Monday, August 19, 2019
Home News Enterprise Yuk Coba Layanan Mobile Ads Operator (Bag.1 M-Ads)

Yuk Coba Layanan Mobile Ads Operator (Bag.1 M-Ads)

-

m-ads-xlJakarta, Selular.ID – Bagi pelaku bisnis dan penggiat usaha, kegiatan promosi menjadi suatu keharusan agar jasa dan produk yang dijajakan bisa mencapai konsumen yang ditargetkan. Kalau dulu kegiatan promosi hanya bisa dilakukan secara manual, kini sudah beranjak digital, sampai mobile.

Lalu apa itu mobile advertising? Ia adalah sebuah layanan untuk melakukan promosi dan beriklan dengan menggunakan media ponsel, baik feature phone mapun smartphone.

Sejak dua tahun terakhir, tren pengguna ponsel terus meningkat. Ponsel sudah menjadi barang kebutuhan penting bagi banyak orang. Dengan penggunaannya yang praktis, semakin banyak orang yang menggunakan ponsel, dibandingkan media lain seperti televisi, radio, komputer, dll.

Jika dimanfaatkan dengan baik, mobile ads dapat menjadi cara jitu untuk melakukan promosi. Selain bisa dengan cepat menyampaikan informasi/pesan kepada target yang lebih terfokus, mobile ads pun tergolong murah dari segi biaya, jika dibandingkan dengan metode promosi melalui media lain.

Sebagai pengetahuan dini, ada beberapa bentuk mobile ads, di antaranya adalah SMS, MMS, Banner Ads, Mobile Video Ads, Mobile Game Ads, dan jingle before Voice Mail.

Saat ini, tidak semua bentuk mobile ads di atas tersedia di Indonesia. Layanan mobile ads yang ditawarkan tiga operator tanah air hampir sama, yakni media beriklan berbasis pesan, seperti SMS, MMS, UMB, maupun WAP.

Dengan mengirimkan pesan yang sudah dilengkapi dengan alamat WAP landing page di dalamnya akan  memudahkan pelanggan untuk browsing atau download di halaman tertentu.

Ditambah akses cepat 4G LTE yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, membuat promosi iklan melalui jalur internet semakin relevan.

Tiga operator terbesar Tanah Air sudah memiliki layanan mobile ads untuk mendukung pelaku wirausaha menyebarluaskan jasa dan produknya. Di XL Axiata misalnya, layanan tersebut bernama M-Ads.

M-Ads terbagi menjadi 3 channel iklan yang dapat dimanfaatkan seusai dengan kebutuhan. Tiga buah channel itu adalah SMS, MMS dan Display Channel.

SMS Channel
Dengan mengirimkan pesan beriklan maksimal 160 karakter ke pelanggan sesuai dengan target yang diinginkan lewat SMS, Anda bisa mulai dari info promo, ajakan, riset, sampai penukaran poin pembelian, dengan tujuan agar pelanggan membeli produk yang diiklankan.

Produk yang ditawarkan oleh SMS Channel :
Push SMS
SMS hanya dikirim ke pengguna XL dengan profil yang sesuai dengan pangsa pasar yang dituju dan pelanggan hanya menerima tidak perlu membalas.

LBA Push SMS
SMS dikirim ke pengguna XL sesuai dengan lokasinya. SMS dikirimkan pada saat pelanggan sedang berada di area merchant, dengan kategori lokasi seperti mall, tempat kediaman, kantor, maupun event.

Interactive SMS
SMS hanya dikirim ke pengguna XL dengan profil yang sesuai dengan pasar sasaran yang dituju. Media beriklan ini sifatnya dua arah, pelanggan bisa membalas SMS yang diterima.

LBA Interactive SMS
SMS dikirim ke pengguna XL sesuai dengan lokasinya, padasaat pelanggan sedang berada di area merchant, dengan kategori lokasi seperti mall, tempat kediaman, kantor, maupun event. Media beriklan ini sifatnya dua arah, sehingga pelanggan bisa membalas SMS yang diterima.

MMS Channel
Mengirimkan pesan ke pelanggan sesuai dengan target yang diinginkan dalam bentuk gambar statis (format .jpeg/ .jpg; 320 x 240 pixels; 300 KB), animasi atau 6 gambar statis (format .gif; 320 x 240 pixels; 300 KB), video (format .3gp, .3gpp; 30 detik; 320 x 240 pixels; 300 KB), dan audio (format .wav, .mp3; 300 KB). Media MMS memiliki fungsi yang sama dengan SMS. Bedanya MMS menawarkan produk yang lebih menarik dan fokus pada isi pesan, karena konten visual akan lebih banyak memberikan informasi.

Produk yang ditawarkan oleh MMS ini hampir sama dengan SMS Channel yaitu:
Push MMS
LBA Push MMS
Interactive MMS
LBA Interactive MMS
MMS Video

MMS berisi video dan teks dikirim ke pengguna XL sesuai dengan lokasinya, pelanggansaat itu sedang berada di area merchant, dengan kategori lokasi seperti mall, tempat kediaman, kantor, maupun event. Media beriklan ini sifatnya satu arah, pelanggan hanya menerima MMS Video tanpa perlu membalas

Display Channel
Mengirimkan pesan yang sudah dilengkapi dengan alamat WAP landing page di dalamnya, sehingga memudahkan pelanggan untuk browsing atau download di halaman tertentu.

Produk yang ditawarkan oleh Display Channel:
Interstital Page
Banner iklan akan muncul satu halaman penuh saat pelanggan mengakses URL tertentu, dengan resolusi 320 x 480 pixels (50 KB), dan berdasarkan beragam kategori situs WAP. Pelanggan hanya bisa melihat Interstitial Page pada URL yang telah didaftarkan sebanyak 1 kali per sesi internetan, selama koneksi internet pelanggan tidak terputus. Akan tersedia tombol ‘skip’ jika pelanggan tidak ingin melihat banner iklan, tetapi jika pelanggan mendiamkan, maka banner iklan tersebut akan hilang dalam waktu 5-10 detik, dan pelanggan bisa mengakses situs kembali.

Page Not Found
Banner iklan dengan resolusi 300 x 50 pixels akan muncul pada halaman yang ditampilkan saat pelanggan mengakses URL yang tidak dikenali atau tidak diizinkan untuk mengakses situs.

Blocked Page
Banner iklan dengan resolusi 300 x 50 pixels akan muncul pada halaman yang ditampilkan saat pelanggan mengakses laman yang tidak diizinkan oleh XL (blocked), seperti misalnya situs yang tidak senonoh.

Rich Media
Banner iklan akan muncul satu halaman penuh pada page yang ditampilkan saat pelanggan mengakses URL tertentu, dengan tampilan yang sesuai dengan konsep dari pengiklan.

Latest