Jangan Gunakan Kata Umum di Profil LinkedIn

LinkedIn-BuzzwordJakarta, Selular.ID – Jutaan profesional di Indonesia memaparkan bahwa mereka adalah seorang yang kreatif, termotivasi, serta memiliki gairah yang tinggi dalam bekerja. Setidaknya itulah yang mereka cantumkan di profil LinkedIn agar dapat menonjol.

Jejaring sosial para professional LinkedIn baru mengumumkan the top most overused buzzwords atau daftar kata yang terlalu sering dituliskan oleh para profesional di Indonesia untuk mendeskripsikan diri mereka dalam profil LinkedIn. Daftar ini dihimpun dari ringkasan profil LinkedIn para profesional di Indonesia sepanjang satu tahun terakhir.

Dari data yang dianalisis oleh LinkedIn, terungkap bahwa “creative”, “motivated”, dan “passionate” saat ini menjadi tiga kata yang paling sering digunakan oleh para profesional dari berbagai sektor industri di Indonesia, untuk mempromosikan serta mendeskripsikan diri mereka di LinkedIn. Kata-kata lainnya yang juga sering dituliskan adalah “responsible”, “leadership”, dan “organization”.

Menariknya, kata “creative” juga menjadi kata yang paling sering dituliskan oleh para pemasar di Indonesia. Hal yang sedikit berbeda terjadi di kalangan pelajar, dimana kata “creative” menempati urutan kedua dari kata yang paling sering digunakan. Ternyata, para pelajar di Indonesia, lebih sering menggunakan kata “passionate” untuk dituliskan di dalam profil LinkedIn mereka.

Berikut di bawah ini adalah 10 kata yang paling sering digunakan hingga tahun 2016 ini secara keseluruhan:
1. Creative
2. Motivated
3. Passionate
4. Responsible
5. Leadership
6. Organization
7. Strategic
8. Analytical
9. Dynamic
10. Eag

Roger Pua, Senior Director of Corporate Communication LinkedIn untuk wilayah Asia Pasifik mengatakan bahwa setiap profesional memiliki keunikannya masing-masing, karena itu sangatlah penting bagi mereka untuk bisa menceritakan kisahnya dengan jelas agar dapat menonjol dari yang lain.

Namun sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang adalah bahan pembuktian yang jauh lebih kuat, dibandingkan dengan hanya kata-kata indah semata. Daripada menuliskan kata-kata yang telah umum digunakan, Roger mengajak para pengguna LinkedIn untuk membuat diri mereka ‘berbeda’.

Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menampilkan hasil kerja dan prestasi seperti penghargaan, presentasi, hasil penelitian, dan berbagai macam dokumen pendukung lainnya. Perlu juga diingat bahwa gambar sering kali mampu bercerita lebih banyak, dibandingkan dengan kata-kata. “Marilah kita meninggalkan kata-kata yang sudah umum dalam mendeskripsikan keunikan kisah kita,” ujar Roger.

LinkedIn mengajak para profesional di seluruh dunia untuk berpikir ulang tentang istilah dan kata yang mereka gunakan dalam profil mereka, dalam rangka memusnahkan buzzwords, dan sebagai gantinya, meluangkan waktu untuk memperbarui kembali profil LinkedIn mereka. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan statistik untuk menunjukan hasil, mengunggah presentasi pekerjaan untuk memperlihatkan kreativitas, atau cukup dengan mengunggah foto pekerjaan untuk memeriahkan profil.