Thursday, April 25, 2019
Home Headline Review Huawei Y5 Batik Edition: Tema Batik Bikin Apik

Review Huawei Y5 Batik Edition: Tema Batik Bikin Apik

-

Huawei Y5Jakarta, Selular.ID – Lama tidak meluncurkan smartphone baru di Indonesia, Huawei mulai gencar kembali di pasar tanah air. Tidak hanya smartphone mahal seperti seri Ascend Mate dan Honor, Huawei juga hadirkan smartphone murahnya Huawei Y5 Batik edition. Sesuai namanya smartphone ini dibekali konten khusus Indonesia.

[quote_box_center]

Kelebihan:

  • Harga Murah
  • Dimensi Kompak
  • Fitur kamera lengkap

kekurangan:

  • Desain Standart
  • Hasil kamera kurang bagus

[/quote_box_center]

 

Desain

Pada bagian depan nampak didominasi layar. Dibawahnya ada tiga tombol soft-touch (back, home, menu) sebagai tombol navigasi. Lubang mikrophone ditempatkan di bagian bawah kanan. Sementara loudspeaker ada di bagian belakang.

Disebelah kanan smartphone terdapat tombol volume dan power/unlock sedangkan disebelah kiri Anda tidak akan menemukan komponen apapun. Jack headphone berada di bagian kiri atas, sedangkan port microUSB yang berguna untuk trensfer data via kabel data dan charging ditempatkan di bagian kanan atas.

Tidak ada yang unik dari desain Huawei Y5 Batik Edition. Namun begitu memiliki bentuk yang kompak membuatnya nyaman dibawa kemanapun dan ditenteng. Seperti pada smartphone lain yang ada dipasaran. Huawei Y5 batik edition dibuat membulat pada sisi belakang meniadakan sudut yang siku sehingga sangat ergonomis ditangan.

Dibalut dengan material plastik matte standart, Y5 memang menggunakan warna hitam dibagian belakang. Namun begitu masih terasa halus dan tidak mudah meninggalkan sidik jari. Tidak memiliki konsep unibodi, backcover smartphone dapat dengan mudah dibuka. Tidak hanya itu, baterainya juga dapat diganti kapanpun jika sudah rusak. Didalamnya anda akan menemukan dua slot microSIM dan slot microSD.

Emotion UI 3.0 Lite

Sebagai smartphone murah Huawei Y5 Batik Edition hanya menggunakan ukuran layar 4.5inci dengan resolusi 854×480piksel. Dengan ukuran ini layar cukup nyaman video karena meski dibanderol murah resolusinya sudah mencapai 720p. Layarnya nyaman saat digunakan didalam ruang, namun saat akan digunakan diluar ruang pengguna disarankan untuk menseting brightness dengan level tertinggi.

Huawei-Y5Tidak hanya nyaman secara tampilan penggunaan layar juga terbilang responsif. Layar sentuhnya cukup cepat merespon, mungkin ini berkat kemampuan multitouch yang dimiliki pada layarnya. Tidak seperti smartphone baru saat ini, Huawei Y5 Batik Edition baru berjalan diatas OS Android lawas yakni 4.4 KitKat. Namun begiu Huawei melapisnya dengan Emotion UI 3.0 Lite. Dengan tampilan ini maka interfacenya dari nampak lebih menarik dan intuitif.

Huawei menyediakan beberapa theme, widget dan transisi yang bisa diatur. Di theme inilah, kita akan melihat nuansa yang membuat Y5 khas Indonesia, yakni walpaper Batik. Namun sayangnya hanya walpaper saja. Jika hal ini diterrapkan untuk keseluruhan tema mungkin akan lebih menarik.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya. Secara default wallpaper lockscreen dan homescreen menggunakan tema batik sesuai dnegan nama yang diusungnya. Pada halaman lockscreen smatphone akan menampilkan jam dan waktu. Lalu dibagian bawah kanan jika diperhatikan akan muncul ikon kamera. Jika penggunamenslide layar kearah ikon tersebut maka smartphone akan mengakses fitur kamera secara langsung.

Fitur

Masuk kebagian homescreen, huawei menyatukannya dengantampulan app drawer atau menu. Sehingga pada tampilan ini pengguna akan disuguhkan semua aplikasi yangtersedia di smartphone secara default. Untuk panel notifikasi, Huawei juga menyediakan banyak pengaturan. Mulai dari akses koneksi hingga akses kecerahan layar.

