spot_img
BerandaFokusApa Saja Layanan Iklan Digital? (Bag. 2 M-Ads)

Apa Saja Layanan Iklan Digital? (Bag. 2 M-Ads)

-

Telkomsel-Dig-AdsJakarta, Selular.ID – Bagi pelaku usaha dan penggiat UKM yang “melek” teknologi, bisa memanfaatkan layanan iklan digital dari operator selular di Indonesia. Tiga operator terbesar tanah air memiliki layanan iklan digital, tidak terkecuali Telkomsel.

Platform digital advertising Telkomsel memungkinkan usahawan mempromosikan produk dan layanan mereka kepada lebih dari 140 juta pelanggan. Bahkan, promosi bisa disampaikan ke sekelompok pelanggan berdasarkan profil tertentu, seperti usia, jenis kelamin, lokasi, waktu, jenis handset, data status dan pemakaian pulsa per bulan (ARPU/Average Revenue Per User).

Dengan demikian, itu akan membantu pelaku bisnis memberikan iklan yang relevan langsung kepada target pasar yang paling potensial.

Adapun produk iklan digital di Telkomsel, terdiri dari Messaging dan Interactive. Satu hal yang membedakannya dengan layanan dari operator lain, adalah pilihan beriklan melalui pesan suara.

Messaging
SMS (Bulk, Targeted, LBA)
Anda bisa leluasa mengirimkan pesan teks yang berisi 160 karakter secara terarah sesuai target, dengan identitas pengirim yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Identitas dibuat maksimal dalam 11 karakter. Telkomsel menyediakan berbagai layanan SMS, seperti bulk, targeted dengan profil penerima yang bisa disesuaikan, interactive dengan pilihan balasan untuk penerima, hingga LBA (Location Based Advertising) yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan SMS pada para pengguna di sekitar lokasi tertentu.

MMS (Bulk, Targeted, LBA)
Melalui MMS, Anda bisa mengirim pesan yang berisi gambar, suara, ataupun video sederhana secara terarah sesuai target, dengan identitas pengirim yang bisa disesuaikan. Sama dengan SMS, media MMS juga bisa dilakukan secara bulk, targeted dengan profil penerima yang bisa disesuaikan, interactive dengan pilihan balasan untuk penerima, hingga LBA.

IVR
Berbeda dengan operator lain, Telkomsel memiliki fasilitas pengiriman pesan melalui suara. Anda dapat mengirimkan rekaman pesan suara langsung kepada para pengguna. Layanan ini terdiri dari dua jenis, yaitu 30 detik rekaman tanpa fitur interaktif, dan dua menit rekaman dengan fitur interaktif yang dapat dijawab oleh pengguna dengan menekan pilihan angka.

Baca juga :  Merger Indosat-Tri Indonesia, Mastel: Sehatkan Industri dan Infrastruktur Digital

INTERACTIVE
Untuk lebih menguatkan user engagement, Anda juga bisa memanfaatkan layanan satu ini, di mana Anda bisa membalas pengguna secara interaktif. Terdiri dari Interactive SMS, Interactive MMS, dan Interactive UMB. Layanan ini juga dapat digunakan untuk program-program khusus seperti kuis ataupun survey.

UMB
Produk ini memungkinkan target melakukan aktivitas interaktif dengan memilih jawaban atas pertanyaan yang diberikan. Pada layanan Interactive UMB, para pelanggan akan memanggil nomor UMB yang sudah ditetapkan untuk melakukan interaksi dengan menu yang tersedia.

Baca juga :  Telkomsel Tingkatkan Layanan di Hari Pelanggan Nasional

USSD PUSH
Anda bisa mengirim pesan berupa teks yang berisi 114 karakter dan akan ditampilkan langsung pada halaman utama layar pengguna. USSD PUSH ini terdiri dari 1 layer dan 2 layer yang lebih bersifat interaktif dengan mengetikkan pilihan angka. Iklan dengan UUSD Push mudah muncul di handphone pengguna namun tidak akan tersimpan dalam inbox.

INSERTION
Insertion adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk menyisipkan pesan berupa teks pada beberapa fitur dasar, seperti USSD pengecekan pulsa dan pemakaian kuota, SMS notifikasi top-up, Talkmania, hingga layanan Telkomsel Call Me.

Guna membantu Anda menargetkan konsumen, Telkomsel memiliki Mobile Consumer Insight (MSIGHT), yakni layanan yang membantu pengiklan memperoleh gambaran profil target market secara akurat serta relevan. Dari mana informasi Telkomsel MSIGHT diperoleh? Informasi tersebut berasal dari big data pelanggan Telkomsel yang jumlahnya mencapai 140 juta pelanggan. Ini yang membedakan Telkomsel dengan provider lain. Namun ini tidak berarti Telkomsel MSIGHT menyajikan data mengenai pelanggan secara detil. Karena Telkomsel menjunjung tinggi privasi pelanggan. Jadi Telkomsel hanya menganalisa perilaku kolektif, dan tidak mengungkapkan data pribadi perorangan.

spot_img

Artikel Terbaru