Wednesday, July 15, 2020
       
Home Fokus Tri Klaim Trafik Datanya Terbesar Kedua di Indonesia

Tri Klaim Trafik Datanya Terbesar Kedua di Indonesia

-

image

Jakarta, Selular.ID – Selama liburan Natal dan tahun baru, Tri mengaku telah sukses melayani pelanggan di masa liburan tanpa ada kendala yang berarti.  Peningkatan penggunaan layanan data mendominasi peningkatan trafik data jaringan, khususnya penggunaan OTT dan sosial media seperti Facebook untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016.

Dalam keterangan resminya Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri, trafik data meningkat hampir 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.  Saat ini, Tri memiliki pelanggan Facebook kedua terbesar di Indonesia.

“Selama malam pergantian tahun dan perayaan Natal 2015, kami telah mengantisipasi bahwa sebagian besar pelanggan kami akan menggunakan layanan pesan OTT dan sosial media, seperti Facebook, Whatsapp, untuk berkomunikasi dan menyampaikan ucapan kepada teman maupun keluarga.  Hal ini sangat berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu.  Beberapa tahun lalu, pelanggan kami masih menggunakan SMS dalam mengucapakan Selamat Tahun Baru kepada kerabatnya.  Oleh sebab itu, kami telah meningkatkan kapasitas data kami di seluruh Indonesia, terutama di kota-kota besar Jawa dan kota tujuan wisata lainnya, untuk memastikan bahwa pelanggan dapat bertukar pesan ucapan mereka tepat waktu. Penggunaan Facebook meningkat hampir 20% pada malam Natal dan malam tahun baru, serta hampir 30% pada WhatsApp. Kami bersyukur layanan kami telah beroperasi dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti meskipun terjadi lonjakan trafik, “Ujarnya.

Randeep menambahkan, Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan dan jalur penghubung lainnya. Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga telah dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti mal, terminal dan pelabuhan, bandara udara, dan stasiun kereta api.

Untuk menunjang peningkatan lonjakan ini, Tri juga menempatkan mobile BTS di pusat pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun.

Di hari biasa diluar Hari Raya Natal dan Tahun Baru, trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai sekitar 1.200 TB (Terabyte) per hari. Trafik tersebut dikelola sangat efesien dengan jumlah spektrum yang sangat minim yang dimiliki Tri saat ini (10 Mhz di 1800 Mhz dan 10 Mhz di 2100 Mhz). Dengan trafik data yang tinggi ini, operator Tri telah menjadi operator penyedia layanan data bergerak terbesar ke-2 di Indonesia. Penggunaan Facebook di jaringan Tri juga sangat tinggi yaitu hampir 30 juta pengguna aktif setiap bulannya. Angka ini merupakan terbesar ke 2 di Indonesia

Sebagai apresiasi Tri kepada pelanggan setia, Tri memberikan kejutan Natal dan tahun baru bagi  pelanggan Tri yang menghubungi layanan pelanggan di 3care (layanan via telepon 123) maupun yang ke 3Store pada tanggal 25 Desember 2015 dan 1 Januari 2016.  Kejutan berupa bonus telepon ke 55.4 juta pelanggan Tri pada hari Natal, dan beragam bonus layanan tambahan lainnya yang diberikan pada hari Tahun Baru, serta tambahan  bingkisan natal dan tahun baru yang berkunjung ke 3Store.

Per kuartal 3 tahun 2015, Tri telah memperluas cakupan jaringan secara nasional, yang diperkuat oleh hampir 39.000 unit BTS. Sinyal Tri telah melayani 86% penduduk Indonesia, dinikmati oleh 55,4 juta pelanggannya yang 60% diantaranya adalah pelanggan data bergerak.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest