spot_img
BerandaHeadlineHashtag Pilkada 2015 di Twitter Tembus 370 Ribu Twett

Hashtag Pilkada 2015 di Twitter Tembus 370 Ribu Twett

-

unnamed (2)
Jakarta, Selular.ID – Rakyat Indonesia baru saja melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2015, dan Twitter Indonesia pun ikut meramaikan dengan menghadirkan Hastag Pilkada 2015 yang dihadirkan beberapa waktu lalu.

Terkait hashtag Pilkada 2015, interaksi yang terjadi di Twitter diklaim mencapai 370 ribu tweet.Melalui akun jejaring sosial tersebut, mereka mendapatkan informasi terkini tentang calon pemimpin daerah, serta mengekspresikan opini mereka terkait proses pemungutan suara di daerah masing-masing.

Dalam keterangan resmi pihak Twitter menjelaskan Pulau Jawa dan Sumatera merupakan daerah yang paling ramai berpartisipasi dalam percakapan Twitter terkait pesta demokrasi Pilkada Serentak tahun ini. Kendati tidak disebutkan kontribusi jumlah tweet kedua pulau tersebut, namun Sumatera dan jawa mendombinasi tweet #Pilkada2015.

Pihak Twitter menyebutkan platform real time dan publik, Twitter menjadi tempat bagi masyarakat Indonesia untuk melihat hasil sementara #Pilkada2015. Namun berdasarkan data Twitter mengenai percakapan seputar Pilkada satu bulan terakhir, dapat diprediksi nama kandidat yang unggul dalam pemilihan suara 2015 versi Twitter untuk masing-masing daerah.

Data-data ini memiliki hasil yang cukup sesuai dengan data hasil quick count yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga sejak kemarin. Selain dimanfaatkan oleh para pemilih untuk mencari informasi terkini tentang para kandidat, Twitter juga dimanfaatkan oleh para kandidat dalam membangun personal branding untuk meraih dukungan masyarakat di daerah masing-masing.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru