian minta tagihan pembayaran dengan QR code ke merchant yang mendukung. Lalu buka aplikasi Uangku, pilih “Pay by QR”, dan arahkan kamera ponsel ke QR Code tadi.

Usai scan kode yang berbentuk persegi, di layar akan muncul popup untuk mengkonfirmasi pembayaran. Dan selesai. Proses transaksi menjadi lebih cepat dan mudah, dibandingkan sistem token.

Karena bersifat online, baik pembeli dan juga merchant, harus terhubung ke internet. Bila di area transaksi tidak ada sinyal, Dimo menyediakan fitur offline. Hanya saja, tidak semua merchant mengakomodir pembayaran offline, setidaknya untuk saat ini.“Jika salah satu pihak tidak online, maka pembayaran offline bisa dilakukan melalui telepon dan SMS. Layaknya token,” ujuar Ariawan, COO dan CTO Dimo Pay Indonesia, kepada Selular.ID (3/3/2016).

Adapun merchant yang sudah mendukung pembayaran dengan QR Code berjumlah 157 brand, dengan sekitar 350-an outlet. Di antaranya adalah Century, D’Cost, Solaria, Haagen Dazs, Old Town, Sarinah, Snapy, dan lain-lain. “Untuk lokasi merchant, saat ini masih terkonsentrasi di sekitar Jakarta,” ujar Ariawan.

pay-by-qrSebagai informasi, layanan uang elektronik dari Smartfren bisa digunakan untuk banyak hal selain pembelian barang. Uangku juga bisa digunakan untuk pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon rumah, tagihan internet dan TV kabel, serta isi pulsa.

Selain dengan Smartfren, Dimo Pay juga bermitra dengan Dompetku dari Indosat Ooredoo dan Simobi dari Bank Sinarmas dan Z-Pay. Selanjutnya, Dimo juga tengah dalam proses mengaktifkan layanan Doku, Mega mobile, dan Bank Danamon.

Artikel Terbaru