Friday, September 20, 2019
Home News Facebook Bawa Fitur Instant Articles ke Indonesia

Facebook Bawa Fitur Instant Articles ke Indonesia

-

image

Jakarta, Selular.ID – Setelah mengenalkan fitur Instant Articles di India pada awal November kemarin, kini  Facebook meluncurkan versi beta dari Instant Articles di Indonesia. Fitur ini berfungsi untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuka sebuah halaman situs melalui perangkat mobile.

Dalam keterangan resminya, Andy Mitchell, Director of Global Media Partnerships menjelaskan, di Facebook sendiri sebuah berita membutuhkan waktu rata-rata 8 detik untuk loading, sehingga tipe konten seperti ini tergolong konten dengan loading terlama di Facebook.

Dengan Instant Article yang memiliki simbol menyerupai petir, lanjutnya, membaca berita jadi sepuluh kali lebih cepat dibandingkan dengan membaca artikel pada versi standar mobile web.

Jika pengguna diuntungkan dengan waktu membuka halaman yang lebih cepat,  Andy menjelaskan, keuntungan yang akan didapatkan pada para pembuat konten adalah  mereka dapat meletakkan iklan di artikel mereka.Selain itu, para pembuat konten juga dapat menggunakan Audience Network milik Facebook untuk melakukan monetisasi dan juga mencari data maupun trafik situs melalui alat analitik mereka.

 “Instant Articles dirancang berdasarkan masukan yang kami terima dari para penerbit, melalui Instant Articles, para pembuat konten dapat menyajikan artikel yang mereka buat dengan cara yang lebih interaktif,” ujar Andy dalam keterangannya.

Saat ini, fitur Instant Articles hanya tersedia untuk iOS. Versi Android dari Instant Articles baru akan diluncurkan di tahun depan.

Latest