Exynos 7 Octa Core, Prosesor Canggih Untuk Smartphone Murah

image

Jakarta, Selular.ID – Sebagai brand, Samsung sepertinya tidak hanya ingin dikenal sebagai produsen ponsel saja. Hal ini dibuktikannya dengan menghadirkan prosesor yang cukup canggih.

Yakni Exynos octa-core teranyar dengan fabrikasi 14nm. Exynos 7 Octa 7870, prosesor ini seperti dikutib dari Phone Arena dibuat untuk smartphone kelas menengah ke bawah. 

Langkah ini terhitung progresif. Pasalnya, chipset berukuran 14nm biasanya eksklusif bagi smartphone high-end. Sementara untuk perangkat mid-rangechipset dengan fabrikasi 20nm atau 28nm sudah dianggap cukup.
 
Menurut Samsung, pada dasarnya kemampuan Exynos 7 Octa 7870 serupa dengan chipset berteknologi pemrosesan 28nm.

Namun ukuran chipset 14nm yang lebih tipis membuatnya lebih efisien daya hingga 30 persen. Dengan begitu, smartphone pun bisa menyala lebih lama. 

Exynos 7 Octa 7870 mempunyai  delapan inti prosesor dengan kecepatan seimbang 1,6 GHz. Kemampuan modem LTE-nya bisa menangani kecepatan unduh hingga 300 Mbps. 

Prosesor anyar tersebut mendukung resolusi layar Full HD, kualitas gambar 16 megapiksel, dan resolusi video 1080p.

Kendati tidak disebutkan secara pasti tanggal kapan prosesor ini hadir, namun Samsung bakal mulai memproduksinya pada kuartal pertama tahun ini.