Kamera

Untuk faslitas fotografi, Y5 memiliki dua kamera. Yakni kamera belakang atau kamera utama dengan resolusi 8 MP yang dilengkapi lampu flash LED dan kamera depan 2 MP yang cukup untuk aktifitas selfie.didalamnya Huawei menyertakan fitur sepertu Panorama, HDR, Audio note dan Watermark.

KaeraPengguna bisa memilih pengaturan foto, mulai dari (8M 3264×2448 4:3, 6M 3264×1836 16:9, 6M 2488×2488 1:1, 5M 2592×1944 4:3 atau 3,8M 2592×1456 16:9), GPS tag (on/off), lokasi simpan (SDcard, memori internal); dan pengaturan cara pengambilan gambar, seperti Mute (on/off), Audio control (on/off), dan Timer (off, 2, 5, 10 detik).

Dengan fitur yang dimilikinya ini hasil kamera terbilang baik, jika obek tidak bergerak dan ppada pencahayaan yang cukup. Namun beda hasilnya jika pengguna mengambil foto diruang yang gelap atau didalam ruang. Pada kondisi ini akan banyak terlihat noise pada foto. Pengujian dengan modus HDR masih terbilang lumayan.

Selain untuk mengambil foto, Huawei Y5 Batik Edition juga dapat digunakan untuk mengambil video. Pada video, pegguna bisa mengatur resolusi (HD 1080p 16:9 stereo, 720p 16:9 stereo, MMS 176×144).

Kinerja

Dari sisi spesifikasi, Y5 Batik Edition terbilang pas untuk smartphone dikelasnya. Dikemasi dengan prosesor Spreadtrum SC7731 dengan ARM Cortex A7 quad core 1,2GHz, GPU Mali-400. Pengguna dapat merasakan kinerja yang cukup baik untuk sebah smartphone murah. Didukung pula dengan RAM 1Gb, akan memudahkan pengguna mengakses banyak aplikasi sekaligus.

HardwareSmartphone yang di negara lain dikenal sebagai Honor Bee ini juga masih dibekali dengan memori internal sebesar 8GB. Dnegan memori ini pengguna masih diperkenankan untuk menyimpan daya sebesar 4.42GB. jika masih merasa kurang pengguna smartphone ini masih dapat menambahkannya melalui kartu memori MicroSD.

Pengujian menggunakan aplikasi benchmarking, smartphone ini mampu mendapatkan skor dikisaran 18 ribuan. Dengan nilai yang didapatkannya ini dinilai pas dibendngkan dengan nilai harganya. Kami juga mengetestnya dengan menggunakan game HD sekelas Asphalt8:airborne. Dengan game ini smartphone memang masih mampu menjalankannya dengan lancar meski dalam beberapa momen agak lag.

KonektifitasUntuk baterai, Huawei memberikan jenis baterai Li-Ion. Dibekali kapasitas 1730mAh, Huawei mengklaim smartphone ini mampu bertahan selama 7 jam untuk waktu talktime. Pada saat dilakukan pengujian aktifitas standart: browsing, streaming, gaming dan chatting, smartphone ini hanya mampu bertahan hingga 6 jam saja. Untuk dapat menghemat daya Huawei juga menyediakan mode penghemat daya yang disebut Power Saving.

Multimedia

Untuk mengakomodasi pengguna yang suka mendengarkan musik, tersedia pemutar musikyang didesain dengan antamuka yang simpel. Pemutar musik ini selain bisa memainkan banyak format musik, juga bisa dimatikan secara otomatis melalui timer dengan pilihan 10, 20, 30, 60 dan 90 menit. Kualitas suara yang dihasilkan melalui loudspeaker-nya cukup baik. Begitu juga ketika didengarkan melalui earphone. Fitur multimedia lainnya juga disediakan adalah FM Radio, namun untuk menggunakannya pengguna akan membutuh earphone sebagai antena.

MultimediaSelebihnya Huawei menyertakan sejumlah aplikasi untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, seperti: WPS Office, Facebook, Twitter, Screen Lock, TouchPal X (dikagetorikan dalam Top Apps), Google, WhatsApp, UC Browser, Chrome, Gmail, Google+, Maps, Play Newstand, Drive, dan game Puzzle Pets, Real Footbarll 2, Spider-Man: UI

 

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest